, , ,

5 Pilihan Usaha Kecil yang Menjanjikan di Bulan Puasa

by -3 views
Usaha kecil yang menjanjikan

Bulan puasa telah tiba, kamu yang puasa pasti sangat menunggu saat-saat berbuka. Bicara soal buka puasa, pasti identiknya dengan makanan atau minuman yang manis-manis. Tak heran jika di bulan Ramadhan seperti saat ini ada banyak orang yang memanfaatkan peluang untuk meraup keuntungan dari berjualan kudapan untuk berbuka.

Berjualan makanan atau minuman manis menjelang berbuka menjadi salah satu jenis usaha musiman di bulan puasa. Kamu bisa menemukan banyak penjual takjil yang beragam di pinggir jalan. Uniknya, setiap stand penjual takjil tersebut juga dikerumuni oleh banyak orang. Hal ini menandakan bahwa minat pasar terhadap jajanan khas di bulan Ramadhan cukuplah tinggi.

Kamu pun bisa memanfaatkan peluang ini untuk berjualan jajanan khas Ramadhan di depan rumah atau di pinggir jalan. Nah, kalau masih bingung apa saja sih menu yang bisa kamu jual. Pada artikel berikut ini InfoBiznis akan menyajikan beberapa pilihan menu usaha musiman di bulan puasa yang bisa kamu coba.

5 Pilihan Usaha Kecil yang Menjanjikan di Bulan Puasa

Usaha kecil yang menjanjikan
Foto: Pexels

1. Jualan Minuman Segar

Saat berbuka, alih-alih langsung mengonsumsi makanan berat, kita dianjurkan untuk melepas dahaga terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan kita dalam menelan makanan sehingga tidak menyebabkan tenggorokan kering.

Nah, di bulan puasa ada banyak penjual minuman-minuman segar yang bisa kita temukan di pinggir jalan. Mulai dari es buah, kolak, es teler dan masih banyak lagi jenis minuman yang lain. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk berjualan minuman segar versimu.

Misalnya, untuk membedakan produk minumanmu dengan yang lain kamu bisa menambahkan isian yang sedikit berbeda dan kemasan yang lebih menarik. Dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari hasi penjualan. Karena bisnis minuman segar di bulan puasa menjadi salah satu usaha kecil yang menjanjikan..

2. Jualan Gorengan

Usaha kecil yang menjanjikan berikutnya adalah gorengan. Seperti yang kita tahu, gorengan menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Hal ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Sama seperti yang sebelumnya, modal untuk memulai jualan gorengan juga tidak begitu besar. Kamu bisa membuka usaha ini di depan rumah atau di pinggir jalan raya agar semakin banyak orang yang melihat dan menyempatkan diri untuk mampir.

3.  Jualan Aneka Kue

Berjualan kue dibulan puasa merupakan usaha musiman paling laris. Terutama kue manis seperti bolu, roti isi, brownies dan masih banyak lagi lainnya. Kamu yang berada di desa juga bisa mencoba usaha berjualan kue tradisional seperti pisang rebus, nagasari, getuk dan lain-lain.

Namun demikian, karena kompetitor penjual kue di bulan puasa cukuplah banyak. Kamu harus pintar-pintar berinovasi agar barang daganganmu laku keras. Kamu bisa menciptakan produk kue-kue yang berbeda dalam berbagai varian rasa.

4. Jualan Kurma

Tentunya kamu tidak asing dengan yang namanya buah kurma, buah yang berasal dari tanah Arab ini menjadi menu andalan ketika berbuka. Banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan kurma saat bulan Ramadhan.

Rasa manis serta identik dengan kisah Rasulullah, membuat orang yakin bahwa buah ini cocok hidangan pembuka saat adzan Maghrib berkumandang. Untuk jenisnya pun beragam, kamu bisa menjual kurma Safawi, kurma ajwa, kurma halawi dan masih banyak lagi jenis yang bisa kamu jadikan opsi.

Usaha musiman di bulan puasa ini cukup menjanjikan untuk kamu coba. Terutama menjelang hari raya Idul Fitri, penjualan buah kurma biasanya mengalami peningkatan berkali-kali lipat. Yuk, buruan manfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan!

5. Usaha kecil yang menjanjikan dengan berjualan lauk pauk

Peluang usaha lain di bulan puasa yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan berjualan lauk pauk. Kamu yang hobi masak bisa memanfaatkan peluang ini untuk meraup keuntungan lebih banyak. Kamu hanya perlu membuat ragam menu lauk pauk yang lezat dan diminati banyak orang.

Gak perlu modal besar, cukup dengan memanfaatkan semua yang ada di dapurmu. Kamu sudah bisa menghasilkan ragam menu masakan lauk pauk yang menggoda. Buat kamu yang tidak pandai masak, tak perlu khawatir karena ada banyak tutorial yang bisa kamu lihat di internet.

Untuk memaksimalkan penjualan lauk pauk yang kamu tawarkan, kamu bisa memanfaatkan promosi lewat sosial media yang ada seperti Instagram. Dengan demikian, orang-orang akan lebih mudah dan cepat tahu bahwa ada bisnismu.

Demikian artikel mengenai usaha musiman di bulan puasa yang bisa kamu coba. Ragam menu di atas seluruhnya tak membutuhkan modal yang cukup besar. Sehingga sangat bagus untuk para pelaku usaha yang masih pemula dalam menjalankan bisnis. Selamat mencoba!