,

6 Strategi Pemasaran Melalui WhatsApp yang Ampuh

by -7 views
Strategi Pemasaran - Whatsapp
Strategi Pemasaran - Whatsapp

Media sosial memiliki peranan yang penting untuk kemajuan sebuah bisnis, baik yang berskala besar maupun kecil. Saat ini hampir semua pebisnis sudah menggunakan strategi pemasaran melalui media sosial karena memang terbukti ampuh untuk meningkatkan prospek konsumen. Akan tetapi yang harus anda ketahui bahwa setiap media sosial mempunyai strategi pemasaran yang berbeda-beda.

Nah pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu media sosial yang banyak digunakan orang untuk berbisnis, yaitu Whatsapp. Sebenarnya ini adalah aplikasi yang menghubungkan anda dengan calon konsumen, untuk meningkatkan prospek penjualan anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Strategi Pemasaran Whatsapp dengan Interaksi Terlebih Dahulu

Strategi Pemasaran - Whatsapp
Strategi Pemasaran – Whatsapp

Jika anda memasarkan produk di toko online atau media sosial seperti Instagram dan Facebook, biasa nya nda akan mengarahkan calon pembeli untuk menghubungi melalui Whatsapp. Nah sebenarnya trik ini tidak salah. Akan tetapi perlu anda perhatikan, terlebih dahulu cobalah untuk berinteraksi dengan calon pembeli agar terkesan lebih dekat.

Hindari memberikan penawaran langsung, baik secara personal atau di grup karena hal itu tidak ah efektif. Kuncinya adalah dekati calon konsumen lebih dekat dan seolah anda adalah teman mereka. Ikuti kemahuan merak terlebih dahulu, seperti berinteraksi dengan berbagi cerita atau lainnya. Setelah dirasa cukup barulah anda menawarkan produk.

Strategi Pemasaran dengan Mengumpulkan Kontak Calon Pembeli

Strategi Pemasaran - Whatsapp
Strategi Pemasaran – Whatsapp

Hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan strategi pemasaran wahtsapp adalh megnumpulkan kontak calon pembeli. Jika suatu hari anda mendapatkan orang bertanya kepada anda melalui Whatsapp, namun akhirnya mereka tidak jadi membeli produk anda, kontak tersebut jangan langsung dihapus. Simpan kontak tersebut untuk target promo di masa mendatang

Orang yang telah menghubungi anda melalui Whatsapp biasanya sudah memiliki kecenderungan untuk membeli produk, hanya saja mereka belum yakin. Anda juga dapat mengumpulkan kontak calon pembeli melalui toko online, Facebook, Instagram dan lain sebagainya yang pernah berhubungan dengan bisnis anda.

Cobalah untuk menawarkan promosi kepada mereka, tetapi dengan embel-embel mereka harus memberikan kontak Whatsapp terlebih dahulu. Anda dapat menjelaskan jika promo hanya dikirim melalui pesan Whatsapp. Akan tetapi buatlah dengan cara yang elegan dan sopan.

Mintalah Calon Konsumen Menyimpan Kontak Whatsapp Anda

Strategi Pemasaran - Whatsapp
Strategi Pemasaran – Whatsapp

Jika anda telah melakukan kontak dengan calon pelanggan, tidak ada salahnya anda meminta mereka untuk menyimpan kontak anda. ini berguna untuk agar dapat melakukan broadcast kepada mereka serta promosi melalui story. Mintalah dengan cara yang sopan atau anda dapat memberikan promo kepada mereka yang menyimpan kontak anda.

Strategi Pemasaran dengan Broadcast

Strategi Marketing - Whatsapp
Strategi Marketing – Whatsapp

Jika anda ingin melakukan broadcast, usahakan jangan terlalu sering. Usakan juga pesan yang anda kirimkan tidak melulu tentang promo, kapan hal itu akan menyebabkan orang risih dan tidak nyaman dengan bisnis anda. bukannya mereka membeli produk, yang ada malah menghapus nomor Whatsapp anda dari ponsel mereka.

Anda dapat mengirimi merak konten yang bermanfaat dan berhubungan dengan bisnis anda. buatlah calon pembeli merasa nyaman dan tidak masalah jika anda mengirimi mereka broadcast. Tentukan juga jadwal yang tepat, misalnya 2 kali dalam seminggu.

Memikirkan Judul dan Konten

Strategi Marketing - Whatsapp
Strategi Marketing – Whatsapp

Jika anda ingin melakukan promosi baik itu di broadcast atau story Whatsapp, pikirkan juga terkait judul dan konten di dalamnya. Jangan hanya mengharapkan orang segera membeli produk, tetapi berikanlah manfaat konten yang lebih jauh.

Salah satu trik yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan teknik hypnotic writing. Anda dapat menulis konten artikel yang membuat orang penasaran, mulai dari judul, gambar, hingga lainnya.

Konsisten

Strategi Marketing - Whatsapp
Strategi Marketing – Whatsapp

Agar sukses dalam melakukan strategi pemasaran menggunakan Whatsapp, tentunya anda harus konsisten. Maksudnya adalah anda harus konsisten dalam mengumpulkan kontak calon pembeli, melakukan broadcast yang bermanfaat, konsisten memberikan promo menarik, dan lain-lain.

Penutup

Demikianlah informasi tentang strategi pemasaran menggunakan Whatsapp yang bisa anda terapkan dalam bisnis untuk mendapatkan kesuksesan. Semua trik dan tips di atas di manajemen kan berhasil, karena hal itu kembali lagi kepada anda bagaimana cara mengakses keluar asinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan share kepada keluarga dan teman.

Baca juga artis lain tentang Tingkatkan Traffic Toko Online Anda dengan Strategi Pemasaran Blogging