,

21 Pilihan Waralaba Makanan Indonesia

by -25 views
Ilustrasi berbagai macam produk makanan
Ilustrasi berbagai macam produk makanan

Setelah menimbang-nimbang untuk mulai berbisnis waralaba, Anda memutuskan untuk mencari waralaba atau franchise khusus makanan.

Sebagai pebisnis pemula, dengan mengambil paket franchise Anda dimudahkan karena tinggal mengikuti standar dan panduan dari pemilik waralaba atau franchisor.

Masalahnya, waralaba kuliner apa yang tersedia di Indonesia dengan modal terjangkau?

Tak usah mencari lebih jauh lagi. Anda cukup menyimak daftar di bawah ini yang berisi jenis-jenis waralaba makanan di Indonesia yang menyediakan pilihan bagi usaha modal kecil.

Dari 21 pilihan produk kuliner ini, pilih jenis makanan yang populer atau bakal digemari di lokasi Anda.

21 pilihan produk
waralaba makanan di Indonesia

Berikut daftar 21 franchise kuliner di Indonesia dengan modal terjangkau.

  1. Kebab

Tampilan kebab Indonesia atau shawarma
Tampilan kebab Indonesia atau shawarma

Kebab adalah makanan khas Turki yaitu daging yang ditusuk lalu dipanggang atau dibakar. Di negara asalnya, kebab yang populer di Indonesia disebut Shawarma. Kebab asli Turki lebih mirip sate yang berukuran besar dengan tusukan logam, dan disajikan dengan roti dan nasi. Sedangkan kebab yang populer di Indonesia adalah roti dengan isian daging panggang, sayur dan saus. Franchise kebab termasuk salah satu franchise yang terpopuler di Indonesia, dan bisa diperoleh dengan modal awal di bawah 50 juta rupiah.

  1. Donat Bakar (Dokar)

Donat bakar disajikan dengan membakar donat terlebih dulu sebelum disajikan ke konsumen. Dengan begitu, donat bisa dinikmati dalam keadaan hangat seperti baru saja digoreng. Tersedia banyak topping untuk donat bakar ini, yang populer adalah topping coklat. Waralaba donat bakar bisa didapatkan dengan investasi hanya Rp. 7,5 juta.

  1. Takoyaki

Cara memasak takoyaki
Cara memasak takoyaki

Takoyaki adalah jajanan khas Jepang berbentuk bola-bola kecil dengan isian potongan daging gurita berbumbu. Banyak pula variasi isi takoyaki seperi sosis, ayam, cumi, dan keju. Rasanya yang lezat menjadikan jajanan ini populer di Indonesia. Anda bisa mendapatka waralaba takoyaki dengan modal kecil di bawah Rp 10 juta.

  1. Jasuke

Jasuke singkatan dari jagung, susu, keju. Camilan berbahan jagung manis ini digemari berbagai usia terutama anak-anak. Modalnya pun kecil, di bawah 5 juta rupiah Anda sudah bisa mendapatkan waralaba jasuke lengkap dengan booth/gerobak.

  1. Snack Taiwan

Tak kalah dengan takoyaki dari Jepang, snack dari Taiwan pun belakangan booming di berbagai kota di Indonesia. Juragan Ayam Shihlin, misalnya, adalah merek waralaba snack Taiwan yang terkenal. Produk utamanya berupa potongan dada ayam yang diselimuti tepung lalu digoreng sampai berwarna keemasan dan renyah. Franchise snack Taiwan membutuhkan modal kecil berkisar dari angka 5 hingga 8,5 juta rupiah.

  1. Ayam Goreng

Orang Indonesia kini lebih fasih menyebut “fried chicken” untuk ayam goreng yang dibalut tepung berbumbu ini. Tidak hanya franchise fried chicken dari luar negeri seperti KFC, franchise dalam negeri pun cukup banyak dengan investasi terjangkau. Salah satu franchise fried chicken Indonesia yang populer adalah Sabana. Modal yang dibutuhkan kurang dari 20 juta rupiah, dengan keuntungan bisa mencapai 15 juta per bulan.

  1. Churros

Churros donat dari Spanyol
Churros, donat dari Spanyol

Churros adalah donat dari Spanyol yang masih populer di Indonesia sejak mulai hadir tahun 2015. Hingga kini, churros masih diminati dan paket waralaba churros-pun semakin terjangkau. Anda bisa mendapatkan waralaba churros mulai harga 10 juta rupiah.

