,

5 Peluang Usaha Jangka Panjang di Desa

by -63 views
Ini 5 Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan
Ini 5 Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

Tinggal di desa bukan berarti kehilangan kesempatan untuk membuka usaha dan sukses. Ada banyak peluang usaha jangka panjang di desa yang bisa dicoba untuk memperoleh kesuksesan.

Jika pandai memanfaatkan potensi yang ada di desa, tentunya siapapun bisa sukses dan mendapatkan pundi-pundi rupiah.

5 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Patut Dicoba

5 Peluang Usaha Jangka Panjang di Desa
5 Peluang Usaha Jangka Panjang di Desa

Berikut kita akan membahas terkait beberapa rekomendasi peluang usaha yang bisa menjadi inspirasi bisnia. Apa saja rekomendasi tersebut? Simak pembahasannya dibawah ini hingga selesai.

Mejual Aneka Bibit Tanaman

Desa sangat identik dengan usaha pertanian, karena itu menjual aneka bibit tanaman memiliki prospek yang menguntungkan. Anda dapat menjual bibit tanaman seperti terong, cabe, belimbing dan lain sebagainya.

Selain itu bibit tanaman yang dapat dijual juga adalah bibit tanaman hias, seperti mawar, lavender, baby rose, mona dan lain-lain.
Untuk dapat sukses menjalankan usaha jual aneka bibit tanaman memang dibutuhkan keterampilan serta pengetahuan terkait bagaimana cara membudidayakan tanaman. Anda dapat mempelajarinya secara otodidak melalui internet seperti Google atau YouTube.

Membuka Jasa Servis Elektronik

Peluang usaha yang tidak kalah menghasilkan adalah membuka usaha servis elektronik. Banyak orang lebih memilih untuk service berbagai perabotan alat elektronik yang rusak ketimbang membeli yang baru.

Ini menjadi peluang usaa jangka panjang di desa yang bisa Anda mulai dengan membuka konter HP, servis mesin cuci, TV, AC dan lain-lain.

Peluang Usaha di Desa Beternak Ayam Kampung

5 Peluang Usaha Jangka Panjang di Desa
5 Peluang Usaha

Pilihan usaha jangka panjang di desa selanjutnya yang bisa dilakukan adalah ternak ayam. Tinggal di kampung beternak ayam terbilang sangat mudah karena anda memiliki lahan di sekitar rumah yang luas.

Dengan memanfaatkan lahan yang telah ada siapa siapapun bisa memperoleh keuntungan dari berternak ayam kampung ini. Pasalnya ayam kampung memang cukup diminati serta banyak dicari oleh restoran ataupun tempat-tempat makan.

Usaha Ternak Kambing

Selain ayam kampung, berternak kambing pun cukup mudah jika anda tinggal di pedesaan. Di pedesaan begitu banyak rumput yang menjadi sumber pangan bagi kambing.

Tentu keuntungan beternak kambing ini lebih besar prospek keuntungannya ketimbang beternbak ayam. Walaupun memang untuk berternak kambing dibutuhkan keseriusan serta ketelatenan untuk merawatnya.

Usaha Jangka Panjang di Desa Budidaya Ikan

Ikan menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang begitu besar permintaannya. Membuka usaha budidaya ikan di pedesaan sangat cocok dan cukup mudah untuk dikerjakan, terlebih jika anda tinggal di wilayah yang airnya melimpah.

Jenis ikan yang dapat dibudidayakan bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada. Untuk lingkungan dengan kondisi air yang tidak mengalir dapat membudidayakan jenis ikan lele.

Jenis ikan yang banyak dicari juga antara lain adalah seperti nila, ikan mas, gurami dan lain-lain.

Membudidayakan Jamur

Jamur menjadi pilihan usaha yang patut untuk diperhitungkan karena potensi keuntungannya cukup besar. Dalam pembudidayaannya Anda dapat memulai dengan modal yang kecil akan tetapi membudidayakan jamur ini membutuhkan teknik yang tepat.

Jamur tiram menjadi jenis jamur yang sangat digemari oleh masyarakat dan cukup mudah untuk dibudidayakan. Untuk membudidayakan jamur ini dibutuhkan media seperti bekatul yang diracik serta kemudian dibungkus plastik, namun bisa juga menggunakan media serbuk kayu.

Menanam Sayur Mayur

Usaha jangka panjang di desa selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menanam sayur mayur. Terlebih jika tinggal di wilayah pedesaan yang tanahnya subur maka anda dapat memanfaatkan potensi ini untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Atau sekalipun tinggal di wilayah yang kurang subur, Anda tetap dapat menanam sayur mayur dengan cara hidroponik.

Penutup

Peluang usaha jangka panjang di desa yang telah kita bahas dalam artikel ini semoga bisa menjadi inspirasi anda. Baca juga pembahasan lain terkait 5+ Usaha yang Cocok untuk Anak Muda di Desa