, ,

5 Pekerjaan Part Time yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

by -16 views
Usaha Online Tanpa Modal
Usaha Online Tanpa Modal

Sebagai mahasiswa, barangkali anda juga dituntut untuk mencari penghasilan sendiri karena tidak bisa hanya mengandalkan kiriman dari orang tua. Sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha part time dan bisa dikerjakan berbarengan dengan kuliah. Dengan begitu anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk menambah uang jajan atau membantu meringankan beban orang tua.

Lalu apa saja pekerjaan part time yang recomended untuk mahasiswa? Nah pada kesempatan ini kita akan mengulas lebih jauh apa saja yang bisa anda kerjakan dan tentunya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

5 Peluang Usaha Part Time untuk Mahasiswa

Peluang Usaha - Menulis Artikel
Peluang Usaha – Menulis Artikel

Sebenarnya setiap kampus mempunyai ketentuan tersendiri terhadap mahasiswanya, boleh bekerja atau tidak. Namun pada umumnya itu semua dikembalikan kepada mahasiswa itu sendiri. Nah untuk anda yang mau bekerja part time berikut rekomendasi pekerjaannya:

1. Peluang Usaha Menjadi Blogger

Pertama pekerjaan part time yang bisa anda kerjakan adalah menjadi seorang blogger. Aktivitas ini cukup menggiurkan terkait pendapatan yang bisa diperoleh. Tidak perlu mengandalkan gaji adsense, bahkan jika blog sudah besar maka anda bisa mendapatkan endorse itu pun bekerja sama dengan brand ternama.

Terlebih memang menjadi seorang blogger adalah perkerjaan menulis dan meriset materi, tentu hal itu sudah sangat biasa dilakukan di dalam perkuliahan. Sehingga dengan begitu anda tidak akan kesusahan ketika memulai peung usaha menjadi blogger.

Banyak sekali cerita sukses orang-orang dari ngeblog ini. Umumnya blog yang bisa mendapatkan trafik banyak adalah sperti travel blogger, food blogger, tutorial dan lain sebagainya.

2. Menjadi Seorang Fotografer

Anda menyukai dunia fotografi? Jika iya maka saatnya untuk menjadikan hobi anda tersebut sebagai ladang pencaharian. Bahkan anda bisa menjual hasil fotografi ini dengan harga yang sangat tinggi jika memang hasil foto mempunyai kualitas terbaik. Anda dapat menjadikan lingkungan sekitar untuk menjadi objek foto.

Jika foto dirasa layak untuk dijual, maka anda dapat menawarkan hasil jepretan di berbagai situs fotografi. Biasanya situs fotografi seperti shutterstock akan menghubungkan anda dengan jutaan orang di seluruh dunia yang membutuhkan gambar. Bisa jadi foto yang anda tawarkan di situs tersebut diminati orang kemudian mereka membelinya.

3. Peluang Usaha Menjadi Barista

Anda mungkin pernah datang ke sebuah cafe, dan pastinya akan dilayani oleh seorang barista kopi. Akan tetapi tahukah anda, menjadi seorang barista ternyata bisa mempunyai keuntungan yang lumayan besar, lho. Dan lebih asyik nya anda bisa menggeluti pekrjaaan ini dengan cara part time.

Anda bisa menjadi barista berbarengan dengan kegiatan kuliah, hanya saja tentunya membutuhkan manajemen waktu yang jelas. Untuk menjadi barista anda perlu mengetahui seluk beluk dunia kopi, baik itu terkait jenis, cara pengolahan, cara penyajian dan lain sebagianya. Akan tetapi semua itu bisa anda pelajari secara otodidak melalui internet.

Bagaimana, apakah anda tertarik menjadi barista? Jika iya maka sejak sekarang anda harus memperkaya diri dengan pengetahuan terkait kopi.

4. Menjadi Asisten Dosen

Sebelum memulai menjadi asisten dosen, terlebih dahulu anda harus menanyakan ke dalam diri sendiri apakah anda adalah mahasiswa yang berprestasi. Jika iya, maka anda punya kesempatan menjadi asisten dosen di kampus tertentu. Biasanya orang menyebut pekerjaan ini dengan nama Asdos.

Pekerjaan ini tentunya cukup mentereng dan bergengsi, disaat yang lain masih menjadi mahasiswa, anda malah menjadi asisten dosen. Tak jarang asisten dosen bisa mendapatkan gaji yang cukup besar, bukan hanya cukup untuk makan sehari hari akan tetapi dari gaji itu pun mungkin bisa menutupi biaya kuliah.

5. Pekerja Restoran

Menjadi pelayan restoran atau pramusaji mungkin terdengar pekerjaan rendahan. Akan tetapi jangan salah, dengan pekerjaan ini anda bisa memperoleh penghasilan yang cukup untuk menutupi biaya kuliah. Hanya memang tidak semua orang mau menjadi pelayan restoran.

Untuk anda yang memang mempunyai tekad kuat dan tidak malu, rasanya tidak salah jika mencoba peruntungan di saat kuliah menjadi seorang pramusaji. Karena memang banyak restoran yang membutuhkan jasa part time ini sehingga anda bisa bekerja sambil kuliah.

Nah demikianlah pembahasan tentang peluang usaha part time yang menjadi rekomendasi para mahasiswa. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan share kepada keluarga atau teman anda. Baca juga artikel lain tentang cara menjual produk agar ceptat sukses.