6 Langkah Memulai Usaha Makanan Rumahan Online

by -64 views
Usaha Makanan Rumahan Online

Makin hari, banyak orang makin mager alias malas gerak. Mereka memilih menggunakan jasa delivery daripada berjalan kaki untuk membeli sesuatu termasuk makan. Karena itu, toko online termasuk salah satu bisnis online ideal karena dibutuhkan banyak orang. Dengan rebahan di sofa, orang bisa dengan gampang memesan barang maupun makanan baik itu pagi, siang, malam atau tengah malam. Ini satu peluang bagi ibu rumah tangga yang ingin mulai usaha makanan rumahan secara online.

Apa saja langkah memulai usaha makanan rumahan online?

  1. Tetapkan produk yang ingin Anda jual
  2. Hitung budget atau anggaran
  3. Pre-order atau sedia stok?
  4. Pastikan media tempat Anda jualan
  5. Siapkan materi promosi
  6. Promosikan toko online Anda

Tidak terlihat sulit, bukan? Yang penting adalah action sehingga akhirnya keinginan Anda untuk memiliki usaha makanan rumahan online bisa terwujud.

Usaha Kuliner dari Rumah

6 Langkah Memulai Usaha Makanan Rumahan Online

 

1. Tetapkan produk yang ingin Anda jual

Sebaiknya, produk yang Anda jual adalah produk yang Anda kuasai cara membuatnya. Kecuali kalau Anda ingin belajar lagi dari awal. Tapi jika Anda sudah terbiasa membuat cake atau bolu, pasti akan lebih mudah menjalankan usaha Anda.

Selain itu, Anda perlu melihat trend di pasar. Boleh saja mengikuti trend, tapi Anda perlu ingat bahwa trend itu ada akhirnya. Jadi Anda harus bersiap-siap, saat trend tersebut mulai menurun, Anda harus sudah siap dengan ide baru.

2. Hitung budget atau anggaran

Jika Anda terbiasa berbelanja untuk rumah tangga, pasti tidaklah sulit menghitung budget atau anggaran untuk usaha makanan rumahan online ini. Setelah memastikan produk yang akan Anda jual, Anda bisa menghitung beaya yang diperlukan. Jangan lupa masukkan beaya gas atau listrik sebagai salah satu komponen. Juga beaya kemasan.

Selesai menghitung beaya, saatnya Anda menentukan harga jual. Anda bisa cek di toko online yang menjual barang serupa, sehingga harga yang Anda tetapkan tidak terlalu mahal, tapi juga tidak terlalu murah.

3. Pre-Order atau sedia stok?

Sebelum melempar produk Anda ke pasaran, pastikan apakah Anda hanya melayani pre-order, atau memiliki stok barang? Untuk produk kue kering atau cemilan yang tahan lama, Anda bisa saja menyediakan stok agar pembeli bisa langsung mendapatkan barang. Jika produk Anda terbilang tidak tahan lama seperti salad buah atau cake ulang tahun, sebaiknya Anda menerapkan sistem pre-order untuk mengurangi kerugian andai saja ada yang tidak terjual.

4. Pastikan media tempat Anda jualan

Apakah Anda ingin berjualan lewat media sosial seperti Instagram, Twitter atau Facebook? Atau lewat marketplace seperti Tokopedia dan Shopee? Karena membangun akun media social yang punya follower banyak itu butuh waktu, Anda bisa gunakan kedua media tersebut. Tetapkan satu marketplace dan bangun akun media sosial Anda sebagai sarana berpromosi.

5. Siapkan materi promosi

Sekarang, Anda bisa dengan mudah menemukan jasa desain dengan harga terjangkau. Atau Anda bisa belajar menggunakan aplikasi Canva yang tersedia versi gratisnya. Anda bisa menyiapkan banner untuk disebarkan secara online, dengan informasi lengkap tentang produk dan usaha makanan rumahan online Anda. Cantumkan info harga, cara pemesanan, nomor kontak dan juga metode pengiriman. Lengkapi banner Anda dengan foto produk Anda yang menarik.

6. Promosikan toko online Anda

Media Sosial

Media sosial adalah sarana promosi paling tepat untuk saat ini. Gratis, dan bisa dikerjakan kapan saja. Anda bisa mulai membuat akun Instagram, Twitter atau Facebook, lalu secara berkala mengupload materi promosi Anda. Anda juga harus sering berinteraksi dengan akun lain, agar akun Anda semakin mudah dikenal orang.

Jangan lupakan juga untuk berpromosi ke orang-orang terdekat seperti tetangga, teman, dan saudara. Minta bantuan mereka untuk meneruskan informasi tentang usaha makanan rumahan online Anda ke teman-teman mereka.

 

Terlihat mudah, bukan? Anda bisa mulai dari langkah pertama yaitu menetapkan produk untuk usaha makanan rumahan online Anda, lalu lanjut ke langkah kedua dan selanjutnya. Anda siap menerima pesanan dan mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu keluar rumah!

Masih perlu informasi untuk bisnis online atau peluang mendapatkan penghasilan tambahan? Selalu ikuti Infobiznis karena kami akan terus menyajikan informasi berharga seputar bisnis.