,

3 Cara Mengembangkan Usaha untuk Melakukan Ekspansi Bisnis

by -8 views
Strategi Marketing
Strategi Marketing

Setiap pelaku bisnis tentunya selalu mencari cara mengembangkan usaha untuk dapat melakukan ekspansi. Akan tetapi, untuk melakukan ekspansi bisnis tidak sesederhana yang dipikirkan dan membutuhakan perencanaan yang matang.

Melakukan ekspansi bisnis seperti membuka toko fisik baru, memperbesar jaringan online, atau menambah variasi produk dan lain sebagainya harus Anda pikirkan lebih jauh.

Nah sebelum melakukan ekspansi bisnis Anda perlu memperhatikan tiga tahapan berikut ini;

3 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Ekspansi Bisnis

1. Membuat perencanaan yang matang

mengembangkan usaha
mengembangkan usaha

Sebagaimana yang telah di singgung di atas, untuk melakukan ekspansi bisnis Anda perlu merencanakan segala sesuatunya dengan matang.

Tanyakan kepada diri Anda sendiri mengapa Anda harus melakukan mengembangkan usaha? Apa yang menjadi target Anda? Bagaimana penjualan produk atau layanan Anda saat ini? ataupun bagaimana prediksi perkembangan bisnis setidaknya dalam 5 tahun ke depan?

Dengan rumusan pertanyaan tersebut, Anda dapat memperoleh penjelasan guna membuat perencanaan untuk kedepannya nanti.

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, setidaknya Anda harus memperoleh jawaban sebagai berikut:

Usaha Anda telah siap untuk melakukan ekspansi sebab penjualan lancar serta pelanggan yang terus meningkat jumlahnya.

  • Untuk 5 tahun kedepan bisnis Anda harus memiliki produk serta harus membangun brand sendiri.
  • Permintaan pasar terus meningkat karena jangkauan pemasaran pun sudah sangat luas.
  • Untuk meningkatkan pelayanan serta kegiatan bisnis secara profesional Anda membutuhkan karyawan baru.

Nah adapun rencana untuk mengembangkan usaha dapat Anda susun sebagai berikut, misalnya:

  • Agar pelanggan memiliki banyak pilihan produk maka harus membuat variasi baru.
  • Untuk melayani permintaan pasar yang semakin besar maka Anda perlu meningkatkan inventaris produk.
  • Untuk menampung berbagai produk Anda membutuhkan gudang baru.
  • Guna memperluas jangkauan pasar Anda membutuhkan toko fisik atau online yang baru.
  • Untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas penjualan produk maka Anda membutuhkan karyawan tambahan.
  • Wilayah penjualan yang lebih luas misalnya saat ini hanya berfokus di Jabodetabek, kedepannya Anda dapat mencakup seluruh wilayah di pulau Jawa.
  • Dan lain-lain.

Nah untuk mewujudkan rencana ekspansi bisnis seperti yang ditulis di atas, maka Anda perlu menyusun strategi. Tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan pihak yang telah berpengalaman.

2. Menentukan model bisnis kedepannya

Ilustrasi Bisnis
mengembangkan usaha

Ketika Anda telah melakukan ekspansi bisnis tentunya model bisnis tersebut tidak sama lagi. Untuk menjalankan bisnis tersebut Anda membutuhkan stAndard operating procedures (SOP) yang baru. Secara perlahan aktivitas bisnis pun akan berubah terlebih jika Anda memiliki karyawan baru.

Model penjualan produk pun akan mengalami perubahan baik secara perlahan ataupun cepat. Karena itu menentukan model bisnis sangat penting untuk menggambarkan bagaimana bisnis Anda kedepannya nanti.

Apalagi jika Anda menambah produk baru tentunya memaksa bisnis untuk memiliki target pasar yang baru pula. Hal ini akan sangat berbeda dengan bisnis sebelumnya yang sudah Anda pahami.

Merencanakan model bisnis serta memahaminya menjadi sangat penting karena keadaan pasar pun terus berubah-ubah. Perubahan tersebut baik terkait kebutuhan masyarakat, target pasar atau lain sebagainya.

3. Cara mengembangkan usaha dengan mempersiapkan modal

mengembangkan usaha- dolar
mengembangkan usaha

Sebagai cara mengembangkan bisnis, ekspansi tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Melakukan ekspansi ini hampir sama halnya ketika Anda membuka bisnis baru, yang tentunya membutuhkan karyawan baru, tempat baru, produk baru, dan lain sebagainya.

Merencanakan modal untuk hal-hal tersebut menjadi sangat penting agar ekspansi bisnis Anda berjalan lancar. Bahkan jika menyiapkan ekspansi bisnis yang lebih besar, maka mungkin Anda pun perlu membangun pabrik produksi sendiri.

Membangun pabrik produksi sendiri dapat meningkatkan prospek keuntungan, akan tetapi tentunya hal itu membutuhkan modal yang harus direncanakan sebaik mungkin agar tidak merugi.

Karenanya jika Anda tidak benar-benar siap dalam pengelolaan modal sebaiknya untuk menunda rencana ekspansi bisnis ini. Karena jika salah salah, ekspansi bisnis malah dapat merugikan.

Kesimpulan

Cara mengembangkan usaha dapat dilakukan dengan melakukan ekspansi bisnis. Akan tetapi ekspansi bisnis tersebut tentunya membutuhkan perencanaan yang matang serta modal yang cukup.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda terkait dunia bisnis. Baca juga pembahasan lain terkait Cara Bisnis Online Supaya Untung? Ini 5 Tips Suksesnya