,

5 Hal yang Harus Dipahami Ketika Membuka Bisnis Startup

by -6 views
Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan
Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Seiring dengan perkembangan zaman, di Indonesia sekarang ini sudah muncul berbagai bisnis startup yang mencoba peruntungan. Merujuk dari bahasa Inggris, startup adalah perusahaan rintisan yang baru memasuki fase pengembangan. Startup biasanya belum memiliki pangsa pasar dan masih terus berusaha berkembang.

Akan tetapi, belakangan ini startup lebih identik dengan bisnis yang berkutat pada dunia internet dan teknologi. Seperti beberapa startup yang sudah sukses yaitu, Gojek, Traveloka, Bukalapak dan lain sebagainya. Lalu apa saja tips untuk startup pemula? Simak informasinya berikut ini:

Mencari Ide dari Tren atau Keresahan

Bisnis Startup
Bisnis Startup

Tips yang sangat mendasar untuk membangun startup adalah berasal dari tren atau keresahan orang-orang disekitar. Temukanlah tren atau keresahan yang menjadi masalah di tengah masyarakat. Seperti startup Gojek yang menemukan ide untuk membuat transportasi online sebab keresahan akan kemacetan di Jakarta.

Kendaraan roda empat tentunya tidak bisa menerobos kemacetan parah. Yang bisa menerobos adalah kendaraan roda dua alias motor. Karena itu, Go-Jek menyempurnakan layanan nya dengan menawarkan jasa ojek online yang sekarang sangat populer. Berangkat dari hal itu, kita bisa belajar untuk membuat inovasi dari tren dan keluhan masyarakat agar startup bisa sukses.

Melakukan Analisa

Bisnis Startup
Bisnis Startup

Jika anda telah menemukan tren dan keresahan masyarakat, sekarang saatnya anda melakukan analisis mendalam terkait hal itu. Anda harus mengetahui bagaimana reaksi pasar jika anda membuka usaha tertentu, apakah akan diterima atau dianggap sebelah mata oleh orang. Ketahui juga siapa pangsa pasar bisnis anda dan bagaimana tingkat persaingannya.

Misalnya untuk perusahaan ojek online, maka anda harus menganalisis seberapa besar prospek penggunanya nanti. Selain itu dengan menganalisa juga anda dapat mengetahui besaran biaya atau tarif yang bisa diterapkan di dalam jasa ojek online. Ketahui juga bagaimana kompetitor memberikan layanan, dan anda harus bisa menawarkan layanan terbaik untuk konsumen.

Menyusun Rencana dan Tujuan

Memulai Bisnis Modern
Memulai Bisnis Modern

Langkah selanjutnya adalah menentukan rencana dan tujuan bisnis anda, karena tanpa hal itu sangat sulit untuk start up bisa sukses. Ini sangat penting sekalipun anda memulai bisnis dari tahap yang sangat kecil, semuanya harus memiliki timeline yang jelas dan terperinci. Buatlah rencana sesuai dengan kemampuan, jangan membuat target terlalu tinggi.

Rencana yang terjadwal dalam waktu tertentu akan membantu anda untuk menyusun bisnis lebih baik lagi. Ketimbang membuat rencana yang tidak jelas dan dipaksakan, hal itu akan membuat bisnis anda sulit untuk berkembang dan bisa-bisa mengalami kemunduran. Kuncinya adalah menyusun rencana yang jelas dan bisa dipahami oleh anda atau calon investor.

Membangun Tim yang Kuat

Bisnis Startup
Bisnis Startup

Jika bisnis startup anda masih dalam skala kecil mungkin tidak membutuhkan banyak orang yang terlibat, terapi tentu anda menginginkan jika startup yang dirintis tersebut bisa berkembang lebih jauh lagi. Karena itu perlu mengajak orang untuk terlibat di dalam startup yang anda kelola. Dalam hal ini anda perlu membentuk tim yang solid dan bisa saling membantu.

Carilah rekan yang memang memiliki visi dan misi yang sesuai dengan anda. Rekan yang baik adalah mereka yang bisa saling bertukar pikiran dan membantu memberikan solusi dalam berbagai persoalan. Baca artikel tentang tips memilih rekan bisnis yang tepat di sini

Membuat Budaya dan Sistem Kerja Positif

Bisnis Modern
Bisnis Modern

Nah sekarang setelah anda berhasil membangun startup dan menemukan tim yang solid saatnya membuat budaya kerja yang positif. Jika ingin menjadi atasan yang baik dan memiliki rekan yang loyal, yang harus anda lakukan adalah jangan menganggap rekan anda sebagai karyawan. Tapi anggaplah mereka rekan dan sahabat sendiri.
Ajarkan kepada mereka budaya kerja yang positif dengan cara-cara yang halus dan bijak. Jangan menampakkan sifat otoriter dan suka marah, hal itu hanya akan membuat rekan kerja anda bosan dan tidak menyukai bisnis anda.

Penutup

Demikianlah informasi tentang hal-hal yang harus dipahami ketika ingin memulai bisnis startup. Selain hal di atas masih banyak lagi komponen lain agar bisnis startup anda bisa berkembang pesat. Terima kasih telah membaca artikel ini dan silahkan share kepada keluarga dan teman-teman anda.