, , ,

5 Waralaba Jasa yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

by -23 views
Franchise Jasa

Bisnis franchise atau waralaba menjadi salah satu yang paling banyak populer di beberapa tahun belakangan ini. Ragam kemudahan yang ditawarkan serta modal yang tak terlalu besar, membuat banyak orang memilih untuk mulai menjadi pengusaha lewat franchise.

Seperti yang telah disinggung pada artikel bisnis waralaba bengkel mobil sebelumnya, keuntungan dari menjalankan franchise adalah kamu tak perlu repot-repot lagi dalam melakukan branding. Hal ini dikarenakan, ketika kamu memutuskan untuk bergabung sebagai franchise maka pihak franchisor akan memberikan izin terhadap seluruh hak intelektualnya yang meliputi nama, brand hingga keseluruhan sistem operasionalnya.

Dengan demikian, kamu bisa mulai berbisnis dengan lebih mudah karena nama brand yang kamu gunakan sudah cukup terkenal. Jika dilihat dari segi modal, bisnis franchise biasanya tidak memakan banyak biaya. Namun hal ini juga tergantung dari franchise apa yang kamu pilih.

Selain franchise yang menjual produk barang, ada juga waralaba khusus jasa. Beberapa di antaranya sering kita gunakan. Salah satunya adalah jasa pengiriman.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk bergabung menjadi mitra waralaba dari sebuah brand bisnis jasa. Berikut beberapa opsi waralaba jasa yang bisa kamu jadikan pilihan.

Waralaba Jasa yang Bisa Dijadikan Pilihan

 1. JNE Express

Franchise JNE
Foto: Wikipedia

Buat kamu yang sering melakukan belanja online atau sering berkirim barang antar daerah. Pasti sudah tak asing lagi dengan brand layanan ekspedisi yang satu ini.

Berdiri sejak tahun 1990, layanan JNE Express yang berada di bawah naungan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir ini bisa dibilang menjadi salah satu raksasa jasa pengiriman di Indonesia. Outletnya pun dapat dengan mudah kamu jumpai hampir di setiap titik di sudut kota.

Belakangan bisnis kurir atau jasa pengiriman ini menjadi sangat populer karena banyak dibutuhkan. Mengingat di era digital seperti saat ini, banyak orang yang lebih senang berbelanja menggunakan aplikasi online yang mengharuskan barang dikirim menggunakan jasa ekspedisi. Nama JNE Express pun semakin besar dengan minat masyarakat yang sering berkirim-kirim paket atau berbelanja daring.

Untuk menjadi partner dari JNE Express sendiri, kamu hanya perlu menyiapkan modal sekitar Rp 5 jutaan. Dengan catatan, kamu harus menyiapkan tempat untuk outletmu sendiri nanti.

2. The Clean Bar Laundry

Bisnis Waralaba
Foto: Malbekasi

Nah, jika kamu kurang tertarik dengan jasa ekspedisi. Masih ada pilihan waralaba jasa yang lain, salah satunya adalah The Clean Bar Laundry.

Sesuai namanya, franchise yang satu ini menjual jasa laundry. Tidak seperti bisnis laundry pada umumnya yang menerima cuci pakaian. Clean Bar Laundry hanya berfokus terhadap kebersihan sepatu maupun tas.

Dengan kinerjanya yang mengusung konsep “Make It Simple!”, Clear Bar Laundry ada dengan tujuan memudahkan orang-orang yang tak sempat membersihkan tas maupun sepatunya dalam waktu yang singkat. Hanya butuh waktu 25-30 menit dan kamu bisa mendapatkan tas maupun sepatumu dalam kondisi yang sudah bersih.

Buat kamu yang tertarik untuk bergabung bisnis waralaba The Clean Bar Laundry, kamu bisa menyiapkan dana mulai dari Rp 80 jutaan. Fasilitas yang akan kamu dapatkan pun cukup lengkap mulai dari booth, pendampingan, TV LCD dan masih banyak lagi perlengkapan yang lain.

3. Mr Klin Laundry

Waralaba Jasa - Laundry
Foto: Pixabay

Bisnis waralaba jasa selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah merek dagang Mr Klin Laundry. Yang satu ini agak mirip dengan yang sebelumnya, hanya saja Mr Klin Laundry melayani jasa cuci berbagai kebutuhan mulai dari pakaian, selimut, boneka dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk bergabung menjadi mitra bisnis Mr Klin Laundry, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp 29 jutaan. Beragam perlengkapan laundry pun bakal kamu dapatkan secara lengkap mulai dari mesin cuci, dryer, deterjen, parfum, setrika beserta mejanya dan masih banyak lagi yang lain.

4. Auto Clean Waterless

Waralaba Jasa - Cuci Mobil
Foto: Malbekasi

Nah, kalau kamu tertarik dengan bisnis yang berkaitan dengan otomotif terutama mobil. Auto Clean Waterless bisa dijadikan pilihan untuk terjun dalam bisnis waralaba.

Modal yang dibutuhkan untuk bergabung menjadi mitra bisnis yang satu ini memang terbilang cukup besar yakni mulai dari Rp 70 jutaan. Tapi modal tersebut cukup sebanding kok dengan apa yang akan kamu dapatkan.

Gerai yang cukup untuk menampung 3-6 mobil beserta belasan material serta puluhan alat kerja serta yang digunakan untuk penunjang operasional. Kamu juga akan mendapatkan training pendampingan sebelum pembukaan bisnis.

5. Galaxy Pertamini

Franchise Jasa - Galaxy Pertamini
Foto: Wallpaper Flare

Terakhir ada bisnis waralaba yang cukup banyak diminati belakangan ini. Galaxy Pertamini adalah franchise SPBU mini yang peluangnya sangatlah menjanjikan. Mengingat kendaraan bermotor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan saat ini.

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memulai bisnis franchise yang satu ini. Cukup dengan Rp 9 jutaan kamu sudah bisa mendapatkan booth lengkap dengan perangkat operasionalnya.

Untuk mendapatkan hasil keuntungan yang maksimal dari bisnis menjual bahan bakar dengan Galaxy Pertamini ini, kamu bisa mendirikan booth yang lokasinya jauh dari pom bensin. Dengan demikian kamu bisa meraup keuntungan yang lebih banyak.

Demikianlah artikel mengenai 5 waralaba jasa yang bisa kamu jadikan pilihan. Untuk mendirikan sebuah franchise bisnis yang menguntungkan, sebaiknya sesuaikan dengan budget yang kamu miliki serta perhatikan masalah apa yang banyak dialami oleh masyarakat di sekitar lingkunganmu.

Jika banyak orang mengeluhkan tidak adanya cabang ekspedisi terdekat di sekitar, maka kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan mendirikan franchise JNE. Sedangkan, jika masalah yang banyak dikeluhkan adalah lokasi SPBU yang jauh atau tidak adanya penjual bensin eceran di sekitar. Maka kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan mendirikan franchise Galaxy Pertamini.

Pelaku bisnis harus jeli dalam mengamati masalah yang ada di sekitarnya dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Dengan demikian, dapat dipastikan bisnismu akan terus berkembang ke depannya.

Untuk mendapatkan informasi terkait ide maupun tips-tips bisnis yang lain, terus pantengin situs InfoBiznis, ya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman maupun kerabat dekatmu. Selamat mencoba!