5 Contoh Bisnis Kuliner Sukses dengan Website

by -5 views
5 Contoh Bisnis Kuliner Sukses dengan Website

Kuliner menjadi bisnis yang mampu bertahan di kondisi susah pandemi covid 19. Sebab itulah banyak orang mencari contoh bisnis kuliner sukses untuk dijadikan inspirasi memulai usaha.

Tidak sedikit pengusaha yang sukses serta memperoleh keuntungan besar dari berbisnis kuliner ini. Pasalnya, kuliner merupakan usaha yang berkaitan dengan kebutuhan manusia secara umum. Sehingga tidak heran jika bisnis ini menjanjikan prospek keuntungan yang sangat besar.

Tidak ketinggalan salah satu kunci sukses mereka adalah dengan memanfaatkan fasilitas website untuk menunjang bisnis mereka. Hal ini tentu bisa ditiru terlebih saat pandemi seperti sekarang dimana hampir seluruhnya dikerjakan secara online.

Contoh Bisnis Kuliner Sukses dengan Websitenya5 Contoh Bisnis Kuliner Sukses dengan Website

Beberapa contoh bisnis kuliner sukses di bawah memang tidak akan dibahas secara mendalam. Akan tetapi hal tersebut diharapkan bisa menjadi inspirasi untuk kita semua.

1. Gulu Gulu

Bisnis ini bisa dikatakan sebagai pendatang baru di dalam usaha perkulineran. Akan tetapi brand satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Hal tersebut karena Gulu Gulu pada tahun 2018 pernah memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia. Rekor tersebut karena Gulu Gulu telah berhasil menjual lebih dari 60 lisensi bisnis.

Tentu saja hal tersebut merupakan pencapaian yang sangat hebat. Hal yang lebih unik lagi, ketika license tersebut terjual Gulu Gulu belum meresmikan toko fisik pertama mereka.

Salah satu faktor mengapa mereka bisa sukses adalah karena memiliki website yang menarik. Website dibuat sedemikian rupa untuk menarik perhatian konsumen, mulai dari antarmukanya yang menawan hingga tampilan foto produk yang cantik

Sehingga bisa dikatakan jika website memiliki peranan penting untuk menunjang bisnis kuliner Gulu Gulu.

2. Cafe Brick

Salah satu kafe yang cukup terkenal di daerah Yogyakarta adalah Cafe brick. Cafe ini memiliki desain unik dan bernuansa ala-ala Inggris serta buka selama 24 jam.

Ada begitu banyak menu makanan serta minuman yang disajikan untuk pelanggan. Menu yang tersedia mulai dari makanan asia seperti kwetiau hingga fried rice. Selain itu ada juga menu ala-ala barat, seperti fish and chip, egg benedict, steak dan lain sebagainya.

Cafe Brick juga menggunakan website untuk menampilkan berbagai informasi. Informasi berupa promo, menu, fasilitas, produk, dan juga kontak ditampilkan di website tersebut.

Hal yang lebih menarik lagi adalah, Cafe Brick menawarkan jasa konsultasi. Di mana anda dapat berkonsultasi seputar bagaimana cara membangun cafe serta pengelolaannya.

Nah itu bisa menjadi ide bisnis baru yaitu sebagai jasa pembuatan restoran atau kafe. Sehingga, Cafe brick itu sendiri menjadi portofolio untuk jasa konsultasi mereka.

3. Contoh bisnis kuliner sukses J.Co Indonesia

J.Co juga bisa menjadi contoh bisnis kuliner sukses untuk menginspirasi kita memulai usaha. Bisnis ini hadir sejak tahun 2005 dan telah memuaskan banyak pengunjung dengan berbagai macam jenis camilan.

Beberapa menu yang ditawarkan seperti sandwich, donat dan juga yoghurt. Selain itu terdapat juga varian minum seperti coklat, frappe, kopi dan lain-lain.

Di websitenya, Anda dapat menemukan J.Co bukan hanya perkenalkan diri sebagai tempat kuliner. Akan tetapi, J.Co juga menginformasikan terkait visi dan misinya menggunakan cara yang cukup personal.

Anda dapat menemukan berbagai foto-foto close up terkait pembuatan produk sehingga pengunjung website akan merasa lebih dekat dan spesial. Nah hal tersebut lah yang berusaha dibangun oleh J.Co didalam konten-konten websitenya.

4. Contoh bisnis kuliner sukses Dum dum Thai tea

Bisnis satu ini juga cukup terkenal di dalam perkulineran Indonesia. Sekilas brand ini memang nampak berasal dari Thailand, padahal sejatinya dum dum Thai tea berasal dari Indonesia.

Hal yang lebih hebat lagi dan bisa menjadi inspirasi adalah, dum dum Thai tea telah berhasil melebarkan sayap bisnisnya hingga ke mancanegara. Beberapa negara yang telah di ekspansi seperti Malaysia, Singapura dan juga Thailand.

Tentu saja dum dum Thai tea juga memanfaatkan fasilitas website untuk memperkenalkan bisnis mereka. Di websitenya, dum dum Thai tea memberikan kesan yang simple.

Anda dapat menemukan berbagai macam foto berukuran besar serta sedikit keterangan kuliner yang mereka tawarkan tersebut.

5. Parsley

Contoh bisnis kuliner sukses berikutnya adalah parsley dimana mereka membagi usaha kuliner ke dalam tiga kategori, yaitu resto, bakery peserta food service.

Nah di setiap kategori tersebut parsley memberikan subdomain khusus yang berbeda-beda. Pada setiap halaman kategori yang dibuat itu mereka menyampaikan berbagai informasi serta konten terkait layanannya.

Selain itu, mereka juga tidak sekedar menampilkan foto serta daftar menu. Di websitenya, mereka memberikan berbagai macam konten berfaedah dengan menerapkan strategi inbound marketing.

Tentu ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin memulai usaha kuliner dengan memanfaatkan website.

Penutup

Beberapa contoh bisnis kuliner sukses di atas memang sangat mengandalkan websitenya untuk menunjang usaha mereka. Anda pun dapat meniru apa yang mereka lakukan agar bisa memperoleh keuntungan. Semoga bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Fungsi Website Sebagai Rahasia Sukses UMKM Go Online