, ,

Peluang Bisnis Affiliate Marketing Tidak Butuh Modal, Lho!

by -11 views
Peluang Usaha - Affiliate Marketing
Peluang Usaha - Affiliate Marketing

Sekarang siapapun bisa mendapatkan uang dari internet, bahkan bukan hanya dengan satu cara tetapi banyak cara yang bisa anda lakukan. Salah satu caranya adalah dengan menjadi affiliater. Peluang usaha affiliate marketing sangat terbuka untuk siapapun dan bisa mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Bisnis ini hampir sama dengan menjadi dropshipper, di mana anda tidak perlu membeli barang terlebih dahulu untuk dijual. Hanya saja ini dengan sistem dan teknologi yang lebih canggih. Nah jika anda penasaran dan ingin menjadi affiliate, silahkan simak informasi berikut:

Apa Itu Affiliate Marketing?

Peluang Usaha - Affiliate Marketing
Peluang Usaha – Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah bagian dari cara pemasaran melalui internet. Cara nii sekarang sangat populer di dunia dan telah digunakan oleh berbagai platform marketplace ternama. Anda bisa mendapatkan komisi sebagai imbalan jika mampu mengatakan calon konsumen untuk belanja melalui link affiliate yang anda punya.

Masih bingung? Intinya adalah hampir sama dengan dropshipper, anda hanya menjualkan produk orang lain tanpa perlu menyetok barang terlebih dulu. Misalnya anda bergabung menjadi affiliater sebuah toko online ternama, seperti Lazada, nah nanti anda akan diberi semacam link untuk mengarahkan konsumen membeli produk melalui link anda.

Jika ada pembelian melalui link yang anda miliki dan bagikan tersebut, maka anda akan secara otomatis mendapatkan komisi. Gampang bukan?

Mengapa Harus Affiliate Marketing?

Peluang Usaha - Affiliate Marketing
Peluang Usaha – Affiliate Marketing

Pertanyaaan yang bagus. Mengapa tidak membuka usaha sendiri saja, mengapa harus menjadi affiliate marketing? Tentu itu sebenarnya kembali kepada pribadi masing-masing. Menjadi seorang affiliate adalah pekerjaan yang hampir tidak memerlukan modal. Nah jika anda ingin berbisnis namun tidak ada modal, maka affiliate marketing adalah jawaban terbaiknya.

Selain itu masih ada lagi keuntungan lain jika anda bergabung sebagai affiliate marketing, berikut ulasannya:

1. Tidak Repot

Bisnis ini cocok untuk mahasiswa karena tidak repot dan tidak memerlukan pengelolaan yang rumit. Anda hanya perlu mencari calon pembeli melalui internet. Anda tidak perlu menyiapkan barang, memikirkan stik yang tersedia, packing barang jika ingin dikirim, dan lain sebagianya. Yang anda pikirkan hanya lah bagaimana caranya mendatangkan calon pembeli sebanyak mungkin.

2. Fokus Terhadap Penjualan Saja

Nah sebagaimana yang telah disebutkan diatas, anda hanya perlu fokus terhadap penjualan dan mendatangkan sebanyak mungkin calon pembeli. Pelajari bagaimana cara mendapatkan banyak leads yang potensial membeli produk anda. anda dapat menggunakan iklan gratis ataupun iklan berbayar, namun tentunya dengan perhitungan untung-ruginya.

3. Mendapat Komisi Besar

Komisi besar tentunya sangat relatif, bagi orang pertama mungkin mendapatkan 50 ribu itu kecil, namun bagi orang kedua itu sudah besar. akan tetapi pada umumnya para vendor yang membuka kerjasama affiliate menawarkan komisi antara 30% hingga 70% di setiap produk yang bisa anda jual.

Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing?

Peluang Usaha - Affiliate Marketing
Peluang Usaha – Affiliate Marketing

Jika anda tertarik mencoba usaha yang menjadikan ini, maka yang anda perlu lakukan adalah mendaftar ke berbagai platform yang menyediakan program affiliate. Ada banyak platform yang membuka program ini, baik itu di Indonesia atau di luar negeri.

Untuk di Indonesia sendiri anda dapat bergabung ke marketplace ternama seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak dan lain sebagainya. Ada banyak juga affiliate yang menawarkan jasa tertentu, seperti affiliate hosting internet, anda dapat bergabung di Nusantara Hot, Qwords, Cloud Media Biz.

Atau misalnya untuk kategori travel, anda dapat bergabung di Pegipegi, Agoda, Booking, TripAdvisor dan lain sebagainya. Untuk kategori jasa komunikasi anda dapat bergabung ke Indosat, BOC Indonesia.

Anda dapat mencoba semua program affiliate tersebut dan terus belajarlah bagaimana cara mendatangkan leads yang banyak, sebenarnya selain yang telah disebutkan diatas masih banyak lagi vendor yang menyediakan program affiliate dan bisa anda ikuti.

Penutup

Demikianlah informasi tentang affiliate marketing dan bagaimana cara memulainya. Peluang usaha tersebut bisa dilakukan oleh siapapun, terlebih untuk mahasiswa yang mungkin sudah banyak melek terhadap teknologi. Ya, karena program affiliate marketing ini sangat tergantung dengan teknologi internet.

Manfaatkan teknologi yang ada ini untuk mendulang pundi-pundi rupiah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah ide anda untuk mendapatkan usaha yang menguntungkan. Baca juga artikel lain tenang Bisnis Untuk Mahasiswa? Berikut Ide Bisnis Kuliner Untuk Anda