,

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula yang Menguntungkan

by -4 views
Investasi Jangka Panjang
Investasi Jangka Panjang

Sekarang untuk melakukan investasi emas tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang berduit, akan tetapi sekarang siapapun bisa berinvestasi emas. Dibanding dengan menabung tentu investasi lebih menguntungkan. Akan tetapi sebagai pemula Anda harus mengetahui tips investasi emas yang menguntungkan agar tidak merugi.

Jika anda tertarik untuk memulai investasi emas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi di bawah ini:

5 Tips Sukses Memulai Investasi Emas

Investasi emas yang menguntungkan
Investasi emas yang menguntungkan

Sejak berabad-abad lalu setelah digunakan oleh manusia sebagai instrumen perekonomian dan menjadi alat tukar. Lalu bagaimana tips sukses untuk memulai investasi emas? Berikut ulasannya untuk anda:

1. Membuat Perencanaan yang Jelas

Sangat penting ketika anda ingin memulai investasi emas terlebih dahulu untuk membuat perencanaan serta tujuan yang jelas. Karena jika anda hanya mengikuti situasi dan keadaan akan ada resiko anda memperoleh kerugian.

Buatlah perencanaan investasi emas yang jelas, baik itu untuk tabungan pendidikan, tabungan masa depan, tabungan untuk haji atau lain sebagainya.

2. Menyesuaikan dengan Financial

Selanjutnya tips untuk sukses di dalam berinvestasi emas adalah menyesuaikan kemampuan finansial yang anda miliki. Karena memang investasi emas sama halnya dengan investasi lainnya yang membutuhkan dana atau biaya lebih. Karenanya sangat penting untuk Anda mengatur dan menyesuaikan dengan kemampuan finansial.

Tidak perlu menggunakan dana yang besar untuk investasi emas. Akan tetapi anda bisa memulainya dengan biaya yang relatif sedikit.

3. Memantau Harga Emas

Tentu untuk bisa sukses di dalam berinvestasi emas Anda harus memantau harga secara berkala, karena di pasar global emas sering sekali mengalami turun naik harga. Tidak setiap hari merupakan momen yang tepat untuk membeli ataupun menjual emas.

Jika ingin melakukan transaksi baik itu membeli ataupun menjual emas ada baiknya anda terlebih dahulu memperhatikan bagaimana pergerakan harga emas di pasar global. Menurut sumber Sahabat Pegadaian, momen yang tepat untuk melakukan pembelian emas adalah pada bulan April sampai pertengahan bulan Juni.

Pada bulan-bulan tersebut emas biasanya mengalami penurunan harga sedangkan permintaan pasar meningkat. Sebaiknya anda perlu menghindari pembelian emas pada bulan November sampai Desember karena emas biasanya mengalami kenaikan harga.

Walaupun sebenarnya perkiraan tersebut tidak selalu benar setiap tahunnya, namun anda bisa memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas.

4. Memilih Jenis Emas yang Sesuai

Investasi emas mempunyai beberapa jenis yang harus anda ketahui. Setiap jenis emas tentunya mempunyai nilai investasi yang berbeda-beda, mulai dari emas kuno hingga logam mulia. Jika anda adalah pelaku investasi pemula, ada baiknya anda memulai investasi logam mulia.

Logam mulia sangat tepat untuk dijadikan investasi masa depan dan tentunya sangat menguntungkan dibanding dengan perhiasan. Selain itu, logam mulia juga mempunyai kelebihan yaitu terkait harga jualnya yang cenderung tinggi.

Sedangkan emas perhiasan nilai investasinya cenderung rendah karena beberapa faktor, bisa karena jumlah karat, nilai seni, model atau pun biaya pembuatannya. Sebaiknya untuk mendapatkan keuntungan anda harus menghindari investasi emas perhiasan ini.

5. Memperhatikan Tempat Menyimpan Emas

Investasi bukan bukan tanpa resiko. Bahkan resiko tersebut bisa datang dari kecerobohan kita yang tidak pandai menjaga emas. Selalu perhatikan tempat penyimpanan emas agar anda tidak merugi. Pastikan jika tempat penyimpanan emas layak dan aman agar tidak rusak ataupun hilang.

Cara umum yang biasa dilakukan orang adalah dengan menyimpan emas di brankas rumah yang aman dan tidak mudah dicuri. Atau anda dapat membuat tempat yang dibuat khusus dan kuat untuk waktu yang lama. Anda bisa membuat lemari dari logam, stainless steel atau juga dari bahan kayu yang kuat.

Penutup

Walaupun kita mempunyai harta kekayaan, akan tetapi sebagai manusia kita mempunyai sifat konsuntif. Karena itu, harta kekayaan yang banyak pun lama-kelamaan akan ludes terpakai. Salah satu cara yang bijak adalah dengan menjadikan harta kekayaan tersebut sebagai bentuk investasi agar tetap menghasilkan.

Demikianlah ulasan tentang investasi emas yang menguntungkan untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Baca ajuga artikel lain terkait 4 Logam Mulia yang Paling Menjanjikan untuk Investasi, Tertarik?