,

5 Hal yang Harus Dihindari ketika Membangun Usaha Kecil-Kecilan

by -5 views
5 Hal yang Harus Dihindari ketika Membangun Usaha Kecil-Kecilan

Membangun usaha kecil-kecilan memang mudah dilakukan dan bisa dikerjakan oleh siapapun. Akan tetapi untuk bisa sukses dalam membangun usaha dengan skala kecil tentu dibutuhkan kerja keras serta perencanaan yang tepat.

Bisnis dengan skala kecil bukan tanpa resiko yang bisa datang kapan saja. Karena itu pada artikel sebelumnya kita telah membahas terkait resiko dan keuntungan dari memulai bisnis dengan skala kecil.

Pada artikel ini kita akan membahas terkait beberapa hal yang perlu dihindari jika ingin sukses dan memperoleh keuntungan. Lalu apa saja hal-hal yang harus dihindari tersebut? Simak pembahasannya dibawah ini hingga selesai.

Hindari Ini ketika Membangun Usaha Kecil-Kecilan

5 Hal yang Harus Dihindari ketika Membangun Usaha Kecil-Kecilan

1. Usaha Kecil-Kecilan dengan Rencana yang Tidak Jelas

Bisnis yang dibangun dengan skala kecil bukan berarti tidak memerlukan rencana. Justru, bisnis ini memiliki resiko bangkrut yang lebih besar karena terkendala dengan modal awal yang minim.

Itulah dibutuhkan perencanaan yang matang agar bisnis dapat survive dan berkembang jadi lebih besar. Strategi yang perlu direncanakan adalah terkait tujuan jangka pendek, tujuan jangka panjang serta hal-hal lain yang mendukung perkembangan bisnis.

Cobalah untuk menyusun rencana jangan membayangkan apa yang ingin anda capai terkait waktu kedepan. Apakah anda akan membuka cabang di daerah lain atau tidak.

Atau anda juga dapat merencanakan lokasi yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi.

2. Usaha Kecil-Kecilan namun Tidak Berani Investasi Iklan Berbayar

Iklan berbayar seperti Facebook Ads ataupun Google Ads telah terbukti ampuh dapat meningkatkan omset penjualan. Sayangnya banyak orang yang tidak berani investasi menggunakan iklan berbayar semacam ini.

Banyak orang hanya menggunakan traffic gratisan dengan memanfaatkan sosial. Padahal jika ingin tumbuh lebih cepat dan besar, bisnis anda perlu menginvestasikan sebagian modal untuk promosi menggunakan iklan berbayar.

Dengan iklan berbayar anda dapat menjangkau puluhan bahkan ratusan juta calon buyer yang siap membeli produk anda di seluruh dunia.

3. Hanya Bersikap Pasif

Bersikap pasif terhadap bisnis akan menjadikan usaha anda tertinggal oleh kompetitor. Dunia ini terus berputar dan bergerak, mereka yang hanya berdiam diri akan tertinggal dan lambat laun akan tersingkir dari persaingan.

Berdiam diri dan hanya menunggu datangnya pelanggan, tentu bukanlah sifat pebisnis yang handal. Cobalah untuk menjalin relasi serta berinteraksi dengan pengusaha lain, calon pelanggan ataupun rekan kerja.

Seperti pada pembahasan pada poin di atas, yaitu terkait tentang penggunaan platform iklan berbayar, hal tersebut juga menjadi bagian sikap aktif untuk mencari konsumen. Karena itu beranilah untuk mengambil tindakan diluar ekspektasi banyak orang.

4. Tidak Melakukan Inovasi

Selain bersikap pasif, tidak melakukan inovasi juga menjadi kendala di dalam membangun usaha kecil-kecilan. Memang setiap bisnis selalu mengalami turun naik dari waktu ke waktu, karena itu untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan inovasi dan kreasi untuk menjawab respon pasar terhadap perubahan.

Anda dapat melakukan inovasi dan kreasi terkait kemasan baru, strategi pemasaran, menu baru dan lain-lain.

5. Usaha Kecil-Kecilan Kurangnya Promosi

Promosi sangat dibutuhkan oleh bisnis apapun yang ingin grow up. Terlebih jika anda berbisnis dengan basis online.

Usaha secara offline ataupun online dibutuhkan promosi yang efektif untuk dapat menjaring konsumen lebih luas. Sangat disayangkan jika produk yang anda jual memiliki kualitas baik namun tidak banyak orang yang mengetahui.

Di era sekarang ini anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk menambahkan gimmick-gimmick promosi seperti diskon, produk gratis atau lain-lain.

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait beberapa hal yang harus dihindari ketika anda memulai usaha kecil-kecilan. Hal-hal di atas perlu untuk anda jauhi agar bisa sukses dan memperoleh keuntungan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Usaha Kecil-Kecilan untuk Pemula di Bidang Bisnis Online dan Makanan