5 Jenis Usaha Peternakan yang Mudah Dikembangkan Saat Covid 19

by -4 views
5 Jenis Usaha Peternakan yang Mudah Dikembangkan Saat Covid 19

Jenis usaha peternakan merupakan bisnis yang banyak dikerjakan oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut karena memang Indonesia mempunyai lahan yang sangat luas dan subur sehingga cocok untuk berbagai jenis ternak.

Usaha peternakan memang membutuhkan keterampilan tersendiri untuk bisa sukses. Pasalnya bisnis ini berkaitan dengan makhluk hidup sehingga anda perlu memberikan perhatian lebih.

5 Ide Jenis Usaha Peternakan yang Mudah Dikembangkan

5 Jenis Usaha Peternakan yang Mudah Dikembangkan Saat Covid 19

Di bawah ini kami telah merekomendasikan usaha peternakan yang mudah dikembangkan di Indonesia:

1. Usaha ternak ayam

Salah satu hewan unggas yang cukup terkenal di Indonesia adalah ayam. Ada begitu banyak jenis makanan dan masakan Indonesia yang dibuat dengan bahan dasar ayam pedaging.

Bukan hanya dagingnya, ayam juga dapat menghasilkan telur untuk dikonsumsi. Kebutuhan akan telur memang cukup tinggi karena ini merupakan sumber protein dan banyak diolah untuk berbagai jenis makanan.

Dengan melihat potensi tersebut, maka prospek berbisnis ayam, baik itu ayam pedaging atau petelur, sangatlah menguntungkan.

Untuk memulai bisnis peternakan ayam tidak perlu modal dan biaya yang besar. Anda dapat menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

Keuntungan lainnya adalah, beternak ayam relatif lebih cepat dalam proses perkembangannya. Sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan dalam hitungan bulan saja.

2. Jenis usaha peternakan kambing

Ada dua jenis peternakan kambing, pertama adalah breeding dan kedua penggemukan. Breeding adalah ternak kambing khusus pada perkembangbiakan saja.

Adapun jenis penggemukan sesuai dengan namanya, merupakan ternak kambing khusus penggemukan saja.

Jika anda ingin cepat memperoleh keuntungan maka dapat mencoba usaha ternak kambing penggemukan. Anda dapat membeli bibit kambing dengan usia muda lalu pelihara hingga besar.

Jika telah besar dan gemuk, maka kambing dapat dijual dengan harga 3 hingga 4 kali lipat dari harga modal.

Kambing memiliki potensi keuntungan yang tinggi terlebih disaat hari raya Idul Adha. Pada momen tersebut harga kambing biasanya akan melambung tinggi.

Dengan begitu, Anda dapat memulai beternak kambing jauh-juah sebelum Idul Adha.

3. Jenis usaha peternakan ikan lele

Lele juga menjadi jenis usaha peternakan yang mudah untuk dikerjakan. Berbeda dengan usaha ternak ayam, ternak lele juga merupakan bisnis yang telah dikenal banyak orang.

Terlebih saat pandemi covid 19 seperti sekarang, Anda dapat memulai usaha ini untuk memperoleh penghasilan. Memulai ternak lele pun dapat dengan modal kecil serta dengan perawatan yang tidak terlalu rumit.

Anda dapat memanfaatkan lahan kecil untuk membuat kolam dengan ukuran tertentu. Tidak harus menggali tanah untuk membuat kolam, tetapi Anda dapat membuat kolam timbul dengan menggunakan besi dan terpal khusus.

Di YouTube ada begitu banyak tutorial bagaimana cara memulai ternak lele dari pengusaha yang telah sukses. Anda dapat mencontoh dan menirunya dengan mudah.

4. Jenis usaha peternakan udang

Ternak udang merupakan jenis bisnis yang memiliki potensi profit tinggi. Di masa pandemi seperti sekarang, ini bisa menjadi momentum terbaik untuk memulainya.

Hal tersebut karena memang harga udang cukup tinggi di pasaran. Selain itu, banyak orang menggemari jenis kuliner dari udang ataupun makanan laut lain.

Anda pun dapat mencari pasar jual yang lebih tinggi, seperti ke restaurant atau supermarket. biasanya mereka mau membeli udang dengan harga yang lebih tinggi jika memang udang yang anda miliki berkualitas.

5. Peternakan belut

Pada umumnya belut hidup di daerah persawahan. Akan tetapi belum juga dapat dibudidayakan dengan sistem kolam.

Beternak belut relatif lebih mudah serta tidak memerlukan perawatan yang rumit. Belut juga dapat dipanen dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Ada banyak jenis makanan yang diolah dari belut, salah satu yang paling terkenal adalah camilan belut crispy. Barangkali anda sendiri pun pernah mengkonsumsi atau melihat camilan seperti ini.

Karena memang banyak orang yang menggemari belut, maka potensi keuntungannya pun cukup tinggi.

Penutup

Ada dapat memilih jenis usaha peternakan di atas yang telah kami rekomendasikan. Pastikan untuk lebih memperdalami bagaimana cara membudidayakannya dengan benar agar bisa sukses.

Semoga pembahasan terkait usaha peternakan ini bermanfaat, baca juga artikel lain mengenai 7 Cara Sukses Ternak Ayam agar Bisa Cuan Saat Pandemi