5 Sifat Penting Ini Harus Dimiliki Oleh Pengusaha Sukses

by -6 views
5 Sifat Penting Ini Harus Dimiliki Oleh Pengusaha Sukses

Pengusaha sukses adalah mereka yang berani mengambil resiko. Tetapi sebenarnya, masih banyak lagi sifat yang menjadi ciri dari pengusaha yang memiliki potensi untuk sukses.

Akan tetapi anda tidak perlu minder jika tidak memiliki beberapa sifat atau karakter seperti yang kita sebut di bawah ini. Karena segala hal tentu bisa dipelajari baik dari teks book ataupun pengalaman.

Lalu apa saja yang menjadi karakter dari pebisnis sukses? Simak pembahasannya di bawah ini.

5 Sifat Yang Wajib Dimiliki Oleh Pengusaha Sukses

5 Sifat Penting Ini Harus Dimiliki Oleh Pengusaha Sukses

1. Pebisnis sukses mempunyai tujuan yang jelas

Tujuan yang jelas sangat penting untuk memulai dan membangun usaha. Tanpa ada tujuan tentu siapapun akan bingung untuk melangkah ke arah mana.

Sebagian orang mengartikan tujuan yang jelas dengan intuisi. Intuisi inilah yang merupakan salah satu proses untuk bisa menjadi pebisnis sukses.

Cobalah untuk mengetahui apa yang anda inginkan serta bagaimana cara memperolehnya. Ini adalah hal yang harus dimiliki untuk memperoleh kesuksesan.

Jika telah memahami dan mengetahui aspek tersebut, maka gambaran untuk memulai bisnis akan sangat jelas dan anda tahu untuk memulainya dari mana.

2. Pengusaha sukses itu pintar mengecoh kompetitor

Kunci sukses bukan hanya karena kita dapat membuat produk atau layanan baru. Karena anda dapat mengelola ide yang telah ada dengan memberi nilai tambah. Dengan cara tersebut, anda dapat memberikan hal lebih pada setiap bisnis.

Anda dapat terus berada selangkah lebih maju dibanding kompetitor karena mampu memberikan nilai tambah yang menarik bagi konsumen. Terlebih di dunia online, konsumen akan selalu membandingkan antara produk anda dengan kompetitor. Pebisnis sukses selalu bisa mengecoh pesaing bisnis dari segala aspek.

3. Pebisnis sukses adalah orang yang pantang menyerah dan ulet

Barangkali banyak startup yang gagal karena mereka tergesa-gesa untuk berlomba menjadi yang paling terdepan. Mereka selalu mencari jalan pintas tanpa memperhatikan proses yang sebenarnya dapat memberikan pengalaman.

Kesuksesan sebuah startup terkadang tidak hanya karena kualitas produk. Justru, seorang pebisnis sukses adalah mereka yang sabar serta selalu berdedikasi dengan visinya.

Seperti Apple, Amazon, Microsoft dan Google pasti pernah mengalami fase naik turun. Fase tersebut tentu mereka lalui bukan hanya setahun dua tahun, tetapi bahkan puluhan tahun. Para pendirinya terus bekerja keras serta tekun untuk menghasilkan karya yang mendunia.

4. Pengusaha sukses dapat terus berkembang di tengah kondisi yang tidak stabil

Dunia terus berputar begitupun roda perekonomian. Kadang ada fase dimana ekonomi dunia mengalami krisis. Tetapi bagi pebisnis sukses hal itu bukan tantangan yang terlalu berat.

Bahkan dalam keadaan yang terpuruk sekalipun, sifat pengusaha sejati akan dapat mencari celah untuk keluar dari zona tersebut.

Ada kisah menarik dari Melanie Perkins, yang merupakan co-founder dari Canva sebuah platform design yang sangat populer. Melanie pernah mengalami penolakan sebanyak 100 kali sebelum dia berhasil memperoleh pendanaan awal untuk usaha dan bisnisnya.

Dengan waktu yang lama yaitu 3 tahun, Melanie telah berjuang melakukan pitching sebanyak 100 kali. Kemudian akhirnya dia memperoleh dana investasi untuk pertama sebesar 3 juta US Dollar.

Dapat bertahan dari segala tantangan merupakan cara untuk mewujudkan kesuksesan. Berbagai startup yang sekarang telah berjaya tentu mereka telah mengalami berbagai kondisi, tantangan dan ketidakpastian.

5. Pengusaha sukses selalu memperdulikan kepuasan pelanggan

Memberikan pelayanan puas terhadap pelanggan adalah sifat yang dimiliki oleh pebisnis sukses. Membangun bisnis bukan hanya tentang memperbanyak pelanggan, tetapi juga bagaimana menjadikan pelanggan tersebut setia.

Pelanggan setia dan terus repeat order tentu menjadi aset yang berharga untuk jangka panjang.
Mindset ini tentu hanya dimiliki oleh pengusaha yang memiliki potensi sukses. Mereka yang hanya mementingkan keuntungan sesaat, lambat laun pasti akan ditinggalkan pelanggannya.

Penutup

Demikian kita telah membahas terkait beberapa sifat atau karakteristik yang wajib dimiliki oleh pengusaha sukses. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Ini 5 Pebisnis Sukses Di Dunia yang Bisa Menjadi Inspirasi