7 Cara Sukses Ternak Ayam agar Bisa Cuan Saat Pandemi

by -5 views
7 Cara Sukses Ternak Ayam agar Bisa Cuan Saat Pandemi

Salah satu bahan pangan yang dibutuhkan  masyarakat adalah ayam potong. Sayangnya banyak orang gagal di dalam bisnis ini karena tidak tahu cara sukses ternak ayam yang tepat. Padahal prospek keuntungannya sangatlah besar dan menjanjikan.

Kebutuhan akan ayam potong di pasaran memang sangatlah tinggi. Bahkan seringkali harga di pasaran meningkat tajam karena sedikitnya pemasok daging ayam.

Cara Sukses Ternak Ayam

7 Cara Sukses Ternak Ayam agar Bisa Cuan Saat Pandemi

Telah kita sadari bahwa prospek dan keuntungan usaha ayam memang menjanjikan. Karena itu agar tidak gagal, berikut kami telah merangkum informasi tentang bagaimana cara sukses di dalam bisnis ini:

1. Pendanaan

Modal dan pendanaan menjadi hal yang krusial ketika ingin memulai usaha ternak ayam potong. Sangat penting sebelum terjun di dalam bisnis ini anda perlu memperhatikan modal dan pendanaan awal.

Perjalanan bisnis akan sangat dipengaruhi oleh modal. Misalnya pendanaan tersebut berasal dari hutang, tabungan, atau modal pribadi, dimana hal tersebut pastinya akan memberi pengaruh terhadap usaha anda.

Contoh sederhananya adalah saat Anda memulai usaha dengan modal minim maka alokasi bibitnya jangan terlalu besar. Karena anda perlu memperhatikan biaya pakan jika ayam mulai besar nantinya.

Adapun modal awal yang dibutuhkan adalah untuk mempersiapkan hal-hal berikut:

  • Pakan
  • Bibit anak ayam
  • Kandang
  • Tempat makan
  • Tempat minuman
  • Biaya operasional bulanan
  • Vaksin serta obat-obatan
  • Lampu, dan lain sebagainya.

2. Menyiapkan tempat untuk perkembangan

Tempat pengembangan atau pembesaran juga menjadi hal yang perlu diperhatikan sebagai cara sukses ternak ayam. Jangan sampai lokasi budidaya ayam ditempatkan secara sembarangan.

Contohnya, membuat kandang di halaman rumah yang kecil, maka hal tersebut tentu saja tidak efisien serta dapat menghambat pengembangbiakan ayam.

Karena itulah anda perlu menyiapkan tempat khusus serta luas jika memang ingin serius menggeluti bidang ini. Selain itu, jika kandang dibuat sembarangan maka bau dari kotoran dapat mengganggu tetangga atau orang lain.

3. Cara sukses ternak ayam dengan memilih bibit unggul

Produk yang dipasaran harus berkualitas dan terjamin mutunya. Di dalam ternak ayam tentu saja memilih bibit unggul menjadi kunci sukses yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Memilih bibit yang berkualitas serta terjamin akan memudahkan anda di dalam merawatnya. Hal itu karena risiko kematian dan penyakit lebih kecil sehingga anda pun dapat menghindari kerugian yang besar.

4. Lakukanlah vaksinisasi secara rutin

Cara sukses ternak ayam berikutnya adalah dengan memberikan vaksin secara rutin. Vaksin dan obat-obatan dapat mencegah ayam terserang penyakit yang mengakibatkan kematian.

Selain dari bibit yang unggul ayam juga dapat berkembang dengan baik jika kesehatannya terjaga. Hal yang perlu diingat bahwa usaha yang anda buka ini berkaitan dengan makhluk hidup, sehingga Anda wajib untuk memperhatikan kesehatannya.

5. Cara sukses ternak ayam memilih pakan berkualitas

Agar pertumbuhan ayam berjalan secara maksimal maka berikanlah pakan yang berkualitas. Hindari memberi makan yang belum teruji secara klinis karena dapat membahayakan ayam itu sendiri.

Bukan hanya itu, pakan yang tidak berkualitas juga dapat berakibat buruk pada daging ayam. Tentu saja hal tersebut dapat merugikan konsumen di mana ujungnya juga akan merugikan kita sendiri.

Konsumen yang percaya dengan produk yang kita jual mereka dapat membeli kembali. Begitupun sebaliknya, jika kualitas produk yang kita berikan buruk maka kredibilitas bisnis kita pun akan menurun.

6. Pilihlah jenis ayam yang banyak dicari

Ada beberapa jenis ayam yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Dengan memilih jenis ayam yang dibutuhkan anda dapat memasarkan ayam dengan mudah.

Salah satu contohnya adalah ayam broiler. Ayam jenis ini lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat ketimbang ayam kampung. Selain itu, waktu pengembangannya pun relatif tidak terlalu lama sehingga proses pemanenan pun akan lebih cepat.

Anda pun dapat memilih jenis ayam lain sesuai dengan kebutuhan di sekitar tempat tinggal.

7. Cara sukses ternak ayam dengan perawatan yang baik

Bisnis yang berkaitan dengan makhluk hidup memang mengharuskan kita untuk melakukan perawatan yang baik. Berbeda dengan barang, usaha ternak ayam mengharuskan kita memahami bagaimana proses pengembangannya agar dapat dirawat yang tepat.

Jangan sampai hanya karena hal-hal kecil bisnis yang diintis ini menjadi gagal. Misalnya terkait kebutuhan pakan dan minum, kandang yang tidak bersih, tidak diberikan vaksin dan lain sebagainya.

Penutup

Sangat penting untuk mengetahui cara sukses ternak ayam jika ingin serius menggeluti bisnis ini. Tanpa memahami bagaimana cara berkembangnya akan sangat sulit untuk kita bisa sukses di dalam ternak ayam.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan baca juga pembahasan lain mengenai Cara Ternak Kambing Modal 10 Juta yang Menguntungkan