, ,

4 Bisnis Kekinian yang Pemiliknya Masih Mahasiswa

by -8 views
Bisnis kekinian
Bisnis kekinian

Bisnis kekinian yang semakin menjamur membuat banyak orang tertarik untuk berbisnis. Pastinya kamu termasuk orang yang ingin menjadi pengusaha muda. Nah, kamu bisa mencontoh beberapa orang yang sudah menjadi pengusaha muda sukses.

Para pengusaha muda ini sudah mendapatkan cara sukses usia muda. Bagaimana tidak, mereka sudah mendapatkan omzet ratusan juta meskipun masih mahasiswa. Selain karena bisnis kekinian yang dibangun, mereka juga punya semangat yang tinggi untuk berusaha.

Modal untuk menjadi pengusaha muda tidak serta merta hanya produknya saja yang bagus tetapi bagaimana cara yang dilakukan oleh orang di belakangnya. Penasaran bagaimana kisah pengusaha muda sukses sedari mahasiswa ini?

Bisnis kekinian
Bisnis kekinian

1.Bisnis Kekinian Olahan Susu

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang ini berhasil membiayai kuliahnya sendiri berkat jualan susu. Tak hanya itu saja, Mohamad Faisal Hidayat sudah bisa membelikan mobil untuk keluarganya.

Usaha ini dimulai sejak 2013. Kala itu ia menyewa kios dekat kampusnya sebesar Rp 1,3 juta. Siapa sangka dengan modal kecil, Faisal mendapatkan untung hingga Rp 5 juta. Bisnis kekinian dengan aneka olahan susu ini sukses menarik konsumen.

Selain berbisnis, Faisal sendiri juga aktif di berbagai organisasi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa hingga Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI. Dirinya mengaku harus pintar membagi waktu agar kuliah tetap berjalan meski sibuk berbisnis.

Bisnis kekinian
Bisnis kekinian

2.Bisnis fashion

Bisnis kekinian tak hanya berhubungan dengan makanan. Hal itu dibuktikan oleh Muhammad Khairul Apriatama. Ia memulai bisnis fashion pada 2015. Kala itu, Tama mendirikan usaha baju batik yang diberi nama Arka Batik Jogja.

Ia kemudian merambah ke bisnis fashion wanita yang diberi nama MIB Fashion. Selain itu, ia mulai merambah bisnis kuliner. Kali ini ia mengolah bisnis kuliner menjadi bisnis kekinian yaitu Ceritanya Katsu dan Ceritanya Gule.

Tama pun berpendapat salah satu cara sukses usia muda yakni kuat mental. Apalagi posisinya sebagai mahasiswa di mana akan mengalami banyak rintangan. Tapi kreativitas dan ketekunan akan membawa seseorang menjadi pribadi yang lebih sukses.

Bisnis kekinian
Bisnis kekinian

3.Bisnis kekinian sepatu

Fashion memang menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Hal itulah yang membuat dua mahasiswa Yukka Harlanda dan Putera Dwi Kurnia berinisiatif membuat sebuah brand fasihion.

Brodo Foowear merupakan brand yang cukup terkenal di kalangan anak muda. Dua orang inilah orang dibalik Brodo. Uniknya, bisnis ini dimulai karena Yukka kesulitan menemukan sepatu ukuran besar dengan harga mahasiswa.

Akhirnya kedua orang ini memutuskan untuk mencari desain sepatu hingga vendor pembuat sepatu untuk produksi pertama mereka. Siapa sangka dengan modal awal Rp 7 juta, mereka mendapatkan untung Rp 3,5 juta.

Brodo pun dipasarkan secara masal melalui media sosial. Bisnisnya pun berkembang hingga mendapatkan omzet milyaran rupiah. Bahkan kini mereka sudah memiliki store offline.

Bisnis kekinian
Bisnis kekinian

4.Fashion perempuan kekinian

Berawal dari keinginan menambah uang jajan, Carline Darjanto dan Ria Sarwono memutusukan untuk membangun sebuah usaha fashion perempuan. Awalnya hanya iseng-iseng tak disangka brand yang diberi nama Cotton Ink terus berkembang.

Tak hanya menjual kaus dan pakaian perempuan saja, Cotton Ink kemudian melebarkan sayap memproduksi legging, rok hingga aksesoris seperti syal. Kedua pengusaha muda ini mencoba membaca tren yang sedang berkembang.

Maka dari itu, bisnis dan model fashion yang dikeluarkan sebisa mungkin mengikuti zaman. Tak jarang mereka mencoba untuk menjadi trendsetter fashion. Kini, Cotton Ink memiliki banyak cabang di pusat perbelanjaan.

Tak sampai di situ saja, Carline dan Ria kini banyak memperkerjakan penjahit lokal. Secara tak langsung kedua pengusaha muda ini sukses mengubah bisnis kekinian menjadi mata pencaharian bagi banyak orang.

Wah, ternyata banyak cara sukses usia muda dari berbagai kisah di atas. Setiap orang pastinya punya kesempatan yang sama untuk sukses. Tinggal hanya saja bagaimana kamu bisa melihat peluang yang ada.

Prinsip pantang menyerah juga wajib kamu lakukan dalam berbisnis. Pastinya para pengusaha muda ini kerap mengalami jatuh bangun apalagi dibarengi dengan kuliah. Namun, tidak ada yang tidak mungkin bukan? Kamu juga bisa mencoba sendiri menjadi pengusaha muda sukses sejak usia muda.