7 Tips Ampuh Menjadi Pengusaha Muda Sukses

by -11 views
Foto Steve Jobs yang sukses di usia muda
Steve Jobs di usia muda, sukses membangun Apple mulai umur 20an tahun. (Sumber foto: Flickr Taxhaven)

Menjadi sukses adalah impian semua orang. Menjadi sukses di waktu muda, apalagi. Buat kamu-kamu mahasiswa yang bermimpi menjadi pengusaha muda sukses di usia muda, tidak perlu ragu lagi!

Namun, punya mimpi saja tidak cukup. Kamu harus bangun dan mewujudkan mimpi itu jadi kenyataan.

Kamu bisa belajar dari kisah sukses dan tips sukses yang dibagikan oleh para pebisnis.

Di Indonesia, sudah bermunculan banyak pengusaha muda yang sukses. Baik yang sudah  mencetak perusahaan dengan level unicorn seperti Nadiem Makarim, atau pengusaha muda seperti Nicholas yang sukses dengan ikan hias.

 

7 tips menjadi sukses di usia muda

 

  1. Tekad

Yang pertama kali dibutuhkan adalah tekad kuat. Tidak ada yang bisa membuatmu sukses, jika kamu sendiri tidak punya tekad untuk itu. Tantang dirimu sendiri. Seperti kata Richard Branson, setiap hari adalah tantangan baru. Dengan tekad kuat, tantang dirimu sendiri untuk berani mewujudkan mimpi.

 

  1. Rela melepas masa muda

Menjadi pengusaha muda berarti mengorbankan waktu untuk bersenang-senang seperti nonton konser
Menjadi pengusaha muda berarti mengorbankan waktu untuk bersenang-senang

Kamu tidak bisa mendapatkan segalanya dalam hidup. Jika kamu ingin sukses, porsi waktu yang kamu dedikasikan untuk meraih kesuksesan bisa mengambil jatah waktumu untuk nongkrong. Kata kasarnya, kamu harus rela melepas masa muda untuk meraih kesuksesan yang tidak bisa dicapai oleh anak muda lainnya. Ingat, tidak ada kesuksesan yang bisa dibangun dalam semalam. Kamu harus bersedia menginvestasikan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang menunjang usaha. Jangan sedih, saat kamu sukses nanti, kamu akan punya banyak waktu dan banyak uang untuk menikmati hidup.

 

  1. Pilih bisnis sesuai minat

Kalau bahasa kekiniannya: sesuai passion! Kamu akan lebih enjoy dalam menjalankan usaha karena kamu menyukainya. Jangan memilih usaha karena sedang trending. Bisa jadi kamu ogah-ogahan dan tersiksa menjalankannya meskipun mungkin semangat di awal. Jika kamu menjalankan usaha sesuai minat, kamu akan menemukan kesenangan selama menjalankan usaha. Itu berarti pengorbanan waktu bersenang-senang dan nongkrong bersama teman-teman, menjadi setimpal.

 

  1. Berani menerima risiko dan tantangan

Ilustrasi ikan piraha seperti risiko yang mengancam setiap usaha
Jika kamu melihat gambar ini dan tidak merasa terancam, kamu sudah punya karakter sebagai pengusaha sukses yang berani ambil risiko

Segala sesuatu itu pilihan, dan tiap pilihan memiliki konsekuensi. Ada risiko yang harus kamu tanggung setiap kamu melangkah. Tidak berani menerima risiko sama saja dengan tidak berani mencetak kesuksesan. Sebagai pengusaha, ancaman kerugian adalah normal. Langkah selanjutnya adalah: bagaimana cara meminimalkan potensi kerugian?

 

  1. Membuat perencanaan matang

Ini penting sekali sebelum kamu melangkah. Sebagai pengusaha muda, kamu wajib membuat pemetaan tentang risiko yang akan terjadi, dan merencanakan langkah-langkah yang pas untuk setiap situasi. Perencanaan yang matang akan membuatmu siap menghadapi masalah, dan juga siap untuk sukses. Kamu juga perlu memasukkan dalam perencanaan tentang pendanaan. Bagaimana kamu mendapatkan modal usaha pertama kali, apa rencanamu saat butuh pendanaan untuk mengembangkan usaha.

 

  1. Bergaul dengan teman yang sukses

Menurut Reid Hoffman, co-founder Linkedin, cara tercepat untuk mengembangkan diri adalah dengan bergaul dengan orang-orang yang telah memiliki karakter yang kamu inginkan. Jika kamu ingin sukses, jangan bergaul dengan orang yang gagal. Berteman dengan semuanya tetap perlu tanpa membeda-bedakan. Tapi menghabiskan waktu lebih dengan teman yang sukses, akan sangat membantu pengembangan diri.

 

  1. Take action

Tidak ada gunanya semua tekad, semua rencana, semua mimpi, jika tidak ada tindakan nyata. Laksanakan semua rencana yang telah kamu susun. Catat kemajuan dari hari ke hari. Ingat, idea is cheap. Eksekusi itu yang paling penting. Ambil langkah pertama, dan langkah-langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah.

 

Praktikkan ketujuh tips di atas, dan menjadi pengusaha muda sukses bukan lagi impian. Tentu masih banyak lagi yang perlu kamu pelajari. Banyak tantangan yang akan kamu hadapi. Dengan tekad dan perencanaan matang, tak perlu gentar. Percayalah, kamu bisa menjadi sukses di usia muda.