, ,

7 Peluang Usaha Kecil Menjanjikan dengan Modal Barang Bekas

by -6 views
Usaha Kecil Menjanjikan - Botol Bekas

Banyak orang yang beranggapan bahwa merintis sebuah usaha diperlukan modal besar. Siapa sangka bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, saat ini terdapat banyak peluang usaha kecil menjanjikan yang bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa lahan atau gedung karena usaha tersebut dapat dilakukan di rumah.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sampah atau barang bekas. Gaya hidup yang ramah lingkungan telah menjadi tren yang mendorong orang-orang untuk menggunakan produk daur ulang. Menggunakan produk daur ulang merupakan salah satu dari gerakan Go Green atau pelestarian lingkungan yang cukup progresif.

Hal ini akhirnya membuka peluang bagi orang yang mencari cara sukses muda, salah satunya dengan menjajaki bisnis daur ulang. Ada beberapa jenis barang bekas yang bisa kamu manfaatkan untuk dimanfaatkan sebagai produk daur ulang yang memiliki harga jual tinggi.

Jika kamu berminat untuk memulai bisnis daur ulang, maka kamu bisa menyimak beberapa macam usaha kerajinan daur ulang dari barang bekas berikut ini:

7 Peluang Usaha Kecil Menjanjikan dengan Modal Barang Bekas

Usaha Kecil Menjanjikan - Botol Bekas
Foto: Pexels

1. Botol minuman bekas

Saat ini terdapat banyak produsen air minum dalam kemasan, dengan tingkat konsumsi yang tinggi membuat sampah botol plastik menggunung di tempat pembuangan sampah. Kamu yang ingin mulai berbisnis bisa memanfaatkan peluang botol plastik bekas ini.

Botol minuman bekas dapat diolah dengan cara digiling menggunakan mesin agar hancur menjadi serpihan-serpihan kecil yang akan menghasilkan biji plastik. Yang kemudian dapat kamu jual kembali kepada pabrik yang membutuhkan biji plastik sebagai bahan baku, mengingat penggunaan plastik di Indonesia cukup tinggi, permintaan akan biji plastik dapat menjadi peluang besar untukmu.

Selain diolah menjadi biji plastik, kamu juga dapat mengolah botol bekas menjadi kerajinan tangan yang cantik seperti vas bunga, celengan, bunga plastik, tempat pensil, dan lainnya. 

2. Kemasan sachet bekas

Kamu suka membuat kopi instan? Atau minuman sachetan yang lain? Apakah kamu menggunakan deterjen sachet untuk mencuci baju? Apa yang kamu lakukan dengan plastik-plastik bekas pembungkus itu? Dibuang begitu saja? Mulai sekarang, cobalah untuk mengumpulkannya.

Kamu hanya perlu mencuci dan mengeringkannya sebelum disimpan untuk dikumpulkan. Plastik bekas ini dapat kamu olah menjadi kerajinan tangan yang cantik seperti keranjang, dompet, tas, tempat tisu, dll.

Jika kamu tidak tahu cara memanfaatkannya, kamu bisa mencari ide-ide kerajinan tangan dari bungkus sachetan ini melalui internet. Sekaligus mencari tutorial cara membuat kerajinan yang keren dan bernilai jual tinggi.

3. Koran atau kertas bekas

Walaupun saat ini koran telah banyak ditinggalkan, akan tetapi masih cukup banyak orang yang berlangganan koran. Selain itu banyak juga buku bekas yang teronggok dirumah. Daripada menjualnya ke tukang loak, lebih baik kamu mengolah kertas-kertas bekas tersebut. 

Kertas bekas dapat diolah menjadi berbagai macam barang seperti gift card atau figura. Selain itu kamu juga dapat mengolahnya menjadi bubur kertas yang dapat dibentuk menjadi berbagai benda seperti asbak, kotak tisu, kotak make up, hiasan rumah yang cantik dll. Dengan memanfaatkan kreativitas, kamu pasti dapat membuat produk yang cantik dan bernilai ekonomi tinggi.

4. Kain perca

Kain perca dari para penjahit kadang sudah tidak dimanfaatkan, menumpuk begitu saja lalu terbuang dengan percuma. Daripada menjadi tumpukan sampah, kamu dapat memintanya kepada para penjahit.

Kain perca tersebut, nantinya bisa kamu manfaatkan untuk diolah menjadi berbagai barang kebutuhan rumah tangga seperti kaset lantai, taplak meja atau bahkan selimut. Tidak perlu khawatir dengan motif yang acak dan bertabrakan karena patchwork kini telah menjadi tren yang justru membuka peluang usaha kecil menjanjikan bagi kamu untuk menjual kerajinan tangan yang kamu buat.

5. Kaleng minuman bekas

Kaleng minuman bekas yang tidak dapat memiliki nilai jual, dapat kamu olah menjadi berbagai produk seperti vas bunga ataupun celengan. Jika kamu tidak mengonsumsi minuman dalam kaleng, kamu bisa bekerjasama dengan pengepul barang bekas.

Mengolah kaleng bekas memang membutuhkan kreativitas, ketelatenan dan ketelitian. Untuk itu, kamu perlu lebih optimis. Salah satu cara sukses muda adalah menanamkan semangat wirausaha dan juga jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan dan kreativitas agar kamu dapat menghasilkan produk daur ulang yang unik bernilai ekonomi tinggi.

6. Kardus atau karton bekas

Ketika kardus atau karton bekas dijual kepada tukang loak, kamu hanya akan mendapatkan uang yang sangat sedikit dari tumpukan kardus yang sangat banyak. Oleh karena itu, daripada menjualnya lebih baik kamu manfaatkan saja dengan mengkreasikan ide-idemu untuk mengolahnya menjadi barang yang unik dan berguna.

Kardus atau karton bekas tersebut, dapat kamu olah kembali untuk menjadi figura, tempat pensil, mainan anak, kotak tisu, celengan dll.

7. Kayu atau papan bekas

Kayu atau papan bekas dari sisa-sisa pembangunan atau tempat pembuatan furniture terkadang terbengkalai begitu saja. Selain karena sudah tidak dapat digunakan, saat ini sangat jarang orang yang memanfaatkan sisa kayu untuk dijadikan kayu bakar saat masak.

Nah, kamu bisa nih meminta limbah kayu tersebut untuk kamu olah menjadi berbagai jenis produk. Sebut saja kotak pensil, kotak sendok, figura atau bahkan mengolahnya menjadi furniture yang unik dengan nilai jual yang tinggi seperti yang telah dilakukan oleh Piet Hein Eek. Ia mengubah limbah kayu menjadi karya seni dan furniture yang harga jualnya mencapai ratusan hingga ribuan dollar.

Saat ini sangat banyak tutorial mengolah bahan bekas di berbagai platform seperti Pinterest, Facebook atau Youtube. Kamu dapat menonton tutorial-turorial tersebut terlebih dahulu sebelum memulai usaha kecil menjanjikan ini. Saat usahamu telah berkembang, bukan tidak mungkin kamu dapat berinovasi dan menciptakan produk unik sesuai dengan kreativitasmu sendiri. Jika kreativitasmu tinggi, bukan tidak mungkin kamu dapat menghasilkan kerajinan tangan bernilai jual tinggi.

Selain harus kreatif, kamu juga sangat perlu memiliki sifat yang ulet, telaten dan teliti dalam menjalani bisnis daur ulang. Dan jangan lupakan semangat wirausaha sebagai cara sukses muda. Jadi, selamat mencoba!