7 Aplikasi Untuk Usaha Rumah Tangga Anda

by -4 views
Gambaran orang mencatat
Selalu luangkan waktu untuk mencatat perkembangan usaha kecil Anda

Dalam menjalankan usaha, pasti Anda butuh bantuan agar semua berjalan lancar, terorganisir rapi dan terekam. Meskipun usaha Anda baru dirintis dan merupakan usaha rumah tangga, jangan remehkan pencatatan yang rapi. Anda pasti ingin usaha Anda berkembang, bukan?

Karena itu, sedari awal Anda sudah harus menjalankan usaha dengan profesional dan terencana.

Terlebih di jaman digital seperti sekarang. Anda bisa memanfaatkan berbagai software atau aplikasi untuk memastikan semua kegiatan bisnis berjalan sesuai rencana.

Kini, tersedia jutaan software atau aplikasi bisnis. Anda tidak perlu bingung. Yang perlu menjadi patokan Anda adalah aplikasi harus memudahkan pekerjaan Anda, bukan sebaliknya. Pilih aplikasi yang sesuai bagi Anda dan mudah penggunaannya.

Tidak perlu aplikasi yang mahal. Untuk usaha rumah tangga Anda, 7 aplikasi di bawah ini sudah bisa memenuhi kebutuhan kecil dan menengah.

 

7 aplikasi untuk usaha rumah tangga

 

  1. Google Sheet / Microsoft Excel

Google Sheet adalah program spreadsheet yang dikeluarkan oleh Google dan gratis. Anda bisa menggunakan software ini untuk mencatat pengeluaran, pemasukan dan inventaris usaha kecil Anda. Sebagai pengusaha yang baru mulai usaha kecil, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan menggunakan software ini secara free.

  1. Google Drive / Dropbox

File-file penting sebaiknya disimpan di Google Drive atau Dropbox atau media penyimpanan berbasis cloud. Anda bisa mengakses file ini dari mana saja, meskipun Anda sedang tidak berada di rumah dan tidak sedang memegang laptop/computer. Anda bisa akses Google Drive dari handphone dan berbagi file dengan siapa saja yang membutuhkan.

  1. Media Sosial

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter sangat penting bagi promosi bisnis Anda. Sebaiknya Anda update status atau konten secara regular. Tidak hanya melulu berbagi info produk untuk jualan, namun Anda juga bisa berbagi tips atau hal-hal yang lucu. Usahakan follower Anda mendapat nilai lebih dari Akun Anda.

  1. Canva

Untuk membuat materi promosi maupun konten media sosial, Anda perlu software yang mumpuni. Sekarang tersedia Canva untuk membuat materi promosi seperti web banner, konten Instagram dan lain-lain. Versi gratis Canva sudah cukup untuk usaha kecil Anda.

  1. Photoshop Express

Untuk menyiapkan materi menggunakan Canva, tentu Anda membutuhkan foto. Seringkali Anda harus mengedit foto agar lebih sesuai untuk desain yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan Photoshop Express keluaran Adobe. Tersedia versi gratis dan berbayar.

  1. Trello

Tampilan aplikasi Trello bisa untuk manage usaha rumah tangga
Contoh tampilan aplikasi Trello (Sumber gambar: Trello.com)

Trello adalah aplikasi untuk manage projek dan tugas Anda. Dengan aplikasi sederhana ini, Anda bisa melacak sejauh mana perkembangan projek Anda dan tugas-tugas apa yang belum Anda selesaikan. Jika kelak Anda mempekerjakan tenaga lain misalnya untuk manage akun media sosial atau untuk membangun website, Anda bisa menggunakan Trello untuk berkolaborasi dengan mereka. Trello versi gratis sudah cukup bagi usaha kecil yang baru Anda mulai.

  1. Chat (WhatsApp, Telegram)

Aplikasi chat sudah pasti masuk ke daftar aplikasi yang harus Anda miliki. Menggunakan aplikasi seperti WhatsApp dan Telegram, Anda bisa membangun komunikasi dengan para pelanggan, baik yang sudah menjadi pelanggan maupun yang masih berstatus calon pelanggan. Gunakan aplikasi ini dengan wajar, dalam artian jangan sampai Anda di-banned oleh WhatsApp karena mengirimkan promo blast pada nomor kontak yang tidak mengenal Ada.

 

Sebagai pengusaha, Anda harus selalu mengikuti perkembangan jaman termasuk dunia digital. Menggunakan aplikasi seperti di atas akan membantu jalannya usaha rumah tangga Anda. Mengikuti jalannya perkembangan usaha juga akan terasa lebih mudah. Dibandingkan jika Anda menggunakan pencatatan secara manual menggunakan buku, misalnya.