, ,

4 Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Peluang Usaha

by -3 views
Kerajinan Tangan
Kerajinan Tangan

Ada begitu banyak jenis bisnis yang dapat dikerjakan untuk mendapatkan keuntungan. Terlebih jika kita dapat memulai usaha dari sebuah hobi. Beberapa jenis kerajinan tangan yang dapat dijadikan peluang usaha berikut ini mungkin adalah salah satu hobi anda.

Pada kesempatan ini kami sengaja membahas tentang 4 jenis kerajinan tangan yang dapat dijadikan sumber penghasilan sehari-hari.

4 Jenis Kerajinan Tangan yang Dapat Menghasilkan

Kerajinan Tangan
Kerajinan Tangan

Memulai bisnis tidak perlu harus yang rumit-rumit, Anda dapat memulai usaha serta menghasilkan pundi-pundi rupiah dari kerajinan tangan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan di bawah ini;

1. Aksesoris dan Perhiasan

Usaha kerajinan pertama yang sangat menguntungkan dan memiliki peluang pasar yang luas adalah aksesoris serta perhiasan. Misalnya Anda dapat membuat aksesoris gelang, cincin, strap jam tangan dan lain sebagainya.

Peminat aksesoris ini sangatlah banyak, mulai dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa. Target market nya pun sangat beragam, Anda dapat membuat aksesoris murah yang dapat dijual 2000-an hingga aksesoris yang terbuat dari mutiara yang memiliki nilai fantastis.

Silahkan mencari tahu jenis aksesoris apa yang sedang populer kemudian Anda dapat melakukan modifikasi sesuai yang diinginkan. Buatlah aksesoris yang unik, menarik, bagus serta memiliki kualitas yang tinggi, maka otomatis harga yang ditawarkan pun akan lebih mahal.

2. Lilin Aroma Terapi

Pernahkah anda berpikir untuk membuka usaha kerajinan lilin aroma terapi? Nah jenis usaha ini sangat cocok untuk Anda yang suka bereksperimen.

Tentunya ini dapat menjadi peluang usaha yang begitu menjanjikan karena banyak orang menjadikan lilin aromaterapi sebagai souvenir pernikahan.

Tetapi anda pun harus mempelajari jenis dan bahan lilin yang dapat digunakan. Beberapa bahan alami untuk membuat lilin aromaterapi ini ialah seperti soy wax, palm wax, ataupun beeswax.

Jenis bahan lilin tersebut memang yang paling sering digunakan dalam membuat lilin aromaterapi. Nah untuk harumnya anda perlu pintar-pintar meracik aroma yang memberikan kesegaran serta menenangkan.

Untuk pengemasannya sendiri juga memiliki pengaruh terhadap omzet penjualan nantinya. Anda dapat menggunakan gelas-gelas lilin yang memiliki bentuk menarik serta desain yang dapat disesuaikan.

3. Sablon Kaos

Salah satu jenis kerajinan tangan yang memiliki potensi keuntungan besar adalah sablon kaos. Hal itu karena memang distributor produk kaos semakin tumbuh dan banyak.

Memiliki hobi menyablon kaos tentunya bisa menjadi pekerjaan yang menguntungkan. Terlebih dahulu Anda dapat menawarkan jasa sablon kaos ini kepada teman-teman, mahasiswa kampus dan lain sebagainya.

Atau jika ingin serius tentunya Anda harus membangun digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika sewaktu-waktu anda akan mendapatkan orderan besar untuk membuat kaos sablon baik itu untuk komunitas ataupun partai.

Atau Anda juga dapat bekerja sama dengan event organizer karena biasanya setiap acara membutuhkan kaos panitia yang beragam. Biasanya mereka memesan kepada penyedia sablon dengan jumlah yang cukup banyak.

4. Kerajinan Tangan Produk Tradisional

Apakah anda hobi membuat keramik, menenun, memahat? Nah jika iya maka hobi ini dapat anda jadikan sebagai peluang usaha karena sangat menguntungkan.

Kerajinan tradisional memiliki daya jual yang cukup tinggi karena tidak banyak orang yang mampu membuat kerajinan seperti ini. Selain menjual produk yang dibuat, anda pun dapat membuka jasa pelatihan untuk membuat kerajinan tradisional. Pelatihan semacam ini cukup banyak digemari karena memiliki nilai budaya edukasi tentang sejarah nusantara tempo dulu.

Target pasarnya pun cukup luas, tidak hanya ditujukan kepada orang dewasa tetapi anak-anak kecil pun menyukai kerajinan tangan seperti ini. Bagi anak-anak kecil membuat kerajinan seperti keramik atau memahat dapat melatih kreativitas serta merangsang motorik agar anak menjadi lebih aktif.

Kesimpulan

Peluang usaha kerajinan tangan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah jika pandai memanfaatkan keterampilan ini. Sebagaimana telah disebut di atas, jika kerajinan semacam ini keuntunganya tidak hanya dari menjual produk yang dibuat, tetapi anda dapat membuka usaha pelatihan.

Bisa saja membuka pelatihan atau kursus kerajinan memiliki keuntungan tersendiri serta melebihi keuntungan menjual produk. Karena itu manfaatkanlah segala kemungkinan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Contoh Proposal Usaha Kerajinan yang Sederhana dan Mudah Dibuat