, , ,

7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis untuk Mahasiswa

by -6 views
menjadi pengusaha muda

Hampir semua orang pasti ingin memiliki bisnis atau usahanya sendiri. Hal ini dikarenakan menjadi pengusaha muda adalah salah satu puncak pencapaian yang paling diinginkan dalam sebuah perjalanan hidup seseorang.

Kamu yang saat ini masih duduk di bangku mahasiswa pun juga bisa menjadi seorang pebisnis atau pengusaha. Dengan modal yang tak melulu besar, kamu sudah bisa membangun bisnismu  mulai dari sekarang.

Buat kamu, mahasiswa yang ingin mencoba peruntungan menjadi seorang entrepreneur muda. Setidaknya, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnismu. Apa saja itu? Berikut InfoBiznis berikan informasi selengkapnya!

7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis untuk Mahasiswa

  1. Tentukan ide bisnis untuk mahasiswa

Pengusaha muda sukses
Foto: Pexels

Mahasiswa yang didominasi oleh generasi milenial seperti saat ini. Biasanya memiliki banyak ide-ide kreatif yang berkembang di otak mereka. Menjadi pengusaha muda memang membutuhkan pikiran yang kreatif serta inovasi-inovasi tinggi dan terbaru.

Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang sungkan untuk mewujudkan ide-ide tersebut. Padahal kalau direalisasikan bisa saja memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Nah, tapi bagaimana jika kamu ingin berbisnis namun tidak memiliki ide sama sekali? Gak perlu khawatir karena kamu bisa mencari ide bisnis lewat melakukan pengamatan lingkungan yang ada di sekitarmu.

Coba cari tahu apa saja yang menjadi masalah bagi banyak orang di sekitar lingkunganmu? Bisnis yang baik adalah yang dapat memecahkan permasalahan orang lain.

Misalnya, jika lingkunganmu jauh dari lokasi SPBU atau pom bensin. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan mendirikan pom bensin mini. Gak perlu repot-repot, kamu bisa memulai bisnis tersebut lewat membeli franchise Galaxy Pertamini.

  1. Sesuaikan dengan modal atau budget yang dimiliki

Di era digital seperti saat ini, memulai sebuah bisnis untuk mahasiswa bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal sepeser pun seperti dengan menjadi seorang dropshipper. Namun jika kamu ingin membuka bisnis lain seperti berbisnis di bidang kuliner atau fashion. Maka ada beberapa pengeluaran yang harus kamu persiapkan sebagai modal awal.

Misalnya, jika kamu ingin memulai bisnis kuliner. Modal awal yang harus kamu siapkan adalah peralatan memasak, bahan baku hingga cara promosi.

  1. Pastikan kemasannya menarik

Bisnis untuk mahasiswa
Foto: Pexels

Tak bisa dipungkiri, kemasan dalam sebuah produk barang menjadi salah satu yang terpenting. Desain kemasan yang eye catching bisa berpengaruh dalam penjualan sebuah produk.

Untuk itu, jika ingin produk yang kamu jual laris manis di pasaran. Kamu bisa membuat desain kemasan produk yang menarik dan khas. Pastikan juga logomu tertera dalam kemasan agar dapat dengan mudah dihafali oleh pelanggan.

Jangan lupa untuk menyertakan label soal komposisi pembuatan, logo label halal, tanggal produksi dan expired dalam kemasan. Agar tidak membuat pembeli merasa ambigu.

  1. Buatlah harga dan kualitas produk yang kompetitif

Sebelum menentukan harga produk yang akan kamu jual. Kamu bisa terlebih dahulu melihat berapa harga yang dijual oleh kompetitor. Dengan demikian, kamu dapat memasang harga yang lebih kompetitif.

Juga jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa produk yang kamu jual memiliki kualitas yang lebih baik dari kompetitormu. Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh produk yang kamu jual, gak perlu heran kalau konsumen sampai beralih hati ke produkmu.

  1. Tentukan lokasi yang strategis

pengusaha muda sukses
Foto: Pexels

Bagaimana pun lokasi juga menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah bisnis. Lokasi yang strategis memungkinkan para pelanggan dapat menjangkau lokasi bisnismu dengan lebih mudah. Selain itu, biasanya lokasi yang strategis sering dilewati oleh banyak orang.

Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Karena semakin banyak orang yang melihatnya, semakin besar juga peluang bisnismu didatangi oleh pembeli.

  1. Jangan lupakan legalitas bisnis untuk mahasiswa

Izin usaha juga penting lho dalam perjalanan bisnis seseorang. Terlebih kalau yang kamu jual adalah produk barang seperti makanan, skincare, make-up dan lain-lain. Kamu perlu mendapatkan izin dari BPOM untuk memperjelas bahwa produk tersebut sudah aman digunakan ataupun dikonsumsi.

  1. Tentukan cara dan media promosi

Social Media
Foto: Pexels

Karena ini sedang eranya digital. Kamu bisa memanfaatkan sosial media yang ada untuk memasarkan produk barang atau jasamu. Dengan sosial media yang dapat diakses oleh siapapun memungkinkan kamu menjangkau pasar yang lebih luas bahkan hingga ke pelosok daerah.

Dengan demikian, produkmu pun akan lebih mudah dikenal dan ditemukan oleh semua orang meski dari luar daerah, pulau atau bahkan luar negeri sekali pun.

Itulah tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis untuk mahasiswa dan menjadi pengusaha muda yang sukses. Dengan mengikuti tips-tips di atas diharapkan kamu bisa lebih siap dalam menghadapi persaingan bisnis sekaligus memungkinkan kamu mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Sekian artikel dari kami. Silakan share artikel ini jika menurutmu bermanfaat. Salam sukses!