,

6 Cara Memasarkan Bisnis Tanpa Modal Besar

by -5 views
Cara Memasarkan Bisnis
Cara Memasarkan Bisnis

Saat ini internet menjadi peranan penting dan menjadi cara memasarkan bisnis ampuh tanpa modal besar. Anda dapat memanfaatkan platform internet untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Di internet, banyak pebisnis yang berhasil menghasilkan ribuan penjualan dengan anggaran yang terbatan. Akan tetapi di balik kisah sukses tersebut pastinya ada ide-ide kreatif yang perlu diterapkan.

Lalu apa sebenarnya yang dilakukan oleh para pengusaha sukses dalam memasarkan bisnisnya? Berikut adalah tips atau caranya.

7 Cara Memasarkan Bisnis Tanpa Memerlukan Modal yang Besar

1. Menggunakan hashtag untuk memaksimalkan postingan iklan

hashtag
Ilustrasi hashtag

Di media sosial Anda dapat menghasilkan penjualan yang lebih besar dibanding dengan platform online lainnya. Hal itu karena banyak orang mengunjungi media sosial hampir setiap hari.

Facebook dan Instagram merupakan platform media social yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia. Anda dapat memanfaatkan platform ini untuk memasarkan produk, terlebih anda dapat menggunakan hastag untuk meningkatkan penjualan.

Penggunaan hashtag bisa memaksimalkan iklan dan tentunya gratis.

2. Memulai sebuah blog bisnis

Langkah menjadi blogger bagi ibu rumah tangga
Langkah menjadi blogger bagi ibu rumah tangga

Sebenarnya blogging bisnis hampir sama dengan blogging biasa. Hanya bedanya, di blog bisnis Anda dapat memberikan informasi terkait rincian produk serta layanan yang ditawarkan.

Blog bisnis tentunya dapat dijalankan dengan gratis namun tetap bisa mendapatkan trafik pengunjung setiap hari. Beberapa website besar, dahulunya memulai blogging dengan blog gratisan seperti WordPress.

Nah begitupun dengan anda, memperkenalkan bisnis melalui blog sangat bermanfaat untuk mendapatkan trafik pengunjung serta leads pembeli.

Buatlah konten yang menarik serta berkualitas untuk menarget audiens yang ideal. Jika bisnis Anda terkait kuliner, maka anda dapat menuliskan informasi di blog seputar dunia kuliner, baik itu resep-resep, cara memasak, dan informasi lainnya.

3. Beriklan menggunakan facebook

jenis media sosial
berbagai media sosial

Salah satu cara efektif untuk menjangkau pelanggan baru adalah menggunakan platform iklan Facebook. Yang lebih menguntungkan lagi adalah, iklan Facebook relatif murah dan terjangkau.

Anda dapat memulai iklan Facebook dengan anggaran sebesar Rp50.000 saja dalam sehari. Dengan anggaran tersebut iklan dapat ditargetkan kepada pemirsa yang potensial.

Buatlah iklan Facebook yang spesifik agar biaya per iklannya lebih rendah. Untuk bisa memasang iklan melalui platform Facebook memang membutuhkan skill dan keterampilan tersendiri. Karena itu pelajari lebih dalam bagaimana cara berkampanye iklan di Facebook agar sukses.

4. Membangun database email calon konsumen

Cara Memasarkan Bisnis
Cara Memasarkan Bisnis

Strategi atau cara memasarkan bisnis tanpa modal besar lainnya adalah dengan email marketing. Memasarkan produk atau bisnis melalui email menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan pelanggan tetap.

Gunakanlah blog atau website untuk membangun email list pelanggan. Mintalah email kepada pelanggan kemudian menggantinya dengan memberikan ebook gratis, misalnya.

Pada umumnya Anda dapat mengumpulkan email sebelum meluncurkan produk atau layanan. Dengan cara ini maka anda dapat membangun hubungan dengan calon konsumen yang memiliki potensi untuk membeli.

5. Membuat video ulasan produk

Cara Memasarkan Bisnis

YouTube adalah platform video yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Terlebih youTube dapat digunakan secara gratis baik itu untuk keperluan komersial ataupun hiburan semata.

Anda dapat membuat ulasan produk dalam bentuk video kemudian menyebarkannya melalui platform YouTube ini. Akan tetapi hal yang perlu diingat bahwa, untuk menjaring penonton yang banyak dan luas membutuhkan ide kreatif dalam pembuatan video.

Biasanya yang orang menonton YouTube membutuhkan hiburan, karena itu Anda dapat menyelipkan sedikit hiburan di dalam video promosi.

6. Membuat sebuah kontes

Cara Memasarkan Bisnis
Cara Memasarkan Bisnis

Untuk membangun keterlibatan serta branding produk atau bisnis, Anda dapat membuat sebuah kontes reguler. Kontes ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan leads penjualan produk atau layanan yang ditawarkan.

Kontes ini dapat diartikan sebagai giveaway, yaitu memberikan produk gratis untuk pemenang yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Dengan strategi semacam ini maka bisnis akan semakin terkenal di media sosial dan tentunya hal ini dapat memangkas biaya promosi yang besar.

Kesimpulan

Cara memasarkan bisnis dapat dilakukan dengan berbagai strategi. Akan tetapi dengan adanya perkembangan internet hal itu dapat dilakukan bahkan dengan modal yang sedikit.

Manfaatkanlah forum internet untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan dan mendapatkan keuntungan besar.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan membantu anda untuk melakukan branding bisnis. Baca juga pembahasan lain terkait Komponen Penting Dalam Strategi Pemasaran Melalui Digital