,

5 Usaha yang Menguntungkan di Desa

by -11 views
5 Usaha yang Menguntungkan di Desa
Usaha Unik di Desa

Banyak orang yang memutuskan hijrah ke kota dengan tujuan mencari pekerjaan disana. Hal tersebut tentu karena sebuah anggapan, bahwa  tidak ada usaha yang menguntungkan di desa.

Paradigma demikian memang tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Penghasilan masyarakat  di desa pada umumnya memang kecil, tapi hal tersebut sebanding dengan harga kebutuhan disana.

Di desa harga kebutuhan pangan seperti sayur-mayur, buah-buahan, rempah dan lain sebagainya, itu relatif jauh lebih murah dibandingkan di perkotaan.

Sehingga, walaupun kita tinggal di desa, kita masih bisa sukses. Nah salah satu cara agar kita bisa memperoleh penghasilan yang besar di desa adalah dengan membuka usaha.

Ide Usaha yang Menguntungkan di Desa

5 Usaha yang Menguntungkan di Desa
Usaha di Desa

Berikut ini ada beberapa ide usaha yang menguntungkan di desa yang kami rekomendasikan untuk kamu. Simak informasi selengkapnya hingga selesai:

1. Menjadi Sub Agen Elpiji 3KG

Peluang usaha di desa pertama yang kami rekomendasikan adalah menjadi sub agen elpiji 3kg. Bisnis ini benar-benar memiliki prospek yang cukup meyakinkan. Hal tersebut karena memang hampir seluruh masyarakat menggunakan elpiji.

Walaupun memang di beberapa desa masih ada masyarakat yang menggunakan kayu bakar, tapi persentase nya sangat kecil.

Nah bagaimana sih cara menjadi sub agen elpiji?

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan mendaftar ke agen LPG resmi di wilayahnya masing-masing. Beberapa dokumen yang diperlukan adalah seperti fotocopy KTP, fotocopy KK, surat keterangan izin dan lain sebagainya.

Untuk pembahasan ini nampaknya harus kami buatkan video khusus yang menginformasikan secara rinci, baik dari persyaratan, modal dan juga estimasi pendapatan. Silahkan kamu tunggu video berikutnya.

Singkat saja, kisaran modal yang dibutuhkan adalah sebesar 60 juta untuk membeli 400 tabung LPG.

Sedangkan untuk estimasi keuntungan bersihnya, dengan tabung gas yang berjumlah 400 tersebut kamu bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp 3 juta perbulannya.

2. Usaha yang menguntungkan di desar lobster air tawar

Lobster air tawar harga yang lebih murah jika kita bandingkan dengan lobster air laut. Bukan hanya itu, loster jenis ini pun memiliki kandungan protein yang lebih tinggi serta rendah kolesterol.

Karena itulah, membuka usaha lobster air tawar di desa bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk memulai usaha ini anda dapat memanfaatkan lahan sempit sehingga bisa menghemat anggaran. Adapun anggaran modal yang diperlukan berkisar Rp 500.000 sampai 3 juta rupiah.

Anda dapat membeli paket kemitraan untuk usaha lobster ini. Salah satunya adalah yang ditawarkan oleh Tama lobster.

Tama lobster menawarkan paket kemitraan senilai Rp500.000 dimana nantinya anda akan mendapatkan indukan yang terdiri dari 6 betina dan 4 jantan. Tetapi, kalau kamu membeli paket ini maka proses penjualannya dilakukan secara mandiri alias tidak ditampung setelah panen.

Namun, kalau membeli paket yang harganya Rp3.000.000, kamu akan mendapatkan paket lengkap. Paket dari indukan 6 betina dan 4 jantan, alat pompa, terpal, filter, probiotik dan berbagai hal lainnya.

Kamu dapat mencari informasi yang lebih detail tentang kemitraan Tama lobster di internet. Silahkan Googling dengan kata kunci “Tama lobster”.

Nah satu yang belum dibahas yaitu terkait keuntungannya, untuk ukuran kolam 1×1,5 m itu dapat menampung hingga 2000 ekor benih lobster. Dengan angka tersebut kamu dapat memperoleh sekitar 3,3 juta rupiah selama 6 bulan.

4. Usaha yang menguntungkan di desa jual pulsa.

Bisnis ini sebenarnya bisa kamu jalankan dimana saja, baik itu di kota ataupun di desa. Hal tersebut karena memang pulsa dan token listrik sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana sih cara memulai usaha ini.

Nag jika kamu memang ingin menjadi agen pulsa, langkah pertamanya adalah mendaftar aplikasi agen pulsa terpercaya. Beberapa aplikasi tersebut adalah:

  • 1. Unitedtronik
  • 2. Toko modern fastpay
  • 3. Aplikasi Payfazz
  • 4. Agen pulsa termurah, dan
  • 5. KonterGo.

Silahkan kamu pilih salah satu dari rekomendasi aplikasi tersebut. Selanjutnya adalah mendaftar kemudian melakukan deposit awal. Kamu bisa deposit pulsa sebesar 1 juta atau lebih, tergantung dengan kamu mau berapa.

4. Usaha yang menguntungkan di desa kerajinan mebel

Di desa ada begitu banyak pepohonan dimana kayunya dapat diolah menjadi furniture, seperti kursi, meja, lemari atau lain sebagainya.

Walaupun memang untuk memulai usaha ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Kamu harus membeli berbagai peralatan tukang seperti mesin bobok, kompresor, mesin bor dan masih banyak lagi. HItungan kasar untuk modal investasinya bisa mencapai 36 juta rupiah, belum lagi ditambah biaya produksi yang jauh lebih besar.

Untuk pembahasan ini in syaa Allah akan kami buatkan secara terpisah di video-video berikutnya. Karena pastikan kamu subscribe channel ini dan nyalakan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan informasinya.

5. Usaha jasa pangkas rambut

Terakhir ide usaha yang menguntungkan di desa yang kami rekomendasikan adalah pangkas rambut. Bisnis yang satu ini memang masih sangat menjanjikan karena memang dibutuhkan banyak orang.

Tidak sedikit, warga desa yang harus pergi ke kota kabupaten atau kecamatan hanya karena ingin pangkas rambut, dikarenakan memang di desanya belum banyak tempat untuk pangkas rambut tersebut.

Kamu dapat memulai usaha ini dan mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Walaupun memang untuk memulainya kamu harus punya keterampilan di dalam memotong rambut, atau bisa bekerja sama dengan orang yang sudah punya keahlian tersebut.

Modal awal yang diperlukan tidak terlalu besar, cukup dengan 5 juta saja. Dengan modal segitu kamu sudah bisa membeli kursi cukur, kaca, gunting dan perlengkapan lain.

Penutup

Apakah kamu tertari dengan rekomendasi usaha yang menguntungkan di desa di atas? Kamu dapat memilih salah saut ide tersebut untuk ditekuni dan memperoleh keuntungan.

Semoga bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Lobster Air Tawar Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan