5+ Contoh Lengkap Usaha Usaha Mikro Di Berbagai Bidang

by -14 views

Sudah kita ketahui bahwa usaha mikro merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Hal itu karena memang banyak dari tenaga kerja yang berlebih ditampung oleh pengusaha mikro diberbagai kota dan daerah.

Usaha mikro memiliki potensi yang luas dan bisa terus dikembangkan. Nah berikut ini kita akan membahas terkait beberapa contoh terkait bisnis mikro yang bisa menjadi inspirasi kita semua;

6 Contoh Lengkap Usaha Mikro

5+ Contoh Lengkap Usaha Usaha Mikro Di Berbagai Bidang
Contoh Usaha Kecil-kecilan

1. Usaha Mikro Batik Tulis

Indonesia sangat terkenal dengan seni dan kerajinan batik. Masyarakat di dalam atau dari luar negeri banyak yang menggandrungi batik tulis setelah ditetapkan sebagai warisan dunia. Batik tulis ini memiliki prospek yang cerah serta menjanjikan keuntungan jika ditekuni dengan baik.

Untuk bisa sukses di dalam usaha batik tulis anda perlu belajar serta mendalaminya lebih jauh. Cobalah datang ke desa wisata Imogiri untuk belajar bagaimana cara branding dan pemasaran batik tulis. Karena memang batik tulis dari desa Imogiri ini telah sukses dan dikenal banyak orang.

2. Bisnis Dibidang Jajanan Tradisional

Indonesia memiliki banyak sekali makanan tradisional yang lezat dan digemari banyak orang. Jajanan atau makanan tradisional ini menjadi contoh usaha kecil-kecilan yang layak untuk dicoba.

Membuka usaha ini pun dapat berkontribusi untuk melestarikan jajanan tradisional serta dapat menyerap lapangan pekerjaan jika suatu saat nanti usaha anda telah sukses.

3. Usaha Keramik Tanah Liat

Jika anda bermain ke salah satu desa bernama Desa Wisata Panjangrejo di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, anda akan menemukan sentra kerajinan gerabah atau yang biasa dikenal dengan kerajinan tangan dari tanah liat.

Nah ini bisa menjadi contoh usaha yang unik dan potensial serta belum banyak dikerjakan oleh orang.
Di tengah-tengah masyarakat bisnis ini dapat membuat lapangan pekerjaan karena bersifat padat karya.

Walaupun memang untuk bisa membuat kerajinan dari tanah liat dibutuhkan keahlian khusus serta keterampilan yang perlu dilatih dengan waktu lama. Akan tetapi anda bisa belajar dengan pengrajin yang telah berpengalaman untuk membuat kerajinan dari tanah liat ini.

4. Menjual Ayam Potong

Ayam potong memang menjadi kebutuhan konsumsi di seluruh lapisan masyarakat, baik itu di daerah pedesaan ataupun perkotaan. Walaupun dijalankan dengan skala kecil-kecilan, potensi menjual ayam potong ini begitu besar dan menguntungkan.

Anda dapat membeli stock ayam dari peternaknya atau anda sendiri yang beternak dan membesarkan ayam potong.

5. Usaha Mikro Sablon Kaos

Usaha sablon kaos memang sudah ada sejak lama akan tetapi masih memiliki prospek yang cerah. Hal itu memang karena kaos masih dibutuhkan oleh banyak orang.

Untuk memulai usaha sablon kaos dibutuhkan modal yang cukup besar serta keterampilan khusus. Meski demikian, usaha sablon kaos berpotensi besar untuk sukses dan anda bisa memperoleh keuntungan khususnya di masa-masa kampanye pemilihan wakil rakyat.

6. Membuka Toko Sembako

Usaha kecil-kecilan berikutnya yang bisa anda coba adalah membuka toko sembako. Setiap hari orang senantiasa membeli berbagai produk di toko sembako seperti beras, gula, deterjen, pasta gigi sabun mandi dan lain-lain.

Jika konsisten dan tekun menjalankan toko sembako anda dapat memperoleh keuntungan yang relatif besar. Terlebih jika toko sembako anda berlokasi di tempat strategis dan telah dikenal banyak orang.

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait berbagai contoh usaha mikro yang dapat anda coba. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan baca juga pembahasan lain terkait Usaha Mikro Adalah? Pengertian, Izin Usaha Dan Kriterianya