5 Jenis Usaha Peternakan Yang Mudah Dikembangkan Saat Covid 19

4 minutes reading
Friday, 20 Oct 2023 02:29 0 1112 Bella S
Sebelum pandemi Covid-19 mencengkeram dunia, sektor peternakan mungkin tampak seperti lanskap bisnis yang sulit dijangkau; jenis usaha yang memerlukan lebih banyak modal, waktu, dan pengetahuan khusus dibanding industri lain. Namun, realitasnya ternyata jauh berbeda.

Sekarang, setelah dunia merasakan dampak Covid-19 yang menghancurkan ekonomi sektor riil dalam skala global, berbagai jenis usaha peternakan kian menunjukkan taringnya sebagai lahan bisnis yang stabil dan potensial untuk dikembangkan. Banyak dari kita mendapati diri kita terkurung di rumah dengan waktu lebih dari biasanya dan mencari peluang bisnis baru untuk mengisi waktu serta meraup keuntungan.

Berbicara tentang jembatan antara dua kondisi tersebut, ada lima jenis usaha peternakan yang cenderung mudah dikembangkan saat ini dan cukup menjanjikan keberlanjutannya meski pandemi ini berakhir suatu hari nanti. Dalam blog post ini, kita akan membahas masing-masing secara detil: manfaatnya bagi perekonomian pribadi dan nasional, cara mendapatkannya dengan modal minimum hingga tingkat keberhasilan relatif pada masa pandemi ini. Anda akan merasakan sentuhan pengetahuan baru tentang sektor peternakan – potensi kawasan hijau yang belum Anda gali sepenuhnya!

5 Jenis Usaha Peternakan yang Mudah Dikembangkan Saat Covid-19

Dalam situasi sulit seperti pandemi Covid-19, banyak orang mencari peluang baru untuk memulai bisnis yang tahan banting. Salah satu sektor yang tetap stabil adalah peternakan. Berikut adalah 5 jenis usaha peternakan yang mudah dikembangkan saat Covid-19:

Jenis 1: Budidaya Lele di Kolam Terpal

Budidaya lele di kolam terpal adalah salah satu jenis usaha peternakan yang bisa memberikan keuntungan yang tinggi dengan modal awal yang relatif kecil. Metode budidaya ini cocok untuk mereka yang memiliki lahan terbatas.

Mengapa Budidaya Lele Menguntungkan?

Budidaya lele memiliki siklus panen yang cepat, sehingga pengusaha bisa mendapatkan hasil dan mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Lele juga memiliki kebutuhan pakan rendah dan resisten terhadap penyakit.

Bagaimana Memulai Budidaya Lele di Kolam Terpal?

Langkah-langkah umum dalam memulai budidaya lele di kolam terpal antara lain:
– Memilih bibit lele berkualitas
– Menyiapkan kolam terpal dan sistem sirkulasi air
– Memberikan pakan dengan nutrisi seimbang
– Melakukan perawatan dan pengendalian penyakit secara rutin

Jenis 2: Beternak Ayam Kampung

Beternak ayam kampung adalah pilihan lain yang menjanjikan saat pandemi Covid-19. Permintaan akan daging ayam masih tinggi dan harga jualnya stabil, sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang menarik.

Keuntungan Beternak Ayam Kampung

Ayam kampung memiliki kelebihan sebagai sumber protein dengan harga terjangkau. Selain itu, permintaan akan telur ayam kampung juga meningkat, sehingga bisnis ini dapat memberikan pendapatan ganda.

Cara Memulai Beternak Ayam Kampung

Beberapa langkah awal dalam memulai beternak ayam kampung meliputi:
– Memilih jenis ayam kampung yang tepat
– Membuat kandang yang nyaman dan aman
– Memberikan pakan bernutrisi secara rutin
– Melakukan perawatan dan vaksinasi untuk mencegah penyakit

Jenis 3: Perikanan Air Tawar

Perikanan air tawar adalah usaha peternakan yang cocok untuk mereka yang memiliki lahan dengan akses air baik dari sungai atau sumur. Dalam memulai usaha ini, penting untuk memilih jenis ikan yang sesuai dengan kondisi lingkungan setempat.

Mengapa Perikanan Air Tawar Menarik?

Permintaan ikan sebagai sumber protein masih tinggi di pasaran, terutama di daerah perkotaan. Dengan memulai usaha perikanan air tawar, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan keuntungan.

Langkah-langkah Memulai Perikanan Air Tawar

Beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam memulai usaha perikanan air tawar meliputi:
– Memilih jenis ikan yang cocok dengan lingkungan
– Membuat kolam atau tambak yang sesuai
– Memberikan pakan dan melakukan perawatan secara rutin
– Mengatur manajemen kualitas air dan menjaga kebersihan lingkungan

Dalam situasi sulit seperti pandemi Covid-19, peternakan dapat menjadi alternatif bisnis yang menjanjikan. Dengan memilih salah satu dari 5 jenis usaha peternakan di atas, Anda dapat memulai bisnis dengan modal terjangkau dan peluang keuntungan yang menjanjikan. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan riset pasar dan mengikuti perkembangan tren agar bisa bersaing dengan baik dalam dunia bisnis peternakan.

Bella S

Hi, nama saya Bella. Isinkan saya berbagi info dan tips seputar bisnis.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA