3+ Ide Bisnis di Kampung yang Menjanjikan dari Limbah Kaya

by -5 views
3 Ide Bisnis di Kampung Mnjanjikan dari Limbah Kaya

Sering sekali limbah kayu menjadi hal yang dianggap tidak berguna. Padahal ini bisa menjadi ide bisnis di kampung yang menjanjikan dengan prospek keuntungan yang besar.

Jika anda memiliki keterampilan serta kreativitas untuk mengolah limbah kayu bukan mustahil hal tersebut bisa menjadi ladang uang. Karena memang, limbah tersebut biasanya tidak digunakan lagi oleh orang di perkampungan.

Ide Bisnis di Kampung dari Limbah Kayu

3 Ide Bisnis di Kampung Mnjanjikan dari Limbah Kaya

Di bawah ini kami telah merekomendasikan beberapa ide pengolahan kayu yang bisa menjadi inspirasi. Simak selengkapnya hingga selesai:

1. Membuat hiasan kayu tiga dimensi

Ide bisnis di kampung pertama dari limbah kayu yang kami rekomendasikan adalah membuat hiasan kayu. Kayu dapat dipotong dengan pola tertentu kemudian diukir dengan motif yang menarik dan unik.

Anda dapat melihat beberapa contoh hiasan kayu di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Limbah kayu dibentuk sedemikian rupa hingga menarik, seperti menjadi bentuk pajangan mobil, sepeda, motor dan lain sebagainya.

2. Hiasan dinding dari kayu

Bukan hanya dalam bentuk tiga dimensi, limbah kayu juga dapat anda kreasikan menjadi hiasan dinding yang menarik. Hiasan tersebut bisa berupa figura, lukisan dinding dan kreasi lain. Kreasi yang dihasilkan tersebut bisa dibanderol dengan harga Rp100.000.

Produk semacam ini dapat dipasarkan melalui pasar online untuk menjangkau pembeli yang lebih luas. Atau bisa juga dengan menjualnya di kawasan budaya ataupun tempat wisata.

Hal yang sangat penting untuk bisa sukses di bidang ini anda perlu memiliki kreativitas serta ide-ide yang unik. Jika produk yang dibuat memang memiliki daya tarik maka proses pemasaran pun akan lebih mudah.

Bahkan bukan tidak mungkin produk yang anda buat akan dicari orang sehingga Anda tidak perlu susah memikirkan bagaimana strategi pemasarannya.

3. Ide bisnis di kampung membuat jam kayu

Membuat jam kayu juga dapat dilakukan dari limbah yang sudah tidak digunakan. Beberapa produk jam yang bisa dibuat dari bahan kayu adalah jam dinding, jam tangan atau bisa juga membuat jam meja.

Salah satu pembuat jam tangan dari kayu adalah Andi Akbar di mana jam buatannya dibanderol dengan harga Rp450.000. Andi telah berhasil mengubah limbah kayu bekas menjadi produk fashion yang menarik dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Padahal, limbah-limbah kayu tersebut di lingkungannya hanya digunakan untuk keperluan kayu bakar. Namun, dengan kreativitas yang tinggi serta mengetahui peluang bisnis maka hal tersebut bisa menjadi jalan untuk memperoleh penghasilan.

Tentu siapapun bisa mengikuti jejak sukses yang telah dilakukan oleh Andi Akbar.

Biasanya pembuatan jam tangan semacam itu menggunakan kayu jati ataupun sonokeling. Kayu-kayu dapat menghasilkan jam yang berkualitas, kuat serta mempunyai corak yang unik jika telah dihaluskan.

4. Ide bisnis di kampung membuat meja dan kursi kayu

Produk meja dan kursi memang biasanya dibuat dari kayu yang bagus atau baru. Akan tetapi produk meja dan kursi juga bisa dibuat dari bahan limbah seadanya.

Model dan kualitasnya juga tidak kalah jika memang limbah diolah dengan baik. Karena memang produk meja dan kursi biasanya dibuat dari potongan kayu yang disatukan.

Sehingga tidak masalah jika kayu berasal dari limbah yang tidak terpakai. Bahkan bisa jadi corak yang timbul dari kayu bekas memiliki nilai artistik yang lebih unik dan menarik.

Walaupun memang untuk bisa menghasilkan kreasi dari kayu dibutuhkan keterampilan serta keuletan di dalam proses pembuatannya. Tidak sembarangan orang bisa melakukan hal tersebut dengan baik.

Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat mempelajarinya secara otodidak dengan melihat tutorial di Google ataupun YouTube.

Penutup

Limbah kayu bekas memang bisa menjadi ide bisnis di kampung yang menjanjikan, karena disana banyak terdapat kayu yang tidak terpakai. Nah beberapa rekomendasi diatas bisa menjadi pilihan jika anda tertarik untuk mengolah limbah kayu yang berada di sekitar tempat tinggal.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Anda Tinggal di Kampung? Coba Buka 5 Ide Usaha Kecil Menjanjikan Ini