5 Indikator Kesuksesan Bisnis Online, Apa Sajakah Itu?

by -7 views
5 Hal yang Harus Dihindari ketika Membangun Usaha Kecil-Kecilan

Kesuksesan dalam bisnis online tentu sangat dipengaruhi oleh kerja keras, kerja cerdas serta gigih. Bahkan kita sering mendengar pepatah yang berbunyi “tidak ada usaha yang menghianati hasil”.

Sangat sulit menggapai kesuksesan jika tanpa bekerja keras. Karena memang dibalik setiap kemudahan pasti selalu ada kesusahan di belakangnya.

Nah jika anda telah memulai bisnis dan sedang memperjuangkannya, tentu anda perlu mengetahui indikator dari kesuksesan bisnis yang anda bangun. Berikut ini adalah beberapa indikator yang bisa menjadi patokan apa bisnis apakah telah sukses atau belum.

5 Indikator Kesuksesan Bisnis Online

Cari Bisnis Online Gratis Lewat HP? Ini Rekomendasinya

1. Volume Penjualan Bisnis Online

Volume penjualan menjadi hal yang pertama menjadi indikator kesuksesan bisnis. Jika setiap bulan atau bahkan setiap harinya, penjualan produk terus meningkat serta berjalan dengan lancar, tentu ini menjadi berita baik terkait bisnis anda.

Dari data penjualan ini anda dapat menganalisa terutama untuk jasa atau produk yang kurang laku atau sebaliknya produk yang menjadi best seller. Lakukanlah evaluasi serta putuskan pilihan terbaik untuk memajukan bisnis online.

2. Menigkatnya Pelanggan

Dalam berbisnis konsumen menjadi hal yang bisa menjadi indikator kesuksesan. Dengan meningkatnya penjualan tentu ini berbanding lurus dengan banyaknya konsumen yang membeli.

Cobalah untuk menyortir konsumen dengan memisahkan konsumen lama dan konsumen baru. Lakukan juga analisa terkait bagaimana mereka bisa tertarik dengan produk yang dijual.

Selain itu anda juga dapat menanyakan kepada konsumen dari mana mereka mengetahui bisnis anda, apakah dari surat kabar, sosial media, iklan, website dan lain-lain.

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas anda dapat menggali informasi yang penting agar dapat lebih efektif mengambil keputusan terhadap bisnis.

3. Mencapai Break Even Point

Indikator selanjutnya yang bisa dianalisa adalah terkait break even point. Ini menjadi indikator perkembangan bisnis, apakah bisnis anda telah mencapai batas balik modal atau juga disebut dengan titik impas.

Paling tidak pengeluaran serta pemasukan harus seimbang di dalam dunia bisnis. Di awal masa perintisan bisnis yang dibangun harus seimbang agar tidak merugi dalam waktu yang lama.

Jika telah mencapai break even point, ini menunjukkan bahwa bisnis anda sesuai dengan visi. Di tahap ini pemilik usaha memang belum memperoleh keuntungan setiap bulannya.

Setelah anda melewati batas titik impas ini, barulah kemudian bisnis bisa dikatakan sukses dan mendatangkan keuntungan.

4. Penghasilan

Tentu saja penghasilan bisa menjadi indikator sukses bisnis online. Setidaknya penghasilan yang diperoleh dapat membiayai hidup.

Jika sebelumnya, ketika bisnis masih berada dibawah titik impas, anda harus berjuang dengan pemasukan seadanya. Setelah melalui perjuangan yang keras, bisnis pun tumbuh dan menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk biaya hidup.

Pada tahap ini pemilik usaha sudah dapat memperoleh gaji atau income untuk dirinya namun belum memperoleh profit real.

5. Memperoleh Profit Real

Nah yang terakhir dari indikator kesuksesan bisnis online adalah memperoleh profit real. Dalam tahap ini bisnis yang dibangun tidak hanya untuk menutupi kebutuhan perusahaan melainkan juga memberikan profit yang jelas.

Profit real dapat diartikan sebagai uang tunai yang tersisa setelah pemilik usaha membayar semua kewajiban seperti gaji karyawan, biaya operasional dan lain-lain.

Pada tahap ini juga bisnis yang dibangun tidak hanya memberikan gaji kepada anda, tetapi juga dapat mengembalikan segala sesuatu yang anda korbankan.

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait beberapa indikator kesuksesan bisnis online. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 7+ Produk Bisnis Online Yang Laris Di Pasaran