5 Trik Psikologi Strategi Marketing Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan

by -15 views
Startegi Marketing Bisnis Dengan Trik Psikologi

Strategi marketing bisnis menjadi ujung tombak keberhasilan penjualan produk. Sebagus apapun produk atau jasa yang dimiliki tanpa ada strategi yang tepat di dalam memasarkannya tentu tidak akan banyak orang yang mengetahui serta membelinya.

Itulah mengapa pentingnya marketing bagi sebuah bisnis. Nah anda sendri pun dapat memanfaatkan psikologi untuk menarik konsumen sebagai strategi marketing yang ampuh.

Lalu apa saja trik psikologi tersebut? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Strategi Marketing Bisnis Dengan Trik Psikologi

Startegi Marketing Bisnis Dengan Trik Psikologi

1. Coba gunakan angka 9 untuk menetapkan harga

Tentu anda pernah melihat sebuah produk dengan harga, misalnya Rp44.999. Nah, mungkin anda bertanya mengapa begitu banyak produk yang menggunakan angka 9 pada mark harganya?

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena ini dianggap sebagai trik psikologi marketing yang disebut charm price. Dengan trik ini dua harga yang secara nilai hampir sama namun terlihat berbeda serta menarik bagi konsumen. Walaupun sebenarnya selisih dari kedua harga tersebut sangat sedikit.

Barangkali kita pun beranggapan produk dengan harga Rp14.999 lebih murah daripada Rp15.000.
Trik ini dapat dilakukan untuk berbagai jenis produk yang dijual. Bahkan bukan hanya terkait produk fisik tetapi dapat digunakan juga untuk penjual produk digital seperti ebook, template powerpoint dan lain sebagainya.

2. Berikan perbandingan antara harga awal dengan diskon

Walaupun banyak orang menyadari jika diskon hanyalah sebuah trik, tetapi hal itu ternyata tetap menarik bagi konsumen. Anda dapat menawarkan diskon dengan memberikan perbandingan dengan harga sebelumnya. Hal tersebut dapat menyebabkan konsumen semakin tertarik dan ingin melakukan transaksi.

Alasannya adalah pelanggan bisa melihat besaran keuntungan yang diperoleh sebab adanya penurunan harga. Misalnya produk yang anda jual dengan harga asli Rp 200.000 kemudian diskon 25% sehingga harganya hanya Rp150.000.

3. Strategi marketing bisnis berikan juga tiga opsi harga

Strategi marketing selanjutnya adalah dengan menggunakan trik yang bernama decoy price. Trik ini ialah dengan menyediakan tiga opsi atau pilihan harga agar konsumen mau membeli produk yang lebih mahal. Trik decoy price ini juga sering sekali kita temukan.

Misalnya anda menjual popcorn yang berukuran small seharga Rp30.000, ukuran medium Rp40.000 dan large Rp50.000.

Tetapi untuk ukuran large, berikanlah nilai produk yang dua kali lebih besar. Maksudnya popcorn ukuran large dua kali lebih besar daripada ukuran medium.

Dengan begitu konsumen akan merasa diuntungkan ketika mereka membeli popcorn berukuran large dengan harga Rp50.000.

Alasannya dengan harga yang hanya selisih Rp10.000 antara ukuran medium dan large, tetapi konsumen bisa mendapatkan yang lebih besar dengan membeli popcorn ukuran large.

4. Strategi marketing bisnis berikan diskon untuk pelanggan tertentu

Anda dapat memberikan diskon secara spesifik untuk pelanggan tertentu. Misalnya untuk pelajar, pegawai perusahaan tertentu atau lain sebagainya.

Hal ini bertujuan untuk menimbulkan psikologi bahwa konsumen tersebut sangat diutamakan. Sehingga mereka merasa lebih tertarik untuk membeli produk yang anda jual.

5. Membuat kesan penting serta langka terhadap produk yang dijual

Kita mungkin sering ketika ingin membeli produk dan mendapati stoknya hanya tersisa beberapa buah saja. Kita tidak berpikir panjang dan langsung membelinya karena takut kehabisan.

Ini juga merupakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan psikologi. Anda sendiri pun dapat menggunakan teknik ini untuk meningkatkan sales penjualan produk.

Gunakan juga teknik call to action seperti kalimat “beli sekarang!” selain hanya menampilkan jumlah stok produk terbatas. Dilihat dari sisi psikologi, hal tersebut dapat menimbulkan kesan penting atau urgengsi sehingga konsumen mau membeli produk dengan segera.

Kesimpulan

Strategi marketing dengan memanfaatkan psikologi dapat meningkatkan sales penjualan. Anda dapat menerapkan beberapa trik di atas untuk memperoleh keuntungan. Semoga pembahasan yang bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 5 Strategi Marketing agar Konsumen Selalu Membeli Produk Anda