4 Faktor Inilah yang Mempengaruhi Harga Emas

by -7 views
Investasi Paling Menguntungkan
Investasi Paling Menguntungkan

Bagi kaum milenial, investasi emas menjadi salah satu pilihan terbaik karena memiliki berbagai keuntungan. Harga emas yang cenderung stabil menjadikan banyak orang lebih melirik instrument investasi ini untuk masa depan.

Akan tetapi sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, terlebih dahulu ada baiknya anda mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi turun naiknya harga emas. Hal itu sangat berguna agar anda dapat mengambil keputusan yang tepat.

Faktor yang Menjadi Pengaruh Harga Emas

Investasi Emas - Harga Emas
Investasi Emas – Harga Emas

Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga jual beli emas sehingga para pelaku investasi harus mengerti dan memahami hal ini. Lalu mengapa juga harga emas relatif stabil jika dibandingkan dengan investasi lain? Nah berikut ini pembahasannya untuk anda:

1. Tidak terpengaruh inflasi

Jika anda mencari instrumen investasi yang tidak terpengaruh inflasi, tentu pilihan terbaiknya jatuh kepada emas. Pasalnya, ketika terjadi inflasi justru yang terjadi pada emas adalah sebaliknya, harganya menjadi tinggi dan keuntungan bertambah.

Faktor yang menyebabkan hal itu karena melemahnya nilai tukar uang di tengah-tengah masyarakat sehingga mereka memutuskan untuk memilih alat tukar lain.

Inflasi sangat berdampak terhadap nilai tukar uang, dikarenakan peningkatan konsumsi oleh masyarakat. Selain itu tidak lancarnya distribusi barang juga mengambil andil terjadinya inflasi. Atau juga likuiditas pasar yang berlebihan turut mengambil peranan terjadinya spekulasi dan konsumsi.

2. Permintaan dan penawaran pasar

Jika kita melihat tentunya instrumen investasi lain sangat dipengaruhi oleh tingkat inflasi, namun hal itu berbeda dengan emas. Nilai emas justru sangat dipengaruhi oleh tingkat permintaan dan penawaran pasar.

Jika permintaan emas di pasar tinggi maka nilainya pun akan terus naik. Nah pada umumnya, permintaan dan penawaran tersebut selalu stabil sehingga Anda dapat dengan aman melakukan investasi emas.

Karena memang harga atau nilai emas tersebut ditentukan oleh pasar, menjadikan pemerintah tidak dapat memainkan harga emas.

Investasi emas bukan hanya untuk menabung, akan tetapi ini dapat menjadi keuntungan dimasa depan nantinya.

Jika kita melihat sejarah ke belakang, permintaan dan penawaran emas selalu seimbang yang menjadikannya selalu stabil dan tidak mengalami penurunan yang drastis.

3. Produk berbahan emas

Ada banyak produk-produk yang terbuat dari emas. Tentunya hal ini juga menjadi faktor atau hal yang mempengaruhi harga emas. Permintaan emas untuk kebutuhan non perhiasan menjadikan nilai emas di pasaran selalu meningkat.

Selain perhiasan, emas dapat diproduksi menjadi peralatan lain seperti elektronik ataupun untuk kebutuhan medis. Bahkan bahan baku emas yang diperlukan untuk keperluan non perhiasan berkisar 12% dari stok emas dunia.

4. Biaya produksi

Di suatu negara tentunya inflasi menjadi hal yang sangat menakutkan. Pengaruh inflasi sangat berdampak terhadap nilai tukar yang menurun. Yang lebih menakutkan adalah fakta bahwa seluruh biaya produksi melibatkan pertukaran mata uang.

Akibatnya inflasi sangat mempengaruhi modal produksi bagi setiap perusahaan. Akan tetapi tentu berbeda dengan emas, justru ketika inflasi produksi emas tetap stabil.

Konsumen tidak perlu khawatir terhadap inflasi yang akan meningkatkan nilai produksi pada emas. Biaya produksi tersebut sama sekali tidak akan menaikkan harga emas di pasaran. Itulah mengapa banyak orang lebih memilih investasi dengan instrumen emas karena terbukti aman dan menguntungkan.

Nah dari beberapa faktor tersebut yang mempengaruhi harga emas, tentunya menjadikan Anda mulai paham mengapa nilai emas relatif stabil. Selain itu sebenarnya masih banyak lagi keuntungan melakukan investasi emas, salah satunya adalah perawatan dan penyimpanan emas cenderung mudah.

Bentuk emas yang memang solid menjadikannya dapat bertahan lama. Jual beli emas pun hingga sekarang masih sangat lancar dan terus meningkat permintaannya di pasar. Anda dapat membeli ataupun menjual emas dengan mudah di toko-toko perhiasan yang telah memiliki izin resmi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas. Emas sangat cocok untuk dijadikan instrumen investasi jangka panjang karena dapat bertahan lama serta tahan terhadap inflasi.

Walaupun jika emas mengalami penurunan harga, setidaknya nilai jual emas akan tetap sama ketika anda membelinya. Nah semoga pembahasan ini bermanfaat untuk kita semua, dan baca juga artikel lain terkait Investasi Emas, Jadikan Rupiah Anda Bernilai Emas dengan “Dinaran”