,

5 Ide Bisnis yang Diuntungkan Saat Nilai Rupiah Melemah

by -12 views
Indonesian Rupiah
Indonesian Rupiah

Akhir-akhir ini nilai tukar rupiah terhadap dollar sering sekali melemah dan merugikan banyak pihak. Akan tetapi ternyata ada ide bisnis yang malah diuntungkan dengan melemahnya nilai tukar rupiah ini. Nah tentu bisnis ini bisa menjadi pilihan untuk anda di tengah rupiah yang sering melemah.

Lalu apa saja pilihan bisnis yang menguntungkan? Jika anda penasaran, silahkan simak informasinya berikut ini.

Ide Bisnis Eksportir Ikan Segar

ikan patin - peluang usaha
ikan patin – peluang usaha

Usaha pertama yang mendampaka dampak positif di tengah melemahnya rupiah adalah para pelaku eksportir ikan segar. Lalu bagaimana bisa hal itu terjadi? Sebenarnya dengan turunnya nilai rupiah membuat produk di luar negeri menjadi lebih murah, kemudian akan menyebabkan daya beli konsumen semakin meningkat.

Salah satu yang mendapat dampak kebakaran order adalah pelaku eksportir ikan segar ini. Biasanya para pelaku eksportir akan menjual ikan tongkol, tuna, gabus, salem, kerapu, kakap merah dan lain sebagainya. Nah jika anda pandai mengambil kesempatan maka peluang ini sangatlah menguntungkan, terlebih disaat nilai rupiah yang seperti sekarang.

Eksportir Limbah Laut

Ide Bisnis
Ide Bisnis

Pernahkah anda mendengar pedagang limbah laut? Sebenarnya usaha ini bukan berarti benar-benar menjual limbah yang sudah tidak terpakai. Limbah laut disini merujuk kepada pengertian cangkang kepiting, kerang laut, karang dan lain sebagianya. Usaha ini sangat menjanjikan karena memang Indonesia sangat kaya akan hal itu.

Anda bisa menjadi eksportir limbah laut dan mendapatkan keuntungan yang lebih ketika nilai rupiah turun. Walaupun kelihatannya limbah seperti ini tidak berguna, namun fakta menunjukkan jika masih banyak manfaat yang bisa diambil dari limbah laut. Limbah seperti ini bisa dibuat souvenir, kerajinan tangan, perhiasan dan lain sebagainya.

Ekspor Hasil Pertanian

Ide Bisnis
Ide Bisnis

Apakah anda seorang petani, atau berencana membuka usaha pertamina? Jika iya, maka anda perlu bersyukur karena jenis usaha ini termasuk yang diuntugnakan ketika nilai tukar rupiah melemah. Terlebih untuk bercocok tanam di Indonesia sangat menjanjikan karena memang tanah kita disebut sebagai negara agraris.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di Indonesia, seperti jagung, kacang-kacangan, sayuran, tembakau, rempah-rempah, kelapa sawit, pohon karet, padi dan lain sebagianya. Dengan banyaknya jenis tanaman yang bisa tumbuh, tentu menjadi kelebihan tersendiri supaya anda bisa memilih tanaman apa yang cocok dibudidayakan di daerah anda.

Eksportir Olahan Ikan

Ide Bisnis - Olahan Ikan
Ide Bisnis – Olahan Ikan

Ide bisnis yang bisa anda coba ketika nilai tukar rupiah melemah salah membuka usaha olahan ikan yang dikirim ke luar negeri. Peluang bisnis ini sangat menjanjikan, hal itu karena untuk mendapatkan bahan pokok pembuatan olahan ikan ini sangatlah mudah. Indonesia sangat kaya akan hasil tangkapan laut karena sebagai negara kepulauan.

Belakangan ini banyak olahan ikan yang bisa dikirim ke luar negeri, misalnya bandeng presto, bakso, sosis ikan, nugget, abon ikan hingga terasi dan ikan asing. Dengan dibuat olahan seperti ini maka anda dapat mengawetkan ikan dan bisa bertahan lama sehingga meminimalisir resiko kerugian.

Eksportir Ikan Hias

bisnis ikan hias

Siapa bilang jika ikan yang bisa diekspor hanya ikan konsumsi saja? Faktanya, anda pun dapat memulai usaha eksportir ikan hias yang sangat menguntungkan terlebih saat nilai rupiah melemah. Walaupun sebenarnya nilai ekspor ikan hias tidak sebesar ikan segar dan olah ikan, akan tetapi usaha ini patut untuk anda coba. Bahkan banyak orang yang sukses dalam usaha ini, baca kisah Nicholas Kurniawan, Pengusaha Muda yang Sukses dari Bisnis Ikan Hias

Mengingat biota ikan di Indonesia sangat banyak dan beragam, hal ini membuat banyak orang mancanegara tertarik untuk memiliki biota-biota laut kita. Karena itu, bisnis eksportir ikan hias ini mempunyai prospek cerah dan menjanjikan kedepannya. Bahkan menurut Dewan Ikan Hias Indonesia (DIHI) menyebutkan jika nilai ekspor ikan hias di Indonesia mencapai puluhan juta Dolar Amerika.

Penutup

Nah demikian ide bisnis yang menguntungkan ketika nilai tukar rupiah melemah. Kamu bisa mencoba peruntungan dengan membuka usaha-usaha yang telah disebutkan diatas. Semoga artikel terkait ide bisnis ini bermanfaat untuk anda dan membuat pandangan baru terkait dunia eksportir.