5 Langkah Sukses Memulai Usaha untuk Mahasiswa

by -12 views
Usaha untuk Mahasiswa
Menentukan Ide dan Peluang Usaha

Memulai usaha untuk mahasiswa sebenarnya tidak merepotkan dan tidak perlu harus mengorbankan waktu kuliah. Hingga sekarang masih banyak mahasiswa yang merintis bisnis mereka sejalan dengan waktu kuliah mereka. Tidak jarang di antara mereka yang kemudian sukses menjadi seorang entrepreneur sejati.

Mungkin banyak dari kita yang berpikiran menjadi PNS setelah lulus dari kuliah itu pekerjaan yang membanggakan. Akan tetapi lulusan kuliah seharusnya membuka peluang kerja bukan mencari lowongan kerja. Karena itu, mulailah berbisnis sejak sekarang.

Lantas bagaimana mahasiswa bisa menjadi seorang entrepreneur. Simak informasi berikut dan ikuti langkah-langkahnya:

1. Membangun Mental Entrepreneur

entrepreneur - Usaha untuk Mahasiswa
Ilustrasi entrepreneur

Ini adalah langkah yang pertama sebelum anda terjun ke dunia bisnis. Walaupun saat ini anda berstatus sebagai mahasiswa akan tetapi jangan takut untuk terjun dan mengelola sebuah organisasi bisnis. Karena semua hal di dunia ini dapat dipelajari, begitupun dengan dunia intrapreneur.

Pelajarilah segala hal tentang dunia bisnis, teruslah memperkaya ilmu dan kemampuan melalui buku bacaan, artikel internet majalah bisnis dan lain sebagainya. Anda bisa mengikuti forum kewirausahaan yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu.

2. Mencari Ide Bisnis Sesuai dengan Modal

Mencari Ide Bisnis Sesuai dengan Modal
Ilustrasi Usaha untuk Mahasiswa

Jika anda telah memiliki mental untuk menjadi seorang entrepreneur, langkah selanjutnya adalah mencari peluang bisnis sesuai dengan modal yang anda miliki. Modal ini bukan hanya uang, tetapi juga kemampuan skill, minat, ataupun hal lainnya.

Pastikan bahwa anda mampu mengerjakan bisnis secara maksimal tanpa harus mengorbankan waktu kuliah. Ada banyak ide bisnis yang bisa Anda coba, misalnya menjual produk camilan, bisnis kuota internet, penulis artikel, perbaikan alat elektronik, dan lain-lain.

3. Memetakan Waktu yang Dimiliki

waktu
Ilustrasi waktu

Menjadi seorang mahasiswa tentu anda akan disibukkan dengan jadwal kuliah dan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas. Karena itu anda perlu memetakan waktu untuk kuliah dan untuk membangun bisnis. Semuanya harus seimbang dan harus dikerjakan secara maksimal, baik itu waktu kuliahnya ataupun usaha yang anda kelola.

Pisahkanlah waktu kuliah dan berbisnis, jangan sampai ketika anda kuliah tidak fokus karena memikirkan hal lain. Petakan waktu secara bijak, atau mungkin anda bisa mengurangi waktu bermain untuk memikirkan ide kreatif dalam bisnis anda.

4. Pelajari Cara Berpromosi

Pelajari Cara Berpromosi
Ilustrasi Pelajari Cara Berpromosi

Di zaman yang modern seperti sekarang, cara promosi sudah sangat beragam, Anda bisa memanfaatkan fasilitas internet. Biasanya kebanyakan orang melakukan promosi menggunakan Google Ads ataupun Facebook Ads. Kedua cara tersebut cukup rumit untuk dipelajari, karena itu luangkanlah waktu untuk belajar dan melakukan riset.

Terlebih jika anda menjual produk di internet, mau tidak mau anda harus menggunakan fasilitas dari Google dan Facebook ads secara maksimal. Ini akan mempermudah anda untuk melakukan promosi hingga ke seluruh penjuru daerah. Pelajari bagaimana cara membangun brand usaha untuk mahasiswa.

5. Action

Action
Ilustrasi Action

Sekarang saatnya anda melakukan action. Semua ide yang telah anda pikirkan selama ini harus dieksekusi menjadi sebuah tindakan yang nyata, jangan hanya menjadi wacana dan angan-angan. Beranilah untuk mengambil tindakan yang pasti, ambil langkah awal dan segera memulainya.

Anda telah memiliki semangat dan keyakinan untuk menjadi seorang entrepreneur, karena itu jangan sia-siakan semangat dan keyakinan tersebut. Mulailah dari sekarang, jika anda ingin membuka usaha kuliner, setidaknya Anda harus action membeli peralatannya. Begitupun dengan bisnis yang lain, mulailah dari langkah yang paling pertama.

Demikian informasi terkait langkah memulai usaha untuk mahasiswa, dan semoga ini menjadi pemicu motivasi anda untuk membangun bisnis. Sebisa mungkin anda jangan mencari lowongan pekerjaan, tetapi bukalah lowongan pekerjaan untuk orang lain.

Baca juga artikel tentang Jangan Cuma Wacana, Ini Cara Memulai Usaha untuk Mahasiswa