5+ Ide Usaha Mikro Kecil Dan Menengah

by -7 views
Contoh Usaha Kecil-Kecilan Untuk Pemula Menawarkan Barang

Usaha mikro kecil dan menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM adalah salah satu penggerak ekonomi nasional. UMKM menyumbang PDB Indonesia hingga mencapai angka 60,34% di tahun 2017.

Dengan persentasi angka sumbangan PDB dari UMKM tersebut, itu berarti UMKM merupakan sektor yang penting dan harus diperhatikan. Nah jika Anda ingin memulai usaha UMKM, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui peluang bisnis apa yang menguntungkan.

6 Ide Usaha Mikro Kecil dan Menengah

7 Ide Usaha Mikro Kecil Dan Menengah

1. Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bidang Fashion

Fashion adalah produk yang cukup potensial untuk memperoleh keuntungan besar, terutama jika Anda mampu menjalankan bisnis ini secara online.

Menurut sebuah sumber, The Jakarta Post, ketika berbelanja online banyak orang mengincar produk-produk fashion. Lingkup industri fashion ini begitu sangat luas, Anda dapat memulainya dengan memproduksi atau menjual baju, celana, sepatu dan aksesoris.

2. Skin Care

Pilihan lain ketika ingin memulai usaha mikro kecil dan menengah adalah memproduksi atau menjual skin care. Di Indonesia sendiri industri skin care memiliki prospek yang cerah.

Tahun 2017 industri kosmetik ini mengalami pertumbuhan sebanyak 20% menurut laporan Kementerian Perindustrian. Dan perlu diketahui bahwa 95% ternyata industri kosmetik Indonesia didominasi oleh perusahaan kecil dan menengah.

Cakupan pemasaran produk skin care ini tidak hanya untuk kaum wanita, Anda juga dapat menyasar kaum laki-laki sebagai target pemasaran produk kosmetik.

3. Perlengkapan Bayi

Sekilas usaha memproduksi atau menjual perlengkapan bayi terbilang biasa-biasa saja. Nama jika kita melihat hasil riset dari Sigma Research Indonesia , menunjukkan bahwa pasar produk perlengkapan bayi memiliki nilai 88,1 triliun rupiah di tahun 2017.

Dengan hasil riset di atas, menunjukkan bahwa prospek menjual dan memproduksi perlengkapan bayi ini sangat potensial dan menguntungkan. Anda dapat memulai usaha kecil dan menengah menjual berbagai produk bayi seperti botol susu, mainan bayi, perlengkapan mandi, pakaian, sepatu bayi dan lain sebagainya.

4. Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bidang Furniture

Di dunia maya bisnis furniture memang tidak sebegitu populer seperti halnya bisnis lain. Akan tetapi prospek bisnis furniture ini tetap tidak bisa dipandang sebelah mata pasalnya bisnis ini telah menyumbang 16,9% omzet E-commerce Indonesia di tahun 2017.

Saat ini Anda tidak perlu datang ke toko offline untuk membeli furniture yang diinginkan. Karena Anda pun dapat mencari furniture dan membelinya secara online. Atau pelanggan dapat melihat berbagai furnitur yang tersedia secara online kemudian membelinya di toko fisik.

5. Kuliner

Bisnis kuliner memang terus tumbuh ke arah yang positif. Bayangkan, di Indonesia sendiri bisnis kuliner ini memiliki dampak yang besar terhadap perekonomian Indonesia karena telah menyumbang 41,40% produk domestik bruto ekonomi kreatif Indonesia .

Pertumbuhan bisnis kuliner ini terus ditunjang dengan perkembangan teknologi layanan pesan antar seperti Go-food dan Grab Food. Karena itu Anda pun dapat memasarkan produk kuliner secara online dan menjangkau konsumen lebih luas lagi.

6. Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bidang Digital Marketing Agency

Dengan berkembangnya platform internet menjadikan banyak orang sadar betapa pentingnya menguasai ranah digital untuk pemasaran produk. Karena itu peluang usaha digital marketing agency memiliki prospek yang cerah dan menguntungkan di masa depan.

Untuk Anda yang mengerti terkait dunia periklanan seperti Google Ads, Facebook Ads serta Search Engine Optimization (SEO), maka ini bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Menjalankan digital marketing untuk meningkatkan omset perusahaan sangatlah potensial dan sudah seharusnya dilakukan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Penutup

Demikian pembahasan tentang beberapa ide usaha mikro kecil dan menengah yang bisa Anda coba. Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan baca juga artikel lain terkait Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kecil Menengah (UKM)