, , ,

5 Peluang Pekerjaan Ibu Rumah Tangga dengan Mesin Jahit

by -6 views
Usaha Rumah Tangga
Foto: Pexels

Bisnis menjahit memiliki prospek yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan benar. Terlebih jika kamu memiliki keterampilan dalam bidang ini.

Kamu hanya perlu berinovasi mengenai desain jahitan yang akan kamu buat. Sekaligus pintar-pintarlah dalam memanfaatkan situasi terkait pasar.

Nah, buat kamu terutama ibu rumah tangga yang punya banyak waktu luang di rumah selain mengurus anak. Kamu bisa memanfaatkan keterampilanmu dalam membuat pakaian tersebut sebagai pekerjaan ibu rumah tangga sampingan. Sehingga, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain dari uang belanja yang diberikan oleh suami.

Pada artikel berikut ini, InfoBiznis akan memberikan beberapa peluang bisnis menjahit yang bisa kamu coba dan sudah pasti menjanjikan. Penasaran apa saja, kan? Simak lengkap artikel berikut ini, ya.

Peluang Pekerjaan Ibu Rumah Tangga dengan Menjahit 

Usaha RUmah Tangga
Foto: Pexels

 

1. Manfaatkan peluang pakaian anak atau bayi yang banyak dicari

 

Kebutuhan akan pakaian anak bisa dibilang cukup tinggi. Maka pangsa pasar yang satu ini terbilang sangat potensial untuk dimaksimalkan. Kamu bisa meraup keuntungan dari membuat produk-produk pakaian untuk bayi maupun balita.

Umumnya, untuk membuat pakaian bayi ini tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menentukan kain yang tepat untuk produksinya. Karena seperti yang kita tahu, kulit bayi lebih sensitif dari orang dewasa. Maka dari itu, mereka perlu kain yang lembut dan halus serta tidak gerah ketika digunakan.

Mengenai desain pakaian, kamu bisa berinovasi sendiri. Usahakan untuk tampil berbeda dari kompetitormu yang lain. Dengan demikian, orang-orang memiliki alasan untuk membeli produk pakaian bayinya di bisnis jahitanmu.

2. Pekerjaan ibu rumah tangga dengan memproduksi baju hamil

Gak jauh dari poin sebelumnya, kamu juga bisa memanfaatkan peluang membuat produk pakaian untuk ibu hamil. Karena seperti yang kita tahu, seiring dengan perut yang semakin membesar, maka pakaian ibu hamil pun harus disesuaikan.

Nah, untuk menunjang penampilan mereka agar tetap nyaman saat berbusana. Kamu bisa menciptakan produk pakaian hamil yang inovatif. Pastikan jahitannya rapi dan kuat agar tidak mudah robek.

Selain itu, agar ibu hamil pede untuk tampil di depan umum. Kamu bisa membuat pakaian dengan desain yang unik dan kekinian. Pangsa pasarnya yang lebih mengerucut ini akan membuatmu lebih mudah menyasar target. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk promosi yang kurang diperlukan.

Jangan lupa untuk memanfaatkan sosial media agar banyak orang yang tahu bahwa ada bisnis jahitanmu yang khusus menangani baju untuk ibu hamil.

 

3. Peluang usaha rumah tangga dengan menjahit batik

 

Batik menjadi salah satu jenis kain yang memiliki banyak peminat. Kain khas Indonesia ini memiliki beragam motif yang unik dan ciamik untuk dijadikan pilihan dalam berpakaian.

Dulu batik sering digunakan dalam acara-acara formal seperti untuk menghadiri pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu, batik bisa dikenakan untuk pakaian non-formal seperti saat hangout bareng teman.

Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk meraup keuntungan yang lebih besar dari bisnis menjahit. Ciptakanlah desain pakaian kekinian yang cocok untuk anak muda sehingga bisa digunakan saat nongkrong bersama teman.

Selain itu, kamu juga bisa membuat desain batikmu sendiri dengan memberikan gambaran pada produsen batik untuk menciptakan kain bermotif sesuai permintaanmu. Motif batik yang kekinian dan tidak terkesan kuno tentu akan banyak dijadikan pilihan para generasi milenial untuk berbusana.

 

4. Menjahit baju tidur atau piyama

 

Baju tidur menjadi salah satu kebutuhan yang paling banyak dicari selanjutnya. Baik untuk anak kecil maupun orang dewasa, piyama  sering dipilih untuk membuat pengalaman tidur yang lebih nyenyak.

Kain yang digunakan untuk membuat piyama umumnya berbeda dengan kain untuk pakaian pada umumnya. Biasanya terbuat dari kain berbahan katun, paris maupun sutra. Kamu bisa menyesuaikan pilihan kain tersebut dengan pangsa pasarmu.

Karena seperti yang kita tahu, harga kain katun dengan sutra tentu sangatlah berbeda. Kain katun dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau sedangkan kain sutra memiliki harga yang lebih mahal. Namun tentu kualitasnya sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Jika kamu menyasar market kelas menengah kamu bisa menggunakan bahan kain katun dan paris. Namun, jika pasarmu adalah market kelas atas atau orang-orang elite, kamu bisa menggunakan bahan kain sutra untuk membuat piyama yang nyaman.

 

5. Peluang usaha menjahit gamis yang tak pernah mati

 

Kamu juga bisa lho memanfaatkan peluang baju gamis untuk dijahit dan diproduksi secara massal. Mengingat trend mengenakan baju gamis belakangan cukup banyak diminati oleh orang-orang.

Ada begitu banyak jenis model gamis yang bisa kamu coba produksi. Kamu bisa melihat-lihat referensi dari internet untuk kemudian dikembangkan agar desainnya tidak monoton. Selain itu pemilihan kain yang tepat juga akan meningkatkan kualitas gamis yang kamu jual.

Nah, itulah tadi beberapa peluang usaha rumah tangga dengan memanfaatkan keterampilanmu dalam menjahit pakaian. Untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, kamu bisa memanfaatkan sosial media dan marketplace seperti Tokopedia untuk menjual produk pakaian buatanmu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba berbisnis dari rumah, ya!