7 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Pengusaha Muda

by -5 views
Sosok pengusaha muda
Menjadi pengusaha muda sukses adalah impian banyak anak muda

Tidak ada yang menginginkan kegagalan dalam hidup. Termasuk Anda. Jika Anda sedang bersiap menjadi pengusaha, Anda wajib paham kesalahan macam apa yang biasanya dilakukan para pengusaha muda.

Usia yang masih muda, ditambah pengalaman yang minim, bisa menjadi batu sandungan bagi para pengusaha muda.

Bukan berarti pengusaha yang sudah cukup umur tidak bisa membuat kesalahan yang sama. Namun harus kita akui, meski menjadi muda adalah satu keuntungan, ia juga memiliki kelemahan.

Pengusaha muda bisa dipastikan penuh percaya diri. Ini bagus, namun jangan sampai berlebihan. Kepercayaan diri yang berlebihan bisa menuntun Anda pada jurang kesalahan.

Untuk itu, waspadai kesalahan macam apa yang mengintip di keseharian Anda sebagai pengusaha muda.

Foto jam dan dasi simbol pengusaha
Pengusaha muda harus bersahabat dengan waktu: bersabar karena tidak ada yang instan di dunia ini

7 kesalahan yang biasa dilakukan para pengusaha muda

 

  1. Tidak memiliki visi

Saat Anda memulai usaha, sekecil apapun itu dan semuda apapun Anda, visi adalah sesuatu yang mutlak. Bisa jadi Anda memulai usaha dalam keterbatasan, namun visi Anda harus jauh ke depan. Visi memberikan gambaran jelas bagaimana keadaan perusahaan Anda dalam jangka waktu tertentu, misalnya lima tahun. Segala sesuatu yang Anda lakukan, harus selaras dengan visi dan tujuan jangka panjang Anda.

 

  1. Ingin memetik hasil dalam waktu instan

Tidak ada yang instan di muka bumi ini. Mie instan pun, meskipun dinamakan instan, tetap harus dimasak. Anda harus menunggu beberapa menit untuk menikmati mie yang matang. Demikian juga dalam berusaha. Anda harus sabar menunggu hasil dari langkah-langkah yang telah Anda terapkan. Ketidaksabaran bisa jadi akan merusak usaha yang tengah Anda jalankan. Redam darah muda Anda yang cenderung grusa-grusu dan tidak sabaran.

 

  1. Mengerjakan segala sesuatu sendirian

Ego seorang pengusaha muda biasanya tinggi. Anda bukan seorang Superman. Terlebih dalam dunia usaha, Anda pasti membutuhkan bantuan dari pihak lain. Baik dari rekan kerja maupun dari pihak yang ingin Anda ajak kerjasama. Anda juga tidak boleh mengabaikan jaringan atau network. Jalin jaringan kapan saja Anda bisa. Suatu saat, jaringan tersebut bisa jadi akan menolong Anda.

 

  1. Kurang fokus

Terlalu banyak ide bisa menyebabkan Anda kurang fokus. Idea is cheap. Semua orang bisa punya ide sama seperti yang dimiliki oleh Nadiem Makarim, namun eksekusilah yang membedakannya. Mungkin Anda punya rencana membangun sepuluh bisnis. Itu bagus, namun yakinkah Anda bahwa Anda punya cukup waktu dan tenaga untuk mewujudkannya? Lebih baik wujudkan satu rancangan hingga berjalan stabil, lalu beranjak ke rancangan lainnya.

 

  1. Hanya pintar membuat rencana tanpa mewujudkannya

Kata lainnya, no action talk only. Seperti ditulis di atas, yang terpenting adalah eksekusi. Orang tidak akan percaya akan kemampuan Anda jika tidak ada bukti nyata. Fokus pada satu rencana, dan jalankan. Itu adalah langkah terbaik yang dilakukan para pengusaha muda sukses.

 

  1. Tidak memprioritaskan konsumen

Konsumen seharusnya menempati prioritas tertinggi dalam mindset Anda. Yang menikmati hasil akhir dari usaha Anda adalah konsumen. Segala aktivitas dalam usaha Anda harus diarahkan untuk mewujudkan kepuasan konsumen. Tidak memprioritaskan konsumen bisa berakibat fatal.

 

  1. Kurang rapi dalam keuangan

Biasanya ini terjadi pada pengusaha muda yang sering mengentengkan segala sesuatu. Sejak hari pertama Anda memutuskan menjadi pengusaha, Anda harus mencatat segala aktivitas keuangan dari hari ke hari.

 

Ketujuh kesalahan yang umumnya dilakukan oleh pengusaha muda, terlebih yang baru memulai usaha, bisa Anda hindari sejak dini. Bangun karakter sebagai pengusaha muda yang sukses. Terus belajar meskipun Anda telah berhasil meraih kesuksesan di usia muda. Niscaya, usaha Anda akan terus bertumbuh dan berkembang.