,

3 Cara Mengenali Produk Investasi yang Cocok untuk Kebutuhan Anda

by -4 views
Produk Investasi
Produk Investasi

Mengenali produk investasi adalah salah satu hal yang harus dipahami sebelum melakukan investasi. Tentunya Anda harus mengerti mana yang paling pas terhadap kepribadian ataupun finansial yang dimiliki.

Menyesuaikan produk investasi dengan kemampuan finansial bisa menjadi salah satu faktor penentu suksesnya investasi yang dilakukan. Karena itu Anda harus pAndai dan jeli memilih instrumen investasi yang sesuai.

Kesalahan dalam memilih produk investasi sangat berakibat terhadap kurang maksimalnya hasil yang dicapai. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan untuk mengenali produk investasi yang cocok dan menguntungkan?

1. Mengenali Profil Resiko Pada Diri Sendiri

Produk Investasi
Investasi Paling Menguntungkan

Profil risiko setiap individu tentunya berbeda-beda. Kebiasaan, kenyamanan, kecenderungan dan preferensi masing-masing tidaklah sama. Setiap orang memiliki cara mengelola keuangan sendiri dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Setiap orang juga memiliki level dan tingkat toleransi yang berbeda-beda terhadap resiko yang dibawa oleh setiap produk investasi. Inilah yang disebut dengan profil risiko. Ada tiga tipe profile risiko yang perlu diketahui, yaitu:

  • Agresif, ini adalah mereka yang mengharapkan imbalan tinggi karena sudah terbiasa menghadapi risiko yang besar.
  • Moderat, yaitu mereka yang bisa menghandle risiko dengan tingkatan sedang.
  • Konservatif, tipe ini adalah mereka yang memiliki tingkat toleransi yang masih rendah terhadap resiko dari produk investasi.

Dengan memahami beberapa tipe diatas, Anda dapat memilih produk investasi yang sesuai dengan kepribadian. Jika Anda masih berada di tipe konservatif, memilih investasi dengan risiko tinggi akan membuat Anda tidak nyaman dan stress. Sebaliknya jika Anda adalah tipe agresif, melakukan investasi di instrumen risiko rendah menjadi tidak begitu menantang dan Anda menganggap pertumbuhannya sangat lambat.

2. Ketahui tujuan keuangan dan target waktu

Produk Investasi
Ilustrasi waktu

Tentunya setiap produk investasi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sesuai dengan karakter investasi itu. Karena itu ada baiknya Anda harus menyesuaikan tujuan keuangan serta target waktu yang dimiliki.

Misalnya seperti ini, Anda sedang merencanakan untuk membangun dana pensiun. Anda menargetkan untuk pensiun di usia 45 tahun, sedangkan sekarang berusia 25 tahun. Dari hal tersebut kita bisa tahu jika Anda memiliki 20 tahun untuk menyiapkan dana pensiun.

Jika sebelumnya Anda telah melakukan analisis dan perhitungan, bahwa dana pensiun yang harus dimiliki adalah sekian miliar, maka Anda dapat memutuskan produk investasi yang sesuai untuk mencapai tujuan keuangan dalam waktu 20 tahun tersebut.

Nah diatas itu adalah contoh untuk menyesuaikan antara produk investasi serta tujuan keuangan dan waktu yang dimiliki. Tentunya seiap orang memiliki rencana dan tujuan tersendiri, silahkan Anda analisa sendiri dan tentukan tujuan di masa depan.

3. Mengetahui kemampuan finansial

Investasi Paling Menguntungkan
Investasi Paling Menguntungkan

Yang terakhir dan juga menjadi salah satu bagian penting terkait penentuan produk investasi adalah mengetahui kemampuan finansial yang dimiliki. Jangan sampai karena terlalu bersemangat untuk melakukan investasi, Anda menggunakan uang yang seharusnya tidak dipakai untuk itu, atau bahkan meminjam uang yang malah menaikkan risiko kerugian.

Semangat dalam investasi memang bagus akan tetapi hal itu juga perlu direncanakan dengan baik. Anda harus benar-benar menyadari jika investasi adalah sesuatu yang memiliki risiko dibalik keuntungan yang menjanjikan.
Jika Anda tidak memiliki financial backup jangan sekali-kali menggunakan dana darurat atau menggunakan dana lain yang tidak aman.

Idealnya untuk melakukan investasi setiap orang dapat menyisihkan 10% dari penghasilan rutin bulanan. Boleh saja investasi lebih dari itu, tetapi sesuaikan dengan kondisi yang yang Anda jalani. Jangan sampai hanya karena membeli saham menjadikan Anda tidak dapat membeli susu untuk anak.

Kesimpulan

Investasi dianggap menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembangkan harta. Walaupun sebenarnya untuk melakukan investasi membutuhkan skill, kemampuan dan juga pengetahua untuk dapat menghindari berbagai resiko yang bisa saja dialami.

Pelajari bagaimana cara mengelola keuangan serta investasi untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Anda dapat mengikuti berbagai kelas trainer terkait finansial atau dapat membaca buku-buku yang akan menambah wawasan dan pengetahuan Anda terkait hal ini.

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara memiliki memilih produk untuk investasi yang sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 9 Manfaat Investasi untuk Masa Depan