,

7 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

by -67 views
Bisnis untuk Mahasiswa
Ilustasi mahasiswa pebisnis

Bisnis untuk Mahasiswa – Menjadi mahasiswa adalah hal yang menyenangkan, karena mempunyai waktu yang fleksibilitas untuk belajar dan beraktivitas. Banyak mahasiswa menjadikan waktu luang mereka untuk bekerja ataupun membangun bisnis sendiri. Artinya bahwa mahasiswa tidak boleh menyia-nyiakan waktu luangnya untuk bermain-main saja.

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju ini menjadikan orang dapat mengerjakan bisnis apapun. Bahkan, ada beberapa bisnis yang bisa dikerjakan tanpa modal besar. Berikut ini 7 ide bisnis yang menjanjikan keuntungan besar untuk mahasiswa.

1. Membangun Bisnis Kuliner

Bisnis untuk Mahasiswa- Makanan Ringan
Ilustrasi Bisnis Kuliner

Tidak sedikit mahasiswa yang telah sukses membangun bisnis kuliner hanya berawal dari keisengan. Bisnis kuliner memang sangat menjanjikan, baik itu bagi seorang mahasiswa ataupun pebisnis sejati. Karena memang kuliner seolah tidak ada habisnya.

Lihat saja kisah seorang mahasiswa teknik kimia bernama Waroeng SS, ia telah berhasil mengembangkan bisnis kuliner di Yogyakarta. Kuliner yang dikelola adalah makanan pedas dan sekarang dia telah membuka cabang di berbagai kota. Bisa jadi anda pun akan sukses seperti Waroeng SS, yang terpenting berdoa dan berusaha. 

2. Menjadi Guru Les Privat

Bisnis untuk Mahasiswa
Ilustrasi guru private

Seorang mahasiswa tentu memiliki keterampilan di bidang tertentu. Keterampilan tersebutlah yang bisa Anda jadikan modal untuk meraup pendapatan rupiah. Ya tepat sekali, pilihan terbaiknya adalah menjadi seorang guru les privat.

Misalnya Anda kuliah di jurusan matematika, dengan begitu berarti anda telah punya modal untuk mengajarkan pelajaran matematika kepada murid-murid SD, SMP hingga SMA. Ataupun jika kuliah di jurusan lainnya, Anda tetap bisa menjadi guru les di bidang tertentu.

Anda bisa menawarkan jasa les privat ini di forum internet ataupun di web lowongan kerja. Untuk urusan pendapatan, pekerjaan ini sangat tergantung, tetapi pada umumnya rata-rata anda bisa mendapatkan Rp 300.000 per anak setiap bulannya. Kalikan saja dengan jumlah anak yang les privat dengan anda, tentu pendapatannya lumayan besar bukan?

3. Wedding Organizer

ilustrasi wedding organizer
ilustrasi wedding organizer

Bisnis selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menjadi seorang wedding organizer, karena memang sebagai mahasiswa tentu anda memiliki modal untuk mengatur sebuah acara. Mahasiswa sudah terlatih menyusun acara acara kampus secara profesional. Tentu itu menjadi ajang latihan sehingga nantinya Anda mampu mengatur acara yang lebih besar.

Dengan menjadi seorang wedding organizer Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah yang cukup banyak. Jika belum terlalu paham terkait bisnis ini, anda dapat mencoba terlebih dahulu bergabung dengan wedding organizer yang telah berpengalaman. Tentu anda tak harus mendapat bayaran dulu, karena tujuan disini hanya untuk belajar.

4. Menjadi Penerjemah

penerjemah
Ilustrasi penerjemah

Mahasiswa sangat erat dengan dunia literasi, baik itu mereka memang mau ngambil jurusan bahasa dan sastra maupun urusan lainnya. Menjadi penerjemah dokumen tentu menjadi salah satu pilihan bisnis yang menguntungkan.

Ada banyak dokumen yang harus dipertimbangkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Bayaran nya pun relatif cukup mahal, terlebih jika anda menerjemahkan dokumen tersumpah.

Jika berminat dengan peluang usaha ini, Anda dapat bergabung dengan agensi penerjemahan yang dapat ditemukan di internet.

5. Pemandu Wisata

pemandu wisata
Ilustrasi pemandu wisata

Menjadi mahasiswa memang memiliki waktu yang cukup luang, sehingga anda bisa berjalan dan berkunjung ke berbagai wisata. Akan tetapi anda bisa menjadikan hobby ini sebagai tempat untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Anda bisa menjadi seorang pemandu wisata terlebih di kota-kota besar, hal itu karena ada banyak turis yang membutuhkan jasa tour guide. Tentu ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Turis akan bersedia mengeluarkan uang banyak hanya agar mereka tidak tersesat.

6. Usaha Pengetikan dan Print

pengetikan
Ilustrasi Usaha Pengetikan dan Print

Membuka usaha jasa pengetikan dan print adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang yang efektif. Karena memang di zaman sekarang kebutuhan dokumen sangatlah tinggi, terlebih jika anda tinggal di daerah perkantoran ataupun kampus.

Bisnis untuk mahasiswa yang satu ini  dapat dijalankan bersamaan dengan jasa fotocopy, penjualan kertas ataupun alat tulis. Belum lagi Anda juga bisa menjual pulsa, voucher kuota, casing HP dan lain sebagainya. Anda tidak harus langsung terjun untuk mengurusi usaha ini, karena anda bisa menyewa orang atau mengajak teman anda untuk melayani pelanggan.

7. Menjual Makanan Ringan

makanan ringan
Ilustrasi Makanan Ringan

Peluang usaha ini hampir sama dengan nomor 1, akan tetapi ini lebih spesifik, yaitu menjual makanan-makanan kecil. Sebagai mahasiswa yang tinggal di rumah kost tentu berdekatan dengan kampus, ini bisa menjadi akses yang mudah supaya Anda bisa berjualan.

Tidak perlu menjual makanan berat, karena memang hal itu cukup merepotkan. Anda bisa menjual makanan-makanan ringan yang bisa ditawarkan ke teman-teman anda di kampus ataupun yang ada di dekat kos-kosan. Usaha ini pun tidak membutuhkan modal yang besar, yang terpenting anda punya teman yang banyak dan juga berani menawarkan produk yang dibuat.

Demikianlah informasi tentang peluang bisnis untuk mahasiswa dengan potensi keuntungan yang besar. Anda bisa mencoba salah satu peluang usaha di atas untuk menambah pendapatan sehingga tidak hanya bergantung dengan kiriman dari orang tua. Baca juga artikel tentang usaha kecil yang menjanjikan disini