7+ Contoh Usaha Mikro yang Menguntungkan dan Bisa Ditiru

by -20 views
Peluang usaha
Usaha Mikro yang Menguntugkan dan Bisa Ditiru

Secara garis besar usaha mikro dapat diartikan sebagai usaha yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha milik perorangan. Kriteria usaha mikro adalah tidak memiliki kekayaan bersih lebih dari 50 juta rupiah selain tanah dan bangunan. Kriteria lainnya adalah hasil penjualan yang tidak melebihi 300 juta pertahun.

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis usaha mikro. Banyak masyarakat Indonesia yang memilih untuk memulai usaha mikro karena memang dapat dimulai dengan modal yang kecil.

7 Contoh Usaha Mikro

7+ Contoh Usaha Mikro yang Menguntugkan dan Bisa Ditiru
7+ Contoh Usaha Mikro yang Menguntungkan dan Bisa Ditiru

Nah jika anda tertarik untuk memulai usaha mikro, berikut ini kita akan membahas terkait jenis-jenis usaha mikro yang menjanjikan dan bisa anda tiru.

Bisnis Kuliner

Kuliner merupakan bisnis yang terus menggairah dan seolah tak pernah lekang oleh waktu. Usaha kuliner sekarang berkembang pesat dengan bertumbuhnya perekonomian di tengah-tengah masyarakat.

Anda tidak perlu khawatir dengan persaingan yang begitu banyak, karena memang prospek usaha kuliner ini masih terbuka luas. Selagi anda memiliki ide usaha kuliner tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

Bisnis Fashion

Selain kuliner, bisnis fashion juga terus berkembang dan terus digemari oleh banyak orang. Bisnis ini memiliki potensi hasil profit yang besar khususnya pada momen-momen tertentu, misalnya saat hari raya.
Memiliki usaha fashion ini harus pandai-pandai melihat perkembangan zaman dan minat pasar yang terus berubah-ubah.

Usaha Mikro Bidang Pendidikan

Membuka tempat-tempat kursus atau pelatihan tatap muka sekarang ini sangat digemari, baik itu oleh pelajar ataupun mereka yang ingin menambah keahlian khusus.

Jika anda memiliki keahlian atau keterampilan di bidang tertentu, maka hal itu bisa menjadi modal besar untuk memulai bisnis pendidikan ini.

Bisnis Agribisnis

Di Indonesia, bisnis di bidang pertanian ataupun peternakan juga memiliki prospek yang terbuka luas. Pelaku UKM di bidang agribisnis ini masih didominasi oleh orang tua karena anggapan orang jika pekerjaan petani atau peternak adalah kotor dan kurang menguntungkan.

Banyak anak muda yang belum tertarik untuk memulai bisnis agribisnis, padahal jika ditekuni dengan baik usaha ini sangat menjanjikan karena alam Indonesia sangat subur dan makmur.

Bisnis Tour and Travel

Membuka usaha dibidang tour and travel juga sangat potensial terutama di wilayah yang memiliki pariwisata menarik. Untuk memulai bisnis ini tidak perlu memiliki modal seperti kendaraan sendiri karena anda dapat bekerja sama dengan pihak lain.

Paket tour and travel dapat mencakup segala akomodasi, guesthouse, cottage, vila, losmen dan lain-lain.

Bisnis Katering

Di daerah perkotaan bisnis katering sangat digemari oleh masyarakat. Pasalnya, mereka yang bekerja kantoran akan sulit membagi waktu antara pekerjaan dan memasak makanan sehari-hari.

Melalui bisnis ini anda dapat menawarkan paket makanan yang siap diantar setiap hari. Karena itu tidak heran jika bisnis katering dapat bertumbuh dengan pesat dan menguntungkan.

Bisnis Laundry

Membuka jasa laundry atau pencucian pakaian juga merupakan usaha mikro yang mudah untuk dimulai. Anda dapat memulai usaha laundry dengan modal 10 jutaan saja.

Dengan modal yang terbilang kecil, keuntungan yang diperoleh tetap maksimal dan bisa menjadi sumber pemasukan anda.

Bisnis Mikro Otomotif

Di bidang otomotif ada banyak peluang bisnis yang dapat anda kerjakan, misalnya menjual suku cadang kendaraan, rental motor, rental mobil, bengkel otomotif, jasa pencucian kendaraan dan lain sebagainya.

Jangan khawatir dengan banyaknya pesaing karena kebutuhan akan produk otomotif ini sangat tinggi. Terlebih jika anda pandai melakukan promosi, maka tidak heran jika nantinya bisnis otomotif anda dapat mengalahkan pesaing-pesaing serta mendapatkan profit yang besar.

Kesimpulan

Bagaimana apakah anda tertarik untuk memulai usaha mikro seperti diatas? Jika Iya pastikan terlebih dahulu anda mempelajari seluk-beluk terkait usaha yang anda pilih.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah ide peluang usaha. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 5 Strategi Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah