, ,

3 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Saat Bulan Puasa dengan Modal Kecil

by -8 views
Ide bisnis rumah tangga
Ide bisnis rumah tangga

Momen bulan Ramadhan sebentar lagi datang. Tentu saja bagi seluruh umat Muslim, momen ini dinanti-natikan. Tak hanya kebiasaan selama bulan puasa seperti buka buasa bersama, tapi juga ada banyak usaha musiman di bulan puasa yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan.

Para pengusaha biasanya akan menjadikan momen bulan puasa ini menjadi sumber penghasilan tambahan terutama usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga. Nah, jika Anda ibu rumah tangga yang ingin mencoba usaha musiman di bulan puasa. Berikut daftar jualan yang cepat laku dan layak untuk dicoba!

Bisnis bulan puasa ibu rumah tangga
Berjualan menu buka puasa

1. Jualan hidangan buka puasa

Pastinya saat berbuka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Maka, berjualan menu hidangan berbuka puasa menjadi langkah tepat untuk usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga. Sebelum berjualan, cobalah untuk melakukan riset terlebih dahulu jenis maknan yang ingin dijual. Tentu saja disesuaikan dengan kemampuan dan modal.

Selain itu, perlu diingat bahwa banyak orang yang berjualan hal serupa. Jadi kreativitas juga dibutuhkan dalam memilih hidangan buka puasa atau yang akrab disebut takjil. Anda bisa mencari resep atau terobosan menu berbuka puasa yang baru agar bisa diserbu oleh pembeli.

Untuk urusan modal, Anda tak perlu khawatir sebab usaha musiman di bulan puasa ini termasuk usaha yang tak membutuhkan modal besar. Anda tak perlu menyewa kios atau mencari tempat berjualan. Gunakan halaman rumah atau tempat ramai serta lengkapi dengan meja kursi untuk menjajakan aneka jajanan. Dengan modal 500 ribu, Anda sudah bisa membuat jualan yang cepat laku ini.

Bisnis bulan puasa ibu rumah tangga
Catering rumahan

2. Catering rumahan

Jika Anda punya kemampuan berjualan online, Anda bisa mencicipi usaha catering. Usaha ini menjadi salah satu yang banyak dicari orang saat bulan puasa. Pastinya banyak orang yang tetap sibuk bekerja selama bulan puasa. Tetapi di sisi lain mereka harus tetap menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga.

Inilah peluang yang bisa Anda ambil. Cobalah untuk membuat menu buka puasa yang bisa dipesan secara online. Tak hanya menu buka puasa saja, Anda juga bisa loh membuat menu sahur. Anda bisa membuat menu yang memang tahan untuk dimakan sampai keesokan harinya.

Peluang usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga ini cukup menjanjikan. Apalagi dengan kemajuan teknologi, Anda bisa melayani pembeli dari jarak yang jauh. Sekarang ada kurir online yang bisa mengantarkan pesanan saat itu juga.

Tak hanya harus lihai dalam mempromosikan melalui media sosial atau website, Anda juga harus berkreasi dalam hal menu. Cobalah menyajikan menu-menu yang jarang orang temui pada catering rumahan. Misalnya saja menu-menu yang ada di restoran. Jadi, para pembeli dapat merasakan makanan resto tanpa perlu keluar rumah.

Bisnis bulan puasa ibu rumah tangga
Membuat parsel

3. Membuat parsel

Ide usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga berikutnya adalah yang berhubungan dengan kebutuhan hari raya. Biasanya orang akan mengirimkan parsel sebagai bentuk ucapan idul fitri kepada kerabat. Maka parsel masuk ke dalam kategori barang jualan yang cepat laku pada saat bulan puasa.

Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki bakat seni tinggi. Anda bisa memodifikasi model parsel yang biasanya ada. Selain model kreasinya,Anda juga bisa membuat parsel custom. Artinya bisa diberi nama atau tema tertentu disesuaikan dengan pesanan pelanggan.

Tak melulu soal makanan, Anda juga bisa membuat parsel yang isinya lilin aroma terapi, perlengkapan ibadah atau hal-hal yang sekiranya dibutuhkan oleh para tamu. Semakin unik parsel yang Anda buat, maka semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli. Apalagi usaha ini bisa dipasarkan secara online.

Kreasi yang unik pastinya akan membuat parsel buatan Anda menjadi lebih dikenal banyak orang. Nah, sekarang bagaimana dengan modalnya? Anda sebenarnya tak perlu modal besar jika menggunakan sistem pre-order. Anda hanya perlu meminta orang untuk membayar terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang modalnya.

Nah, itu dia deretan usaha musiman di bulan puasa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga. Pastinya ini adalah momen yang tepat untuk bisnis karena banyak orang yang membutuhkan berbagai kebutuhan saat bulan puasa. Selamat mencoba!