3 Strategi Marketing Viral untuk Meningkatkan Omset Penjualan

by -3 views
3+ Strategi Marketing Viral untuk Meningkatkan Omset Penjualan
3+ Strategi Marketing Viral untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Salah satu strategi marketing terbaik adalah dengan membuat konten viral. Dengan terbentuknya konten viral akan meningkatkan omset penjualan produk bisnis online anda.

Jika kita lihat beberapa waktu lalu, produk yang menjadi adalah fitget spinner. Lalu mengapa produk ini bisa menjadi begitu viral dan menguntungkan bagi penjualnya ?

Hal itu tentunya tidak terlepas dari konten viral yang dibuat khusus untuk strategi marketing. Lalu bagaimana cara membuat viral marketing seacam ini?

Proses Terbentuknya Viral Marketing

3+ Strategi Marketing Viral untuk Meningkatkan Omset Penjualan
3+ Strategi Marketing Viral untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Berikut ini adalah proses terbentuknya viral marketing untuk strategi pemasaran produk. Bagaimana proses tersebut? Berikut urutannya;
Anda memiliki ide

  • Anda bereaksi dengan ide tersebut
  • Kemudian Anda menyebarkan ide yang dimiliki itu
  • Setelahnya banyak orang menerima ide tersebut kemudian terus menyebarbarkannya
  • Setiap orang memiliki kesempatan dan potensi untuk bereaksi, tidak lupa untuk menyebarkan lagi
  • Proses tersebut terus berulang

Selama banyak orang bereaksi dengan ide anda, maka hal itu akan terus menyebar dan banyak orang yang terpengaruh dengan produk.

Dalam kasus fidget spinner, pengguna yang memainkan permainan ini akan mengambil tindakan untuk mempengaruhi orang lain. Juga turut mengambil peranan dalam penyebaran informasi melalui cara berikut:

  • Menyebarkan postingan di Facebook
  • Sharing di media sosial terkait pengalamannya bermain spinner
  • Menyebarkan meme spinner sebagai bahan komedi
  • Mendorong pro dan kontra sehingga banyak orang berbagi pendapat yang berbeda-beda
  • dan lain sebagainya

Cara Membuat Sesuatu (Produk) agar Menjadi Viral

3+ Strategi Marketing Viral untuk Meningkatkan Omset Penjualan
3+ Strategi Marketing Viral untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Sebenarnya ada 2 cara untuk menghasilkan viral marketing, cara pertama adalah dengan membuat ide seperti yang telah kita bahas di atas.

Atau cara kedua adalah dengan memanfaatkan tren yang sedang berlangsung. Tentunya hal ini mengharuskan anda untuk bisa mengambil peluang dari berbagai hal yang sedang viral. Berikut adalah beberapa ide yang dapat anda lakukan untuk membuat viral marketing:

1. Menjual produk yang sedang viral

Ketika ingin menjual produk viral, tentunya akan ada keraguan yang muncul di dalam benak anda. Produk ini akan terus viral serta bertahan lama sehingga banyak orang yang membelinya, atau tidak?

Akan tetapi selagi trend ini menjadi viral, tentu akan ada banyak permintaan terhadap produk tersebut.

Nah agar viral ini terus bertahan, anda perlu memberikan inovasi. Contohnya saja produk fidget spinner banyak produsen yang melakukan inovasi dengab membuat spinner menggunakan LED, atau fidget spinner yang dibuat dengan desain mewah.

Dengan adanya inovasi ini membuat produk viral memiliki potensi bertahan yang lebih lama.

Selain itu anda pun dapat membuat produk lain yang masih terkait dengan produk viral tersebut. Misalnya membuat kaos yang memiliki desain atau gambar terkait fitget spinner. Dengan cara tersebut banyak orang melirik produk kaos anda dan menjadikan mereka lebih tertarik untuk membelinya.

2. Strategi Marketing Menarik perhatian konsumen offline

Produk viral memang sangat identik dengan pemasaran online. Bisnis online memang menjadi hal yang sangat untungkan ketika ada produk yang sedang viral.

Untuk memperoleh keuntungan besar Anda dapat menarik perhatian konsumen offline. Misalnya seperti ini, terkait spinner yang sedang viral, Anda dapat membuka toko offline untuk menjaring konsumen yang sebelumnya telah tertarik produk tersebut di media sosial.

Biasanya mereka hanya tidak ingin membeli produk fidget spinner secara online akan tetapi ketika melihat produk tersebut di toko offline, maka kecenderungan mereka untuk membelinya akan lebih tinggi.

3. Strategi Marketing Melakukan kreasi dengan konten yang terkait viral

Cara termudah untuk memanfaatkan tren ini adalah dengan membuat kreasi konten serta menjalankan viral marketing anda sendiri.

Misalnya seperti ini, anda dapat membuat video YouTube berisikan review terhadap produk yang sedang viral, ataupun konten lainnya yang terkait dengan produk tersebut. Konten yang dibuat akan menarik perhatian penonton atau masyarakat lebih jauh lagi.

Nah dari perhatian masyarakat ini anda dapat mengkonversikannya menjadi permintaan pasar di mana penonton YouTube dapat membeli produk tersebut kepada anda.

Kesimpulan

Strategi marketing viral memang sangat menguntungkan bagi pebisnis. Akan tetapi untuk membuat konten viral seperti ini memang membutuhkan kemampuan tersendiri.

Anda harus pintar-pintar melihat peluang serta reaksi pasar terhadap produk ataul trend yang sedang berlangsung. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Strategi Marketing, 3 Tips Memelihara Loyalitas Konsumen