,

3 Elemen Sukses Pengusaha Muda Modal Terbatas

by -4 views
Sosok pengusaha muda sukses
Rancang kesuksesan Anda sedari sekarang

Menurut Mark Sieber, seorang franchise consultant, hanya diperlukan tiga elemen untuk menjadi pewaralaba yang sukses: konsep, modal dan manajemen. Sebenarnya, tiga elemen ini tidak hanya berlaku untuk dunia waralaba, namun bisa juga diaplikasikan pada usaha secara keseluruhan. Tiga elemen inilah yang harus Anda miliki sedari awal jika Anda ingin menjadi pengusaha muda sukses.

Tidak masalah jika Anda merasa memiliki modal yang terbatas. Mari kita bedah satu demi satu untuk cari tahu apakah Anda punya bibit elemen yang dibutuhkan para pengusaha muda.

 

Konsep bisnis yang kuat

Sebagai pengusaha muda, Anda harus memiliki konsep yang kuat tentang bisnis Anda. Ini menyangkut juga tentang visi. Tidak hanya untuk saat ini, namun Anda juga harus memiliki pandangan jauh ke depan.

Produk apa yang akan Anda buat? Pembeli seperti apa  yang menjadi target Anda? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini bisa Anda renungkan dan Anda gali jawabannya.

Lima tahun lagi, akan jadi apa bisnis Anda? Kira-kira, perkembangan zaman yang seperti apa yang akan mengiringi pertumbuhan bisnis Anda?

Jika Anda tidak punya konsep dan juga visi yang kuat, usaha Anda akan mudah tergoyahkan. Menghadapi hantaman sedikit, usaha akan oleng dan Anda akan kewalahan mempertahankan.

Namun dengan konsep yang kuat, Anda tetap akan bertahan. Kesuksesan bisa jadi tidak datang dalam waktu yang singkat, butuh bertahun-tahun untuk membangun sebuah kerajaan bisnis. Pondasi dari bisnis Anda berawal dari konsep.

Tren akan datang dan pergi, tapi Anda tetap kokoh memegang visi dan menyesuaikan perjalanan bisnis Anda seiring zaman. Alih-alih terlindas zaman, Anda malah akan menguasai zaman dan berdiri sebagai pemenang.

 

Foto arloji
Orang sering bilang, waktu adalah uang

Modal tidak hanya berupa uang

Elemen yang kedua adalah modal. Kalau kita berpikir tentang modal, kita tidak hanya berpikir tentang kapital atau uang.

Anda bisa membuat daftar, modal apa yang Anda punya? Uang seratus-dua ratus ribu? Tidak mengapa. Lalu apa lagi? Tidak punya apa-apa lagi?

Benarkah?

Ada satu kekayaan yang dimiliki setiap manusia di muka bumi ini, dan jarang disadari.

Itu adalah waktu.

Anda punya waktu 24 jam yang bisa Anda pergunakan untuk usaha.  Dikurangi dengan jam tidur, pastinya.

Bukankah Anda sering dengar, “Time is money.” Waktu adalah uang. Waktu bisa Anda jadikan modal untuk menghasilkan uang.

Lalu apa lagi? Tengok ke sekeliling Anda. Teman, tetangga, kenalan di media sosial mungkin? Itulah namanya networking atau jejaring.

Networking bisa Anda jadikan modal. Berbekal uang 100 ribu untuk membuat gorengan, Anda bisa manfaatkan networking sebagai target pembeli.

Bukan berarti Anda harus mengemis pada teman, tetangga dan kenalan agar dagangan Anda terjual. Sama sekali bukan. Anda hanya menawarkan siapa tahu mereka berminat membeli produk Anda. Selebihnya terserah pada mereka.

Dan networking bisa selalu Anda bangun. Kapan saja. Beramah tamah di media sosial, sering kali membuka pintu bagi jejaring yang baru.

Sekarang Anda sudah punya konsep dan modal. Bangun usaha Anda dari modal sekecil apapun, namun dengan konsep yang kuat.

Kita buat ilustrasi di sini seakan-akan Anda akan berjualan gorengan.

Bikin gorengan hanya butuh modal kurang dari 100ribu, namun Anda paham gorengan seperti apa yang bisa Anda buat. Yang membuat orang lain terkesan, dan terlihat beda dari gorengan pedagang lainnya. Dari bahannya, dari minyak sehat yang Anda gunakan, dari kemasan, dan juga dari merek yang menggoda.

Konsep gorengan sehat Anda, terus Anda kembangkan menjadi satu produk yang andal dan diterima pasar.

 

Manajemen sehat mutlak diperlukan untuk menjadi pengusaha muda sukses

Selanjutnya, Anda butuh elemen ketiga untuk menuju kesuksesan: manajemen.

Dari berjualan gorengan, Anda bisa menyulap uang 100ribu menjadi 200ribu. Jadi Anda punya untung 100ribu. Taruhlah makan sehari dan ongkos jalan ke pasar menghabiskan 50ribu. Anda masih punya sisa tabungan 50ribu.

Tugas Anda adalah me-manage keuntungan usaha Anda, sekecil apapun itu, untuk pengembangan usaha.

Hari pertama, Anda jualan gorengan dengan modal 100ribu.Sisa keuntungan setelah dikurangi beaya hidup sehari-hari Anda kumpulkan.

Seminggu kemudian, Anda berani menaikkan produksi dan modal 200ribu. Omset penjualan naik menjadi 400ribu.

Keuntungan Anda manage serapi mungkin. Belanja hanya yang penting-penting saja. Memanjakan diri sendiri hanya di akhir pekan.  Selebihnya Anda dedikasikan hidup Anda untuk membangun kerajaan gorengan, sesuai dengan konsep dan visi Anda.

Satu waktu, jangan heran jika Anda menyadari bahwa uang tabungan yang Anda kumpulkan dari keuntungan sedikit demi sedikit, sudah mampu untuk membeli gerobak. Atau sepeda. Anda mulai bisa memperluas wilayah penjualan.

Dan siapa tahu, setahun kemudian Anda bisa membuka gerai di pusat pertokoan, dengan menjadi raja dan ratu gorengan sehat.

 

Contoh di atas memang terlihat sederhana dan menggampangkan keadaan. Tapi itu bukanlah khayalan. Anda bisa mewujudkannya. Cari di internet berbagai kisah sukses para pengusaha muda yang memulai usaha dengan modal puluhan ribu, bahkan nol rupiah. Anda bisa pantau terus Infobiznis untuk segala jenis informasi dan tips usaha menuju kesuksesan.

Ingat selalu tiga elemen yang harus Anda punya: konsep, waktu dan manajemen.

Dan sukses masa depan sudah terasa tergenggam di tangan Anda sekarang.