,

5+ Peluang Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar

by -5 views
Peluang Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar
Peluang Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar

Peluang usaha ternak merupakan salah satu bisnis yang yang cukup menjanjikan. Terlebih di Indonesia ada banyak fauna yang dapat tumbuh dengan baik, baik itu di laut, di darat ataupun di udara.

Nah pada pembahasan kali ini kita akan mengulas beberapa ide peluang usaha ternak yang bisa Anda kerjakan. Nah jika penasaran dengan pembahasan ini silahkan ikuti hingga selesai.

Potensi Usaha Ternak

Peluang Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar
Peluang Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar

Bukan tanpa alasan mengapa kami mengatakan jika usaha ternak ini menjanjikan. Ada banyak faktor yang menjadi alasan hal tersebut. Alasan utama adalah terkait jumlah penduduk Indonesia yang begitu banyak.

Dengan banyaknya jumlah penduduk tentu kebutuhan konsumsi hewan ternak juga sangat besar. Kebutuhan tersebut mencakup hewan ternak pedaging, ikan ternak konsumsi ataupun hewan petelur.

Untuk memulai usaha ternak juga tidak harus dengan modal yang besar. Anda dapat memulai dengan modal seadanya, yang penting adalah memiliki keterampilan dan kemauan.

Rekomendasi Usaha Ternak yang Menjanjikan

Peluang Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar
Peluang Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar

Banyak orang berpikir untuk memulai usaha ternak tidak dapat dengan modal kecil, hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena Anda dapat mencoba beberapa rekomendasi usaha ternak yang menjanjikan berikut dengan modal kecil;

  • Beternak ayam

Ayam adalah salah satu jenis hewan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia secara umum. Hal itu karena memang daging ayam tergolong relatif murah sehingga menjadi pilihan terbaik dibanding daging sapi atau kerbau.

Selain itu peternakan ayam juga memiliki prospek yang sangat cerah, karena biasanya daging ayam akan diolah menjadi makanan enak dan lezat.

Banyak restoran atau tempat makan membutuhkan daging ayam setiap harinya. Jadi, anda bisa menjadi pemasok daging ayam untuk mereka yang membutuhkan.

  • Ayam petelur

Jika di atas kita membahas tentang beternak ayam untuk dijual, nah alternatif lainnya adalah beternak ayam petelur. Tentu berbeda dengan peternak ayam biasa, untuk mendapatkan penghasilan dari peluang usaha ini Anda hanya perlu meningkatkan produksi telur serta menjualnya.

Kebutuhan telur di Indonesia terbilang cukup tinggi, karena bukan hanya untuk dikonsumsi masyarakat akan tetapi dapat juga diolah menjadi produk lain, seperti mayones.

Lebih-lebih usaha ini cukup mudah dijalankan sebab perawatan dan cara mengatur pemberian pakannya dapat dikerjakan secara sederhana.

  • Ternak kelinci

Kelinci merupakan jenis hewan mamalia yang berasal dari famili leporidae. Selain untuk hewan peliharaan kelinci juga banyak menjadi hewan pedaging untuk dikonsumsi.

Karenanya permintaan daging kelinci cukup banyak dan bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Anda dapat memilih dua metode untuk menghasilkan uang dari hasil usaha ternak kelinci. Yaitu ternak kelinci pedaging untuk konsumsi ataupun ternak kelinci peliharaan.

Namun masing-masingnya memiliki kelebihan tersendiri, ya walaupun memang harga kelinci konsumsi tidak semahal kelinci yang khusus untuk dipelihara.

  • Beternak marmut

Ternak marmut tergolong mudah dan cepat untuk menghasilkan jika dibanding kelinci. Akan tetapi kekurangannya terletak pada harga jual yang lebih murah.

Sama dengan kelinci, marmut juga bisa dikonsumsi ataupun dipelihara. Nah sekarang ada banyak jenis olahan dari daging kelinci atau marmut, misalnya sate, tongseng, semur dan lain sebagainya.

  • Beternak kroto

Kroto adalah pakan yang dikhususkan untuk burung. Kroto merupakan pakan burung yang alami sehingga banyak dicari oleh pemelihara burung.

Jika dulu untuk mendapatkan kroto dapat ditemukan di hutan atau di tempat-tempat yang masih alami, sekarang hal itu sudah sangat susah untuk dilakukan. Karenanya banyak orang lebih memilih untuk membeli kroto di tempat budidayanya.

Nah tentu ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi Anda dengan berternak kroto. Apakah Anda tertarik?

  • Budidaya jangkrik

Jangkrik juga merupakan pakan alami untuk burung. Jangkrik memiliki protein yang baik untuk burung peliharaan agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Sebab itulah banyak memelihara burung yang memilih jangkrik untuk konsumsi atau pakan burung nya.
Nah untuk Anda yang belum mengerti bagaimana cara teknik budidaya jangkrik, dapat mempelajarinya secara otodidak melalui YouTube ataupun membaca artikel di Google.

Kesimpulan

Bukan hanya menjadi alternatif, peluang usaha ternak bisa menjadi bisnis utama bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan. Pelajari secara mendalam terkait usaha ternak yang menjadi pilihan. Hal itu karena memang untuk beternak memerlukan ilmu serta keterampilan agar bisa sukses.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait peluang dan ide usaha. Baca juga artikel lain terkait Rekomendasi Usaha Ternak Modal 1 Juta yang Terbukti Menguntungkan.