5 Usaha Unik di Desa yang Potensial dan Menguntungkan

by -16 views
Usaha Unik di Desa
Usaha Unik di Desa

Untuk Anda yang ingin memajukan desanya maka perlu mencari usaha unik di desa yang potensial. Karena dengan membuka usaha yang unik maka orang akan lebih tertarik dan potensi keuntungan pun semakin meningkat.

Sayangnya tidak banyak yang tahu bahwa ada banyak usaha potensial di desa yang bisa dicoba. Padahal jika kita lihat kenyataannya desa memiliki komoditas yang lebih banyak ketimbang yang dimiliki oleh orang-orang di kota.

5 Rekomendasi Usaha Unik di Desa

5 Usaha Unik di Desa yang Potensial dan Menguntungkan
5 Usaha Unik di Desa yang Potensial dan Menguntungkan

Membuka bisnis di desa dapat dimulai dengan skala dan modal kecil. Inilah yang menjadi keuntungan tersendiri jika Anda memilih untuk membuka usaha di kampung halaman.

Lalu apa saja rekomendasi usaha unik di desa? Simak pembahasannya dibawah ini hingga selesai.

1. Bisnis Penyedia WIFI

Kebutuhan internet di pedesaan sekarang ini juga turut meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Karena itu prospek bisnis penyedia WIFI merupakan hal yang potensial dan menguntungkan.

Terlebih jika anda bisa memadukan antara WIFI dan café, maka profit keuntungannya akan berlipat ganda. Banyak orang mencari jasa penyedia WIFI ini karena memang sinyal internet di pedesaan masih sangat minim dan tidak sedikit yang belum terjamah oleh sinyal operator biasa.

2. Membuka Jasa Sewa Alat Pertanian

Alat pertanian sangat dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan karena memang mayoritasnya merupakan petani. Alat pertanian yang bisa anda sewakan antara lain seperti traktor, cultivator, excavator dan lain sebagainya.

Untuk membuka usaha ini memang dibutuhkan modal besar karena memang alat-alat tersebut terbilang mahal. Akan tetapi prospek keuntungannya memang besar dan banyak dibutuhkan oleh orang-orang pedesaan.

3. Desa Wisata

5 Usaha Unik di Desa yang Potensial dan Menguntungkan
5 Usaha yang Potensial dan Menguntungkan

Desa bisa menjadi tempat wisata yang menarik serta dapat menjadi roda perekonomian masyarakat. Hal yang sangat penting untuk dapat membangun desa wisata adalah kreativitas dan kerjasama antar sesama warga.

Desa wisata dapat dibangun dengan objek seperti perkebunan sayur mayur, bunga, pemanfaatan sungai desa lain sebagainya. Untuk dapat sukses membangun desa wisata sangat diperlukan kejelian dan kreativitas warga untuk mencari potensi wisata yang menarik di wilayahnya.

4. Usaha Jasa Titip

Banyak pedesaan yang letak geografisnya sangat jauh dari kota ataupun pasar. Karena itu membuka bisnis jasa titip sangat menguntungkan dan menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin membeli produk di pasar.

Mengingat jaraknya jauh antara desa dengan pasar, tentu banyak orang lebih memilih untuk menggunakan jasa titip.

Anda dapat membuka jasa titip ini dengan melayani berbagai titipan seperti membeli pakaian, sembako, kebutuhan pertanian dan lain sebagainya. Ada baiknya anda memiliki mobil pick up yang bisa mengangkut banyak muatan.

Tidak ada patokan terkait penetapan harga untuk setiap produk titipan. Anda dapat mematok harga jasa titip barang misalnya untuk satu barang ditetapkan Rp5.000.

5. Usaha Unik di Desa Bisnis Delivery Order

Secara garis besar delivery order adalah bisnis yang bertujuan mengantarkan pesanan. Di desa bisnis ini bisa menjadi peluang usaha dengan cara menawarkan jasa mengantar pesanan seperti mengantar sayur-mayur, buah segar ataupun bahan-bahan dapur.

Bisnis ini tidak memerlukan modal awal yang besar, cara kerjanya pun terbilang mirip dengan bisnis jasa titip produk. Bedanya dengan jastip, produk yang dipesan dapat diambil secara langsung ke rumah oleh pembeli, akan tetapi bisnis delivery order ini anda yang harus mengantarkan secara langsung ke konsumen.

Penutup

Mebuka usaha unik di desa bisa menjadi solusi serta pilihan bisnis terbaik dan menguntungkan. Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan baca juga artikel terkait 5+ Inovasi Usaha di Desa yang Berpeluang Sukses Besar