5 Strategi Marketing agar Konsumen Selalu Membeli Produk Anda

by -5 views
Strategi Marketing
Strategi Marketing

Strategi marketing jitu memang perlu dipersiapkan untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Strategi Marketing atau pemasaran menjadi ujung tombak suksesnya sebuah bisnis online.

Sebagai pembisnis membangun hubungan yang baik dengan konsumen adalah hal penting untuk dilakukan. Kunci sukses berbisnis adalah membangun hubungan dengan pelanggan serta memenuhi kebutuhan mereka.

Cobalah untuk melakukan interaksi dengan pelanggan serta melibatkan mereka dalam bisnis Anda. Dengan cara demikian pelanggan akan merasa dihargai dan tentunya akan memberi dampak positif terhadap bisnis kedepannya.

Nah berikut ini kita akan membahas terkait 5 cara sebagai strategi marketing agar konsumen selalu membeli produk Anda.

5 Cara untuk Mendapatkan Pelanggan Setia

Strategi Marketing
Strategi Marketing

1. Strategi marketing membangun komunikasi yang baik

Di atas kita telah menyinggung sedikit terkait menjalin hubungan dan komunikasi dengan konsumen. Hal ini sangat penting untuk Anda bangun karena menjadi kunci sukses sebuah bisnis.

Daripada hanya mempromosikan bisnis Anda, cobalah untuk mengajak konsumen Anda berbicara. Tanyakan kepada pelanggan apa yang mereka butuhkan kemudian berikanlah solusi untuk masalah mereka.

Jika Anda mempekerjakan karyawan untuk mengurusi bisnis, ajarilah mereka bagaimana melakukan komunikasi yang efektif dengan konsumen. Tidak perlu menunggu komplain datang, mulailah dengan memberi solusi terhadap kebutuhan orang banyak.

Pastikan juga seluruh komplain dari pelanggan untuk ditindaklanjuti. Buatlah layanan khusus di media sosial untuk menerima seluruh komplain pelanggan terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Strategi marketing melebihi harapan konsumen

Setiap pelanggan tentunya mengharapkan produk atau layanan yang terbaik. Karena itu Anda harus terus meningkatkan kualitas sebagai nilai jual dari bisnis yang dikelola.

Sederhananya, tips sukses selanjutnya untuk mendapatkan pelanggan setia adalah dengan menjual produk atau layanan diluar ekspektasi. Anda harus meningkatkan kualitas produk atau jasa yang membuat pelanggan Anda berkata “wow”.

Misalnya saja, Anda dapat mengantarkan produk atau memberikan layanan yang lebih cepat dari waktu yang diantisipasi. Dengan memberikan sesuatu lebih awal, maka pelanggan akan merasa senang dengan kejutan tersebut.

Jika Anda mengatakan bahwa produk akan sampai dalam 5 hari, namun secara mengejutkan Anda dapat mengirim produk tersebut dalam kurun waktu 2 hari saja.

3. Meminta feedback

Setiap pelanggan memiliki opini masing-masing terkait produk yang mereka beli bisa bersifat positif ataupun negatif.
Akan tetapi Anda jangan ragu untuk meminta feedback atau pendapat mereka terhadap produk yang Anda jual tersebut. Jangan pernah ragu walaupun konsumen memberikan feedback negatif kepada.

Feedback negatif tentunya dapat menjadi acuan untuk terus memperbaiki produk atau layanan yang ditawarkan. Jangan sampai mengesampingkan feedback negatif serta keluhan dari konsumen.

Dengan adanya feedback Anda dapat melakukan survei serta dapat menjalin hubungan dengan pelanggan. Di artikel lain kami telah membahas bagaimana cara mengubah feedback negatif berbuah profit.

Selain itu dengan adanya feedback Anda dapat memberikan solusi yang lebih spesifik terkait kebutuhan pelanggan. Jika penawaran Anda semakin baik dan memenuhi kebutuhan konsumen, maka bisnis Anda akan mudah berkembang dan sukses.

4. Gunakan platform online

Di era seperti ini teknologi menjadi peranan penting untuk membantu Anda meningkatkan omset bisnis. Sebaiknya untuk tidak gaptek dan Anda mengerti bagaimana cara kerja platform online secara garis besar.

Ada banyak media sosial yang dapat digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan platform tersebut Anda dapat bertanya kepada pelanggan serta menanggapi berbagai pertanyaan mereka.

Mulailah dengan platform yang paling banyak digunakan seperti Facebook, Instagram, channel YouTube, ataupun blog website.

5. Strategi marketing menunjukkan apresiasi

Cara sukses bisnis online selanjutnya untuk mendapatkan konsumen setia adalah dengan mengapresiasi mereka. Anda dapat mengapresiasi konsumen dengan memberikan mereka hadiah kecil sebagai bentuk merchandise.

Pada artikel sebelumnya kami juga telah membahas terkait pentingnya merchandise untuk meningkatkan penjualan.
Merchandise merupakan bentuk apresiasi Anda kepada konsumen yang mendukung bisnis serta menjadi pelanggan setia.

Buatlah konsumen untuk memberikan loyalitas mereka kepada bisnis Anda tanpa menjadikan mereka merasa dirugikan.

Kesimpulan

Cara sukses bisnis online memang tidak sesederhana yang dipikirkan, ada banyak komponen penting yang harus dilakukan. Karena itu sangat penting untuk menyusun strategi marketing untuk mendapatkan loyalitas serta kesetiaan pelanggan.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda untuk dapat meningkatkan omset bisnis. Terima kasih telah membaca artikel ini dan silakan share kepada teman dan keluarga yang membutuhkan.