, ,

5 Ide Bisnis Online Mahasiswa dengan Modal Kecil

by -6 views
Ide bisnis online
Ide bisnis online

Ide bisnis online semakin lama semakin beragam. Apalagi perkembangan teknologi membuat seseorang dengan mudah mendapatkan bisnis yang sesuai termasuk bisnis mahasiswa. Semakin banyak mahasiswa yang ingin mencicipi jadi pengusaha.

Jika kamu ingin mencoba bisnis untuk mahasiswa, pastinya coba bisnis dengan modal kecil. Tentunya yang termudah adalah melakukan bisnis online. Berikut contoh bisnis kreatif mahasiswa yang bisa dilakukan dengan modal kecil.

Ide bisnis online
Ide bisnis online mahasiswa

1.Ide Bisnis Online Menjadi Penerjemah

Teknologi membuat kamu bisa terhubung dengan banyak orang termasuk orang di luar negeri. Nah, kamu bisa menjual jasa sebagai translator dari bahasa asing ke Indonesia begitu pula sebaliknya. Bisnis ini juga cocok bagi kamu yang menguasai bahasa asing lainnya seperti Mandarin atau Jepang.

Sekarang sudah banyak loh situs yang menghubungkan para translator dengan klien. Kamu bisa langsung mendaftarkan ke situs tersebut dan menawarkan jasa. Pastinya banyak perusahaan di luar negeri yang membutuhkan jasa satu ini. Apalagi kamu tak butuh modal untuk menjalankan bisnis untuk mahasiswa.

Selain secara online, kamu juga bisa menyediakan jasa ini secara offline. Beberapa mata kuliah mungkin memakai buku panduan dari luar alias berbahasa asing. Hal ini bisa jadi peluang bagi kamu yang bisa melakukan terjemahan.

Ide bisnis online
Ide bisnis online mahasiswa

2.Ide Bisnis Online, Jasa Titip Atau Jastip

Kamu yang tinggal di luar kota atau luar negeri bisa memanfaatkan jasa titip atau jastip. Misalnya kamu tinggal di Jogja dan ingin kembali ke kota asal. Kamu bisa membuka jasa titip oleh-oleh khas Jogja. Atau kamu juga bisa mengirimkannya dengan ekspedisi.

Ide bisnis online ini termasuk salah satu bisnis kekinian yang menjanjikan karena kamu hanya membelanjakan barang yang dipesan. Contoh lain misalnya ada beberapa bazzar buku atau kosmetik murah di kotamu. Kemudian kamu bisa menyediakan jasa titip bagi orang yang tak bisa datang.

Kamu bisa memberikan uang jasa pada setiap barang yang dibeli. Besarnya pun beragam mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu per barangnya. Kamu bisa menjajakan bisnis mahasiswa ini melalui media sosial. Dengan begitu orang akan dengan mudah menemukan kamu sebagai pemberi jasa.

Ide bisnis online
Ide bisnis online mahasiswa

3.Menjadi dropshipper

Ingin berjualan dengan sistem online shop tapi tidak punya barang dagangan? Nah kini tak perlu khawatir sebab sekarang semua bisa menjadi pedagang dengan cara dropship. Kamu cukup mencari supplier yang menjual aneka barang dan menjualnya kembali dengan harga yang dinaikkan.

Kamu tinggal memilih barang apapun dengan harga beragam.Tapi sebaiknya kamu menjual barang yang dibutuhkan mahasiswa misalnya baju atau tas. Dengan begitu kamu juga bisa memasarkan pada teman-teman di kampus. Selain itu, kamu juga perlu membuka akun media sosial untuk memasarkan barang dagangan.

Kamu juga bisa membuka toko di berbagai e-commerce misalnya Tokopedia. Jangan lupa masukkan gambar dan caption yang menarik supaya banyak pelanggan yang membeli. Selain itu, kamu juga perlu memastikan deskripsi produk juga tepat supaya pelanggan lebih mantap saat membeli produk milikmu.

Ide bisnis online
Ide bisnis online mahasiswa

4.Menjual Jasa Nulis dan Design

Sebagai mahasiswa tentunya kamu mungkin punya skill atau jasa yang bisa ditawarkan untuk orang lain. Beberapa jasa yang mungkin bisa jadi ide bisnis online adalah design grafis dan menulis. Jika kamu jago design, kamu bisa menawarkan jasa untuk mendesign poster, logo dan lain-lain untuk usaha kecil di sekitarmu.

Begitu pula dengan menulis. Kamu bisa menawarkan jasa menulis untuk perusahaan atau web jualan. Biasanya mereka membutuhkan review atau tulisan mengenai produk yang dijual. Bahkan beberapa online shop juga membutuhkan orang yang bisa menulis caption produk untuk di media sosial.

Kedua ide bisnis online ini sama sekali tidak membutuhkan modal. Kamu hanya cukup bermodalkan laptop. Setelah itu, coba  mendaftarkan diri ke berbagai situs freelance sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Terakhir, cobalah membuat media sosial untuk menampilkan portfolio pekerjaanmu.

Ternyata banyak ya bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu lakukan tanpa perlu modal besar. Intinya adalah sabar dan tetap terus berusaha. Untungnya mungkin awalnya sedikit. Tapi jika tekun kamu akan bisa mengembangkan bisnis kemana-mana. Bahkan banyak para pengusaha muda sukses yang merintis bisnisnya sejak mahasiswa.