,

3 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Luar Negeri

by -5 views
3 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Luar Negeri
3 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Luar Negeri

Sebenarnya ada banyak cara mendapatkan modal usaha untuk membangun bisnis yang Anda inginkan. Anda dapat mencari sumber dana baik itu dari dalam negeri hingga luar negeri, tergantung apa yang anda inginkan.

Akan tetapi untuk mendapatkan modal usaha dari dalam negeri dan luar negeri memiliki perbedaan diantara keudanya. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas terkait bagaimana cara mendapatkan modal usaha khususnya di luar negeri.

Mencari sumber dana di luar negeri mungkin memiliki perjalanan yang lebih sulit, karena pastinya anda harus memenuhi hukum, aturan serta birokrasi yang berlaku.

Akan lebih baik jika anda telah memiliki start up ataupun toko online sebab dengan begitu anda akan sangat mudah mendapatkan sumber dana. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan sumber dana luar negeri yang dapat anda ikuti;

3 Tips Mendapatkan Modal Usaha dari Luar Negeri

3 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Luar Negeri
3 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Luar Negeri

1. Berikan kesan positif saat bertemu investor

Mencari sumber dana di luar negeri tentunya tidak jauh berbeda saat mencari dana pada umumnya, maka yang perlu dilakukan adalah dengan memperhatikan sikap dari calon investor.

Setiap investor terlebih itu adalah investor asing, pasti akan sangat teliti ketika melihat dan menilai sebuah perusahaan yang menawarkan suntikan dana. Mereka akan sangat memperhatikan terkait budaya yang tertanam pada perusahaan, bagaimana citranya, bagaimana perkembangan bisnis untuk masa depan, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut tentunya harus Anda persiapkan dengan memperbaiki tampilan serta suasana kinerja bisnis. Dari anda sebagai pemilik bisnis, harus bisa memberikan presentasi yang memukau untuk meyakinkan calon investor.

Pastikan visi dan misi yang anda buat sesuai dengan realitas yang ada. Jangan sampai melebih-lebihkan informasi ataupun hal lain yang bisa mengecewakan investor di masa depan.

Tetapi perlu diketahui bahwa, untuk mendapatkan investor asing yang mau membangun bisnis lokal itu terbilang sangat susah. Karena mereka pun sangat menginginkan keuntungan ketika melakukan investasi di sebuah perusahaan bisnis.

2. Mengikuti kompetisi bisnis

Tips selanjutnya untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengikuti kompetisi bisnis. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada calon investor asing.

Bukan hanya untuk mendapatkan modal usaha akan tetapi dengan mengikuti kompetisi internasional anda akan mendapatkan pengalaman serta ilmu yang sangat berharga.

Tidak ada ruginya jika mengikuti kompetisi bisnis internasional karena Anda bisa melihat pengusaha lain dari berbagai belahan dunia.

Sebelum mengikuti kompetisi internasional, sebaiknya Anda terlebih dahulu memahami dengan baik bagaimana aturan kompetisi bisnis yang ingin diikuti. Buatlah proposal bisnis untuk memberikan gambaran profil serta bagaikan bisnis Anda dapat berjalan.

3. Mencari Dana hibah

Ada banyak perusahaan lokal yang beruntung karena mendapatkan dana hibah dari luar negeri. Akan tetapi pastinya banyak sekali hal yang perlu Anda kerjakan untuk mendapatkan dana hibah tersebut.

Cara ini memang tidaklah mudah namun tidak menutup kemungkinan anda dapat memperoleh dana hibah dari luar negeri ini. Masalahnya terletak pada saat mencari investor karena tidak banyak calon investor yang bersedia secara cuma-cuma memberikan modal usaha tanpa timbal balik.

Carilah informasi tentang dana hibah baik melalui rekan kerja ataupun mencarinya di internet. Bisa saja Anda mendapatkan dan hibah untuk membangun dan mengembangkan bisnis yang dikelola.

Kebanyakan dana hibah memang berasal dari luar negeri, karena sejauh ini penulis belum menemukan informasi terkait dana hibah yang berasal dari dalam negeri.

Kesimpulan

Mendapatkan dana segar untuk membangun bisnis memang sangat diperlukan. Akan tetapi hal itu perlu dikaji dan dipikirkan secara matang-matang karena anda pun harus bertanggung jawab terhadap uang yang didapat tersebut.

Jangan sampai dana hibah tersebut malah menjadi masalah di kemudian hari terhadap bisnis anda. Perhatikan juga terkait hukum, aturan, birokrasi dan lain sebagainya agar tidak terjebak hutang atau hal-hal yang merugikan lain.

Demikian pembahasan bagaimana cara mendapatkan modal usaha dari luar negeri dan semoga bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel lain terkait Rekomendasi Peluang Usaha Online Tanpa Modal