,

7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

by -23 views
Cara Pengelolaan Stok Barang
Bisnis Saham

Dalam bisnis saham, naik turun terkait harganya adalah lumrah dan sering terjadi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga saham, salah satunya adalah karena permintaan dan ketersediaan yang terus berubah-ubah.

Nah pada pembahasan kali ini kita akan mengulas hal-hal apa saja yang menjadi penyebab turun naiknya harga saham tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti pembahasan ini hingga selesai:

Aksi Korporasi Perusahaan

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham
Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Faktor pertama yang akan kita bahas adalah terkait aksi korporasi yaitu berupa kebijakan yang diambil oleh Manajemen Perusahaan terkait. Kebijakan semacam ini berdampak terhadap perubahan sifat yang fundamental di dalam perusahaan.

Dengan adanya kebijakan fundamental tersebut akan menjadi alasan harga saham menjadi terpengaruh di bursa.

Kebijakan Pemerintah

pengaruh
Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Kebijakan pemerintah juga mengambil peran terhadap turun naiknya harga saham. Walaupun terkadang kebijakan tersebut hanya berupa wacana dan belum direalisasikan. Misalnya kebijakan terkait ekspor impor, kebijakan hutang, kebijakan penanaman modal asing, kebijakan perseroan, dan masih banyak lagi.

Biasanya saham yang sangat peka terhadap isu seperti ini adalah saham tipe trader. Hal itu karena saham tipe ini sangat memanfaatkan isu sensitif untuk mengambil keuntungan dari spekulasi untung ruginya.

Proyeksi Kinerja Perusahaan Pada Masa Depan

Saham
Harga Saham

Faktor lain yang mempengaruhi harga saham di bursa adalah terkait kinerja ataupun performa perusahaan terkait. Banyak investor menjadikan performa perusahaan sebagai acuan dan analisis terhadap harga saham perusahaan tersebut.

Ada banyak faktor yang terkait dengan performa perusahaan, baik itu dividen tunai, rasio nilai buku, rasio utang, tingkat laba dan lain sebagainya.

Pengaruh Fluktuasi Kurs Rupiah

Saham
Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Sudah tidak heran lagi jika kurs Rupiah terhadap uang asing menjadi pengaruh besar terhadap turun naiknya harga saham. Hal itu karena memang secara logika sangat masuk akal. Akan tetapi pengaruh yang ditimbulkan bisa berupa positif ataupun negatif terhadap perusahaan tertentu.

Ketika kurs Rupiah naik ada perusahaan yang memang diuntungkan akan tetapi sebaliknya ada juga perusahaan yang malah merugi.

Pengaruh dari Rumor dan Sentimen Pasar

Sebab harga saham naik
Harga Saham

Bisnis saham ataupun pasar saham sangatlah dipengaruhi oleh info-info manipulatif, rumor ataupun berita-berita. Bahkan isu yang tidak jelas bisa mempengaruhi kenaikan atau penurunan harga saham di perusahaan tertentu.

Kita ambil contoh misalnya, seorang direksi perusahaan membuat pernyataan  negatif. Nah hal itu bisa berdampak terhadap perusahaan tersebut yang bisa saja menjadikan harga saham naik ataupun turun secara tiba-tiba.

Karena itu banyak analisis ataupun investor menjadikan ini sebagai acuan atau pertimbangan dalam memutuskan untuk mengambil saham tersebut atau tidak. Bagi investor pemula mungkin ini sulit untuk diteliti jika memang tidak menganalisa secara jeli terhadap internal perusahaan terkait.

Akan tetapi berbeda dengan investor yang sudah berpengalaman, mereka akan sangat jeli terhadap isu sensitif ataupun berita-berita terkait saham perusahaan tersebut. Mereka bisa saja melakukan pembelian atau penjualan dengan alasan isu-isu sensitif yang tidak banyak diketahui orang.

Pengaruh dari Faktor Kepanikan

Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham
Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Pasar saham juga dipengaruhi oleh faktor kepanikan yang bisa berdampak langsung terhadap turun naiknya harga saham tersebut. Misalnya saja pada tahun 2006, muncul berita terkait meledaknya salah satu pipa di Perusahaan Gas Negara.

Dengan adanya berita tersebut secara otomatis saham perusahaan terkait juga ikut terpengaruh. Akan tetapi setelah penelitian ternyata meledaknya pipa tersebut tidak menyebabkan efek yang terlalu signifikan terhadap keseluruhan bisnis Perusahaan Gas Negara.

Pengaruh dari Faktor Manipulasi Pasar

Hal yang juga sering terjadi di dalam dunia saham adalah terkait manipulasi pasar. Manipulasi tersebut bisa berdampak langsung terhadap turun naiknya harga saham.

Lalu bagaimana hal ini bisa terjadi? Pada umumnya manipulasi seperti ini dilakukan oleh investor-investor berpengalaman. Investor tersebut tentunya memiliki modal besar untuk memanfaatkan media massa dalam mengendalikan kondisi tertentu untuk kepentingan mereka sendiri. Akan tetapi manipulasi semacam ini tidak dapat bertahan lama.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang faktor yang mempengaruhi harga saham. Sebenarnya masih ada faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk Anda semua, baca juga artikel lain terkait Ini 5 Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola oleh Kelompok