,

5 Cara Membangun Aset Penting dari Nol

by -6 views
investasi
investasi

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara membangun aset karena tidak memiliki gaji yang yang besar. Padahal sebenarnya untuk membangun aset tidaklah harus memiliki gaji tinggi.

Jika anda mampu menerapkan strategi yang tepat dalam membangun kekayaan, maka tujuan membangun aset dapat diwujudkan dengan gaji seadanya. Karena itu hal pertama yang perlu dilakukan adalah merencanakan strategi pengeluaran dan tabungan setiap bulan.

5 Aturan dalam Membangun Aset Kekayaan

Nah berikut kita akan membahas terkait beberapa aturan penting dalam membangun aset kekayaan. Langsung saja simak pembahasan di bawah ini;

1. Sesuaikan visi keuangan dengan pasangan anda

Cara Membangun Aset Penting dari Nol
Cara Membangun Aset Penting dari Nol

Ini adalah salah satu langkah yang sangat penting untuk dapat membangun aset kekayaan, yaitu menyesuaikan visi keuangan dengan pasangan. Karena banyak orang yang mengalami kegagalan saat membangun aset karena tidak adanya kesesuaian visi dalam mengelola keuangan dengan istri atau suami.

Anda tidak dapat melakukan strategi dan mencapai tujuan keuangan jika hanya seorang diri. Pasangan yang tidak dapat mendukung strategi dan tujuan keuangan, akan menyulitkan anda dalam merealisasikan tujuan.

2. Hindari kebiasaan berhutang

Cara Membangun Aset Penting dari Nol
Cara Membangun Aset Penting dari Nol

Tidak sedikit orang yang mengambil uang pinjaman kemudian membayarnya dengan jangka waktu yang sangat lama. Tentu hal itu bisa menjadi kendala yang sangat berarti dan bisa menghalangi anda untuk membangun aset kekayaan.

Hindarilah kebiasaan untuk berhutang. Pastikan jika anda tidak meminjam uang untuk keperluan sepele dan tidak mendesak. Jangan juga mudah tergiur dengan tawaran dan promo kartu kredit, ataupun berhutang untuk membeli barang-barang konsumtif seperti pakaian.

Bahkan sangat disarankan tidak berhutang untuk dana pendidikan sekalipun. Karena untuk melunasi hutang pendidikan tersebut membutuhkan waktu yang lama bahkan bertahun-tahun.

3. Rencanakan pensiun sejak dini

Cara Membangun Aset Penting dari Nol
Cara Membangun Aset Penting dari Nol

Pensiun bukan hanya untuk pekerja yang telah lanjut usia, akan tetapi di usia muda pun anda dapat merencanakan untuk pensiun. Karena itu persiapkanlah dana pensiun dengan cara melakukan investasi.

Dana pensiun sangat penting untuk direncanakan karena bermanfaat untuk kehidupan anda di masa tua nanti. Dengan adanya dana pensiun anda tidak akan menyusahkan anak-anak dan keluarga nantinya.

Menyiapkan dana pensiun sangat disarankan untuk tidak menggunakan uang, akan tetapi investasikan lah dana tersebut dengan membangun aset ataupun investasi emas. Uang akan mengalami inflasi dan penurunan nilai tukarnya sedangkan aset ataupun investasi emas sangat tahan terhadap inflasi sehingga menguntungkan anda di masa depan nanti.

Jika sekarang Anda berusia 20-an, dalam rentang waktu 10 hingga 15 tahun kemudian, tingkat imbal hasil yang diperoleh bisa sangat optimal.

4. Hidup dengan sederhana dan terus meningkatkan standar hidup

Pengusaha Muda - Optimis
Pengusaha Muda – Optimis

Di usia muda banyak orang menghabiskan uang yang diperoleh dari gaji untuk kesenangan sesaat saja. Mereka tidak memikirkan masa depan dengan hidup berfoya-foya dan bersenang-senang bersama teman.

Hal itu tentunya sangat disarankan untuk dihindari bagi Anda yang yang berencana membangun aset untuk masa depan. Hiduplah dengan sederhana akan tetapi terus berusaha untuk meningkatkan standar hidup.

Memiliki gaya hidup yang terlalu sering berhutang serta berlebihan akan mengurangi dana yang anda miliki. Pastinya hal ini akan menjadi di batu sandung yang membuat Anda sulit membangun aset dari nol.

Mulai saat ini ubahlah kebiasaan bahkan dari hal-hal kecil. Misalnya Anda biasa makan makanan yang mahal, maka cobalah untuk mencari makanan yang lebih sederhana. Berhemat semacam ini memang tidak terasa, akan tetapi dapat memberi dampak besar terhadap akumulasi kekayaan lebih cepat.

5. Jangan mengesampingkan dana pendidikan

Anak-Anak

Aturan penting lainnya saat ingin membangun aset kekayaan adalah dengan tidak mengesampingkan dana pendidikan. Banyak orang yang kesulitan ketika dihadapkan dengan biaya pendidikan anak yang semakin tinggi.

Dana yang awalnya direncanakan untuk membangun asat, bisa saja sewaktu-waktu akan terpakai untuk dana pendidikan jika anda tidak menyiapkan dana tersebut secara khusus. Siapkanlah dana pendidikan sejak dini sebagai tanggung jawab anda ada terhadap anak-anak.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang aturan penting atau cara membangun aset kekayaan sejak dini. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Sukses di Usia 20an, Apakah Bisa Membeli Rumah Sendiri?