  1. Sosis Bakar

Siapa yang tak kenal sosis? Kini populer jajanan sosis bakar yang diminati anak-anak dan juga orang dewasa. Dengan modal mulai 6 juta, Anda sudah bisa mendapatkan paket waralaba sosis bakar.

  1. Jamur Crispy

Camilan jamur goreng tepung crispy masih diminati oleh masyarakat luas. Anda bisa mendapatkan paket warabala jamur crispy dengan modal mulai 5 juta rupiah.

  1. Crepes

Crepes adalah panekuk tipis berbahan utama terigu. Topping crepes bermacam-macam tergantung kreativitas pembuatnya. Crepes masih diminati orang Indonesia, terbukti dengan gerai crepes yang selalu kita temukan di setiap pusat perbelanjaan. Anda bisa memulai usaha dengan modal sedikit di bawah 5 juta.

  1. Tahu

Dari dulu kita mengenal gorengan tahu sebagai jajanan yang banyak disuka. Kini muncul berbagai variasi produk tahu seperti tahu crispy, tahu kress, tahu jeletot, tahu gila dan banyak lagi. Paket waralaba tahu bisa didapat dengan modal kecil di bawah 5 juta rupiah.

  1. Hotdog dan Burger

Kini hotdog dan burger bukan lagi makanan mewah bagi orang Indonesia. Gerai hotdog dan burger bisa kita temukan di mana saja. Anda bisa mendapatkan waralaba hotdog dan burger mulai dari Rp 5,9 juta.

  1. Seblak

Seblak terbuta dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan bumbu, kemudian disajikan dengan beragam topping. Seblak berasal dari Jawa Barat, dan kini mulai populer di seluruh Indonesia. Anda bisa mendapatkan paket waralaba seblak mulai dari 6 juta rupiah.

  1. Waralaba Martabak Mini

Martabak mini banyak dipilih oleh orang yang hanya butuh martabak dalam ukuran tidak besar. Paket martabak mini tersedia mulai dari 6 – 8 juta rupiah.

  1. Siomay

Siomay sebenarnya termasuk dim sum, namun di Indonesia populer dan bisa kita beli dari abang tukang siomay yang beredar menggunakan sepeda dan gerobak, hingga gerai siomay di pusat pertokoan. Banyak merek siomay menawarkan paket waralaba. Anda cukup menyiapkan modal mulai dari Rp 2,75 juta.

  1. Pizza mini

Waralaba yang terkenal untuk pizza pastilah Pizza Hut yang beroperasi di banyak negara. Namun jangan takut. Anda masih bisa mendapatkan waralaba pizza mini dengan modal terjangkau mulai dari Rp. 7 juta.

  1. Makaroni

Makanan ringan berbahan baku makaroni yang tersedia dalam berbagai rasa ini tidak pernah surut popularitasnya. Paket waralaba macaroni bisa Anda dapatkan dengan investasi di bawah 10 juta rupiah.

  1. Bakso dan mie ayam

Tampilan mie ayam lengkap
Waralaba mie ayam menjanjikan karena tak pernah sepi peminat

Bakso dan mie ayam adalah makanan yang tidak pernah sepi peminat di Indonesia. Waralaba bakso yang terkenal membutuhkan investasi puluhan hingga ratusan juta rupiah. Namun tersedia juga paket waralaba ekonomis yang bisa Anda dapatkan dengan modal di bawah 5 juta rupiah, misalnya franchise bakso Benhil.

  1. Roti John

Roti John adalah roti khas Singapura dengan isian telur dadar berbumbu. Tersedia paket franchise roti john dengan modal di 5 – 10 juta rupiah.

  1. Pisang Nugget

Kalau dulu kita hanya mengenal pisang goreng, kini hadir pisang nugget yang lebih kekinian. Dengan topping bermacam rasa, jajanan ini langsung populer di kalangan masyarakat. Modal yang dibutuhkan pun terjangkau, di bawah 10 juta rupiah untuk franchise pisang nugget.

  1. Waralaba Warteg

Tak mau kalah dengan produk kuliner lainnya, warteg alias warung tegal pun merambah dunia franchise. Beberapa merk warteg terkenal membutuhkan modal di atas seratus juta, namun Anda bisa memulai waralaba warteg dengan modal di bawah sepuluh juta, misalnya dengan mengambil paket franchise WarJak atau Warungnya Jakarta.

 

Itulah 21 waralaba makanan yang populer di Indonesia hingga sekarang. Anda bisa memilih paket waralaba sesuai dengan minat Anda, kekuatan modal, dan mencari franchisor yang tepat. Simak selengkapnya di artikel ini tentang tips memulai usaha waralaba. Sukses untuk Anda!