, , ,

5 Kunci Sukses Menjalani Bisnis Waralaba untuk Wirausahawan Muda

by -11 views
Wirausahawan muda

Ditengah kebiasaan masyarakat Indonesia yang saat ini cenderung konsumtif, hal ini menjadi kesempatan dan peluang bagi orang-orang dengan jiwa wirausaha untuk membangun ataupun mengembangkan bisnisnya. Serta dapat menjadi motivasi bagi sebagian orang terutama anak muda untuk menjadi seorang wirausahawan muda.

Akan tetapi, di samping terbuka lebarnya peluang tentu saja diiringi dengan ketatnya persaingan untuk mendapatkan pelanggan. Hal ini cukup menjadi ancaman bagi pelaku usaha baru yang belum memiliki “nama” di masyarakat, sehingga harus merencanakan strategi pemasaran dengan baik sebelum membuka bisnisnya agar tidak mengalami kerugian yang besar.

Hal itu juga yang mungkin dapat membuat sebagian orang mengurungkan niatnya untuk menjadi seorang wirausahawan. Ketakutan akan kegagalan dalam berwirausaha memang dapat menjadi pemicu turunnya semangat berwirausaha. Namun, pada setiap masalah pasti terdapat solusi. Ketatnya persaingan dan sulitnya menyusun rencana usaha dapat diatasi dengan melakukan bisnis waralaba.

Dengan melakukan waralaba, kamu tidak perlu melakukan riset mengenai produk yang akan kamu jual atau bahkan merencanakan strategi pemasaran. Biasanya, pemilik waralaba (franchisor) telah memilik Standar Operasional Prosedur (SOP) sendiri yang harus diikuti oleh penerimanya (franchisee). Jadi, jika kamu berniat untuk melakukan bisnis waralaba, kamu hanya perlu menyiapkan dana investasi dan menjalankan bisnismu sesuai dengan SOP yang telah diatur oleh perusahaan yang hak waralabanya kamu gunakan.

Menjadi wirausahawan yang sukses tentu menjadi impian bagi banyak orang, dan menjalani bisnis  waralaba mungkin menjadi solusi bagi sebagian orang untuk menurunkan resiko kegagalan usaha. Akan tetapi, bukan berarti menjalani bisnis waralaba akan 100% menghindarkan kamu dari kegagalan.

Kamu tetap harus mempertimbangkan resiko dalam memilih bisnis waralaba yang akan kamu lakukan. Ada beberapa hal yang harus dimiliki, diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk terjun menjalani bisnis ini.

5 Kunci Sukses Menjalani Bisnis Waralaba

Wirauasahawan Muda
Foto: Pexels

1. Memiliki Mental Wirabisnis

Kunci utama jika ingin menjadi seorang wirausahawan apalagi buat kamu pengusaha muda tentu saja kamu harus memiliki mental pebisnis terlebih dahulu. Tidak perduli apakah itu membuka bisnis sendiri atau menjalani bisnis waralaba, kamu harus siap untuk menerima segala resiko dan setiap tantangan yang ada.

Selain itu, kamu juga harus memiliki sikap yang pantang menyerah jika menemui kegagalan. Kegagalan bukanlah akhir, dan jika kamu gagal sekali bukan berarti kamu akan selalu gagal seterusnya. Kamu harus percaya bahwa kamu bisa sukses dengan sedikit usaha yang lebih dan diimbangi dengan doa.

Jadi kamu harus memiliki mindset dan mental wirausaha sebelum bisa menjadi seorang wirausahawan, ya!

2. Sesuaikan dengan Passion

Bisnis waralaba terbagi menjadi tiga jenis, yaitu waralaba produk, waralaba jasa, dan gabungan antar keduanya. Dan dari dua jenis tersebut terdapat berbagai macam bidang seperti kuliner, kebersihan, pendidikan, bengkel, barbershop, dll yang bisa kamu coba untuk usahamu.

Untuk itu, kamu harus cermat dalam memilih bidang yang akan kamu geluti. Memilih bidang usaha yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu akan lebih menyenangkan dan juga membuatmu semangat dalam mengelola dan memajukan bisnismu. 

Sebaliknya, jika kamu memulai usaha yang tidak sesuai dengan passionmu, bisa saja kamu menghadapi kesulitan yang tidak kamu mengerti dan dapat lebih mudah menyerah jika menghadapi kegagalan.

3. Gunakan Merek Dagang Dalam Negeri

Ada banyak peluang bisnis waralaba dari dalam negeri dengan berbagai macam merek dagang yang bisa kamu pilih untuk memulai usaha. Membeli hak waralaba dari perusahaan dalam negeri tentunya tidak memerlukan biaya yang besar. Berbeda dengan jika kamu ingin memulai bisnis waralaba dengan merek dagang dari luar negeri, dana investasi yang kamu butuhkan akan lebih besar.

Menggunakan merek dagang dalam negeri juga akan membuatmu meningkatkan nilai perekonomian negara. Selain itu, merek dagang dalam negeri juga banyak yang telah memiliki popularitasnya tersendiri. Jadi, kamu perlu mempertimbangkan untuk memilih merek dagang dalam negeri jika ingin melakukan bisnis waralaba, ya!

4. Pilih Lokasi Strategis untuk Bisnis Waralaba

Lokasi yang strategis merupakan salah satu kunci utama dalam menjalankan suatu usaha. Kesalahan dalam memilih lokasi usaha dapat menyebabkan kerugian hingga kegagalan dalam berbisnis.

Karenanya, kamu harus selektif dalam memilih lokasi usaha. Kamu harus memastikan jika aksesbilitas lokasi tersebut bagus agar lebih mudah dijangkau oleh pelanggan.

5. Pelajari Usaha Waralaba Yang Akan Kamu Lakukan

Penting bagi kamu untuk mengetahui seluk beluk usaha waralaba yang akan kamu lakukan. Untuk itu, kamu harus mencari tahu lebih dulu info tentang merek dagang yang akan kamu pilih dan juga standar bisnis yang mereka jalani.

Setiap perusahaan, pasti memiliki SOP yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena pihak perusahaan ingin menjaga kualitas dan nama baik brand mereka di mata masyarakat. Jadi, semakin baik dan ketat sistem maupun SOP dari suatu perusahaan waralaba, maka menunjukkan kalau perusahaan tersebut layak dipilih untuk menginvestasikan dana kita dalam kerja sama waralaba.

Selain SOP dan sistem manajemen perusahaan, kamu juga harus memperhatikan kontrak dan sistem pembayaran. Mengenai pembagian keuntungan, pembayaran royalty, dan juga jangka waktu kontrak setiap perusahaan mungkin saja berbeda. Jadi jangan sampai kamu tidak mengetahui hal yang bisa merugikan kamu, ya!

Beberapa poin diatas perlu kamu terapkan sebelum memulai bisnis waralaba. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menjadi wirausahawan muda? Selamat mencoba!