5 Cara Memulai Bisnis Bercocok Tanam di Rumah dan Inspirasi Tanaman

by -7 views
cara memulai bisnis bercocok tanam
cara memulai bisnis bercocok tanam

Di masa pandemi seperti ini bercocok tanam di rumah menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain untuk mendapatkan profit tentunya dengan memulai bisnis bercocok tanam di rumah akan memberikan ada waktu untuk berolahraga dan melakukan aktivitas sehat.

Orang-orang yang sebelumnya sibuk dengan hirup pikuk perkotaan, dengan adanya pandemi covid-19, sekarang memiliki waktu yang lebih banyak di rumah. Biasanya mereka bekerja dan menjadikan rumah hanya sebagai tempat istirahat.

Akan tetapi di masa pandemi seperti ini anda dapat mencoba hal baru yaitu bercocok tanam di rumah. Karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas terkait tips bisnis bercocok tanam serta rekomendasi jenis tanaman yang tepat.

Cara Memulai Bisnis Bercocok Tanam di Rumah

Manfaat Hidroponik
Manfaat Hidroponik

1. Mempelajari ilmu soal bercocok tanam

Jika Anda adalah orang yang belum terlalu mengetahui terkait bercocok tanam atau bahkan ini merupakan hal pertama didalam hidup anda, ada baiknya terlebih dahulu mempelajari ilmu terkait pertanian atau bercocok tanam.

Belajar ilmu bercocok tanam tidak harus mempelajari semua jenis tanaman. Cukup bagi anda mengetahui kira-kira jenis tanaman apa yang cocok untuk tempat yang anda miliki. Dari hal tersebut bisa menjadi pondasi bagi anda untuk memulai bisnis bercocok tanam.

2. Bercocok tanam hidroponik atau di tanah basah setidaknya 14 sampai 40 meter

Jika anda memiliki lahan yang cukup luas, kira-kira 14 hingga 40 meter ini bisa menjadi lahan untuk bercocok tanam, pastikan jika lahan tersebut adalah lahan basah yang bagus untuk tanaman.

Atau Anda dapat memilih cara bercocok tanam dengan hidroponik. Pembahasan ini sebenarnya telah kami ulas di artikel lain, terkait;

Bercocok tanam dengan metode hidroponik menjadi salah satu pilihan yang tepat jika anda tinggal di perkotaan dengan lahan yang sempit. Anda dapat bercocok tanam secara maksimal serta menghasilkan menghasilkan value.

Anda dapat memanfaatkan media air dan kapas sebagai metode hidroponik untuk mengganti lahan tanah yang tidak ada.

3. Mempersiapkan peralatan perkebunan

Sebelum membeli bibit tanaman, Anda harus memastikan jika peralatan perkebunan sudah anda miliki. Hal ini sangat penting untuk menunjang aktivitas bercocok tanam agar lebih maksimal.

Karena jika anda terlebih dahulu membeli bibit tanaman, khawatir jika bibit tersebut akan rusak serta kualitasnya menurun. Jika bibit mengalami penurunan kualitas, maka pertumbuhan tanaman tersebut pun akan kurang baik.

Alat-alat yang perlu dipersiapkan antara lain adalah sebagai berikut;

  • Cangkul mini
  • Polybag plastic
  • Pupuk taman
  • Pot penyiraman
  • Alat untuk menyimpan tanaman lain sebagainya

4. Memanfaatkan media sosial untuk kegiatan promosi

Media sosial bukan hanya untuk update status ataupun foto, akan tetapi anda dapat memanfaatkan platform digital ini untuk kegiatan promosi.

Jika tidak ingin mengupdate atau mempromosikan produk tanaman anda di media sosial pribadi, anda dapat membuat akun khusus yang senantiasa mengupload konten-konten serta produk yang terkait bercocok tanam.

Siapapun juga dapat memasarkan produk hasil tanaman atau sekedar memberikan informasi kepada orang lain. Misalnya membagikan informasi terkait bagaimana cara bercocok tanam hidroponik, cara memanen tanaman, dan lain sebagainya.

5. Membangun kerjasama dengan restaurant, rumah makan, dan lain-lain

Jika bisnis bercocok tanam anda telah berkembang dan lancar, tidak ada salahnya untk bekerjasama dengan pihak lain guna mendapatkan hasil maksimal. Anda dapat memasarkan produk hasil cocok tanam untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan.

Biasanya restoran atau hotel di daerah perkotaan menerima produk tanaman hidroponik yang dikelola oleh masyarakat. Karena tanaman hidroponik dianggap memiliki nilai nutrisi yang lebih terjaga dan kualitasnya pun terjamin. Atau Anda juga dapat bekerja sama dengan pemilik toko serta supermarket terdekat dalam pemasarannya.

Jenis Tanaman untuk Memulai Bisnis Bercocok Tanam

cara memulai bisnis bercocok tanam
cara memulai bisnis bercocok tanam

Di atas kita telah membahas cara sukses memulai bisnis tanaman. Nah berikut ini beberapa inspirasi jenis tanaman yang bisa Anda coba;

  • Sawi hijau

Anda dapat menanam sawi hijau serta memanennya dalam rentang waktu 70 hari atau yang terpendek adalah 40 hari.

  • Bayam

Bayam bisa menjadi tanaman sepanjang musim, bahkan waktu panen nya relatif sangat pendek sekitar 1 hingga 1,5 bulan saja.

  • Mentimun

Mentimun juga menjadi rekomendasi jenis tanaman yang cukup menguntungkan dan anda dapat memanennya setelah 35 hari dari masa penanaman bibit.

  • Selada

Selada sangat cocok untuk ditanam dengan metode hidroponik dan tanaman ini dapat dipanen sekitar dua hingga tiga bulan sejak disemai.

  • Kangkung

Tidak ketinggalan tanaman yang dapat tumbuh sepanjang musim adalah kangkung, dan masa panennya pun relatif pendek hanya sekitar 30 sampai 40 hari saja.

Penutup

Demikian pembahasan tentang cara memulai bisnis bercocok tanam serta rekomendasi pilihan jenis tanaman. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk bisa memanfaatkan waktu luang di masa pandemi ini.